Doa Agar Pemimpin Berperilaku Adil dan Mencintai Rakyatnya

Reporter : Ahmad Baiquni
Minggu, 20 Oktober 2019 06:02
Doa Agar Pemimpin Berperilaku Adil dan Mencintai Rakyatnya
Pemimpin merupakan sandaran rakyat dalam kehidupan.

Dream - Pelantikan Presiden periode 2019-2024 akan dilakukan di gedung DPR/MPR, Jakarta, Siang nanti. Meski sempat meninggalkan suhu politik yang memanas, pelantikan ini diharapkan bisa meredakan situasi antar dua kubu.

Apapun pilihan saat Pilpres lalu, sebagai seorang muslim kita hanya bisa mendoakan agar pemimpin terpilih bisa berlaku adil dan mencintai masyarakatnya.

Keberadaan pemimpin memiliki peranan penting bagi umat. Tidak hanya pemimpin agama namun juga pemimpin pemerintahan dan negara.

Pemimpin memiliki tanggung jawab mewujudkan kesejahteraan rakyatnya. Karena pemimpin menjadi sandaran bagi pengikutnya dalam segala hal.

Dalam menjalankan kepemimpinan, seorang pemimpin tentu diuji dengan segala kondisi. Dia dituntut mengambil keputusan tepat dengan mengutamakan kepentingan rakyatnya.

Bagi umat Islam, selain berdoa untuk diri sendiri juga dianjurkan untuk mendoakan pemimpin. Ini agar pemimpin selalu diliputi kebaikan sehingga bisa cinta dan adil kepada rakyatnya.

1 dari 5 halaman

Doa Untuk Pemimpin

 Doa Kebaikan Pemimpin

Allahumma ashlih wulatal muslimina lil 'adli fi ra'ayahum wal ihsani ilaihim wasy syafaqoti 'alaihim wal i'tina i bi masholihihim wa habbib hum ilar ra'iyyati wa habbibir ra'iyyata lahum wa waffiqhum li shirothikal mustaqimi wal 'amali bi wadzo ifi dinikal qowimi.

Artinya,

" Ya Allah, perbaikilah para pemimpin kaum muslimin, berilah mereka taufik-Mu hingga mereka bisa bersikap adil terhadap rakyat mereka, dan dapat berbuat baik kepada mereka, bersikap lembut kepada mereka, mau mendengar keluhan mereka, dan memperhatikan maslahat mereka, buatlah mereka agar mencintai rakyatnya dan buatlah rakyat agar mencintai mereka. Berilah mereka taufik-Mu agar tetap berada di jalan-Mu yang lurus, dan senantiasa mengamalkan ajaran agama-Mu yang lurus."

2 dari 5 halaman

Doa Ketika Kegelisahan Melanda

Dream - Saat menjalani kehidupannya, manusia tidak bisa lepas dari berbagai masalah. Datangnya masalah bahkan saling silih berganti.

Satu masalah mungkin bisa terselesaikan. Belum tenang, muncul lagi masalah baru.

Tidak jarang, masalah demi masalah tersebut membuat hati merasakan kegelisahan. Hidup pun menjadi tidak tenang.

Dalam kondisi paling parah, kegelisahan bisa mempengaruhi kejiwaan kita. Emosi menjadi tidak stabil dan cenderung ingin menyakiti diri sendiri maupun orang lain.

Ketika hati dilanda kegelisahan, jalan utamanya untuk meredakannya adalah dengan memohon kepada Allah. Bisa dengan cara membaca doa yang diajarkan Rasulullah kepada Ibnu Mas'ud RA.

 

3 dari 5 halaman

Doa Saat Hati Gelisah

 Doa Hati Gelisah

Allahumma ini abduka ibnu abdika ibnu amatika, nasiyati bi yadika, maadin fiya khukmuka, adlun fiyya qadhauka, asaluka bikulli ismin huwa laka, sammaita bihi nafsaka, au anzaltahu fi kitabika, aw allamtahu ahadan min khalqika, awista’tsarta bihi fi ilmil ghaibi ‘indaka. An taj’al qur’aana rabi’a qalbi, wa nuura sadri, wa jila’a khuzni, wa dzahaba hammi.

Artinya,

" Ya Allah, sesungguhnya aku adalah hamba-Mu, anak dari hamba-Mu dan hamba sahaya-Mu, nyawaku di tangan-Mu, hukum-Mu kepadaku telah terjadi, keputusan-Mu kepadaku begitu adil. Aku meminta kepadaMu dengan semua nama yang Engkau miliki, nama yang telah Engkau berikan kepada diri-Mu sendiri, atau nama yang telah Engkau turunkan melalui kitab-Mu, atau nama yang telah Engkau ajarkan kepada salah satu dari ciptaan-Mu. Atau nama yang telah Engkau kuasai dalam ilmu ghaib milikmu. Jadikanlah Alquran sebagai bagian dari hati kami, menyinari hati kami, menghilangkan kesedihan dan kegelisahan kami."

4 dari 5 halaman

Doa Penguat Iman Untuk Para Mualaf, Yuk Ajarkan Mereka

Dream - Di awal masa hijrahnya, seorang mualaf sangat butuh dukungan untuk mempelajari Islam lebih mendalam. Bantuan sekecil apapun bisa membantu mempertebal keimanan mereka terhadap Sang Pencipta dan ajarannnya.

Bagi para mualaf, menjalankan ajaran Islam benar-benar jadi hal baru. Mereka merasa perlu banyak belajar tentang Islam.

Tentu, mereka akan menghadapi banyak cobaan iman ke depannya. Bahkan, potensi untuk kembali kepada keyakinan lama jelas menantang mereka.

Jika Sahabat Dream memiliki rekan atau kerabat yang baru memutuskan memeluk Islam, cobalah membantunya dengan mengajarkan sebuah doa dari Rasulullah Muhammad SAW.

Sang Nabi pilihan telah mengajarkan sebuah doa bagi para mualaf agar mereka istiqomah dalam Islam.

 

5 dari 5 halaman

Doa Mualaf

 Doa Mualaf

Allahummaghfirli, warhamni, wahdini, wa 'afini, warzuqni.

Artinya,

" Tuhanku, ampunilah dosaku, kasihanilah aku, berikan petunjuk untukku, afiyatkan aku, dan berikan anugerah-Mu untukku."

Beri Komentar
Representasi Feminisme Versi Barli Asmara