Doa Untuk Kebersihan Hati dari Segala Prasangka

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 25 November 2021 20:00
Doa Untuk Kebersihan Hati dari Segala Prasangka
Hati yang terisi prasangka membuat hidup terasa berat.

Dream - Percaya atau tidak, kondisi hati ternyata punya pengaruh besar dalam hidup seseorang. Hati bahkan bisa menghadirkan beban yang berat pada diri seseorang.

Jika hati diisi hal-hal buruk, itu akan menjadi beban. Kita jadi mudah menuduh orang, menggunjing, berprasangka yang tidak-tidak dan lain sebagainya.

Dampaknya, hidup kita jadi terasa sulit. Kondisi yang parah, kita merasa ada saja masalah yang datang.

Berbeda jika hati kita bersih. Kita terbebas dari segala prasangka buruk kepada orang lain yang berdampak pada hidup berjalan dengan mudah.

Hati yang bersih mendatangkan banyak kemanfaatan. Dampaknya tidak hanya kita yang merasakan namun juga banyak orang.

Untuk kebersihan hati, dianjurkan selalu mengamalkan doa ini.

 

1 dari 5 halaman

Doa Kebersihan Hati

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طَيِّبِ الْأَنْفَاسِ، صَلَاةً تبْسُطُ لَنَا بِهَا الرِّزْقَ وَتغْنِينَا بِهَا عَنِ النَّاسِ، وَتطَهِّرُنَا بِهَا مِنَ الْأَدْنَاسِ، وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ الَّذِينَ أَزَلْتَ عَنْهُمُ الْالْتِبَاسِ

Allahumma shalli wa sallim 'ala sayyidina muhammadin thayyibil anfasi shalatan tabsuthu lana bihar rizqa wa tughnina biha 'anin nasi, wa tuthahhiruna biha minal adnasi wa 'ala alihi wa ashkhabihil ladzina azalta 'anhumul iltibas.

Artinya,

" Ya Allah, berilah limpahan rahmat, keselamatan dan keberkahan atas junjungan kami Nabi Muhammad, yang baik jiwanya, dengan rahmat itu Engkau melapangkan rizeki kepada kami, dengan rahmat itu Engkau mencukupkan kami sehingga tidak butuh pada manusia, dengan rahmat itu Engkau membersihkan jiwa kami dari kotoran. Juga rahmat, keselamatan dan keberkahan juga tercurah pada keluarga Nabi Muhammad dan seluruh sahabatnya, orang-orang yang telah Engkau hilangkan keraguan dari mereka."

Sumber: Bincang Syariah

2 dari 5 halaman

Doa Agar Hati Diteguhkan dalam Keimanan

Dream - Iman tidak bisa dilepaskan dari kehidupan beragama. Iman menjadi ruh yang menggerakkan seseorang menjalankan perintah agama.

Bagi soerang muslim, iman juga menjadi pegangan dalam menjalani kehidupannya. Tanpa iman, kita akan kehilangan arah.

Selain itu, iman menjadi penentu diterimanya ibadah dan amalan shaleh. Inilah yang menjadi pembeda antara orang beragama dan tidak.

Kebaikan tanpa iman hanya akan dipandang sebagai kebaikan biasa. Sedangkan kebaikan dengan iman akan berbuah pahala.

Tetapi, iman ada naik turunnya. Kita akan berhadapan dengan banyak sekali peristiwa yang menguji keimanan.

Agar hati kita teguh dalam memegang keimanan, amalkan selalu doa ini.

 

3 dari 5 halaman

Doa Peneguh Hati dalam Iman

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِي عَلَى دِينِكَ

Ya muqollibul qulub, tsabbit qolbi 'ala dinika.

Artinya,

" Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku agar tetap berpijak atas agama-Mu."

Sumber: Harakah.id

4 dari 5 halaman

Doa Dimantapkan Hati Menghadapi Cobaan

Dream - Cobaan memang selalu terasa sulit dan seringkali menguji ketabahan kita. Namun jika diselami lebih dalam, Allah SWT akan selalu memberikan cobaan kepada manusia sebagai ujian untuk mengetahui seberapa besar keimanan makhluk-Nya.

Sifat dari seorang hamba akan muncul ketika dia mengalami cobaan. Mereka yang sudah mencapai kadar ketakwaan tinggi akan menganggap cobaan tersebut sebagai ujian dan bentuk kasih sayang Allah SWT. Kalangan manusia terpilih ini akan menghadapinya dengan ketabahan dan keikhlasan. 

Sebaliknya bagi muslim yang masih memliki kadar takwa rendah akan langsung emosional dan menganggap ujian tersebut sebagai bentuk siksaan dari Yang Maha Kuasa.

Hanya ketabahan yang mampu membuat seseorang bertahan. Jika sudah bisa melampaui cobaan, maka derajatnya akan diangkat oleh Allah SWT.

Ketabahan hanya bisa dimiliki berdasarkan kondisi hati. Kuat lemahnya hati menjadi penentu bisa tidaknya kita menjalani berbagai cobaan.

Agar kita mendapatkan kemantapan hati, dianjurkan membaca doa yang termaktub dalam Surat At Taubah ayat 129.

 

5 dari 5 halaman

Doa Kemantapan Hati

حَسْبِيَ اللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ ۗ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ

Khasbiyallahu la ilaha illa huwa, 'alaihi tawakkaltu wa huwa rabbul 'arsyil 'adhim.

Artinya,

" Cukupkanlah Allah bagiku, tidak ada tuhan Selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan Pemilik 'Arsy (singgasana) yang agung."

Sumber: NU Online.

Beri Komentar