Doa Diberi Keringanan Kala Menjalani Urusan Dunia

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 14 April 2020 06:01
Doa Diberi Keringanan Kala Menjalani Urusan Dunia
Urusan dunia dapat berpengaruh baik pada hidup maupun urusan akhirat.

Dream - Urusan dunia tak bisa dianggap remeh. Bahkan urusan ini dapat berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Apa yang kita lakukan di dunia ini dapat membawa akibat pada urusan akhirat.

Dosa yang muncul akibat segala kesalahan kita dapat mengurangi himpunan pahala. Sebaliknya setiap kebaikan sekecil kerikil sekalipun bisa jadi menjauhkan manusia dari siksa api neraka.

Dalam menjalani kehidupan untuk urusan dunia, tidak selamanya manusia diberikan kemudahan dan kelancaran. Seorang pedagang bisa jadi saat ini sedang menghadapi kesabaran karena barang niaga yang tak laku karena wabah Covid-19.

Sementara sebuah keluarga terpaksa menahan diri di rumah tanpa bisa mencari nafkah karena mengikuti anjuran untuk mengisolasi diri demi mencegah tertular atau menulari virus corona kepada orang lain. 

Dalam kondisi seperti saat ini, manusia dianjurkan banyak memohon ampunan kepada Allah dan meminta agar urusan duniawi dimudahkan. Salah satunya dengan membaca doa yang terdapat dalam Alquran, tepatnya Surat Ali Imran ayat 193.

 

1 dari 5 halaman

Doa Dimudahkan Urusan Duniawi

 Doa mempermudah urusan duniawi© dream.co.id

Allahumma innana sami'na munadiyan yunadi lil imani an aminu birabbikum fa amanna, rabbana faghfirlana dzunubana wakaffir 'anna sayyiatina watawaffana ma'al abrar.

Artinya,

" Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami mendengar (seruan) yang menyeru kepada iman, (yaitu): 'Berimanlah kamu kepada Tuhanmu', maka kamipun beriman. Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan hapuskanlah kesalahan-kesalahan kami, dan wafatkanlah kami beserta orang-orang yang banyak berbakti."

2 dari 5 halaman

Doa Agar Segera Lepas dari Kesulitan Hidup

Dream - Kesulitan hidup kini tengah dirasakan banyak orang. Wabah virus corona membuat orang khawatir sekaligus kehilangan mata pencaharian.

Covid-19 merupakan perkembangan dari penyakit yang berasal dari virus corona biasa. Sebelumnya, virus corona menyebabkan beberapa penyakit, salah satunya MERS.

Sejumlah penelitian menyatakan Covid-19 sebenarnya bukanlah virus yang kuat. Tetapi, penyebarannya begitu cepat karena manusia enggan melindungi diri dengan cuci tangan dan pakai masker.

Agar tak tertular virus ini, kita dianjurkan berada di dalam rumah. Dampaknya, aktivitas kita di luar lumpuh total.

Berada di situasi seperti sekarang ini tentu terasa sulit. Belum lagi jika kebutuhan pokok mulai menipis.

Agar segera lepas dari kesulitan hidup, ada baiknya membaca doa yant tercantum dalam Surat Al Anbiya' ayat 87. Insya Allah, segala kesulitan akan segera menghilang.

3 dari 5 halaman

Doa Lepas dari Kesulitan Hidup

 Doa Bebas dari Kesulitan Hidup© dream.co.id

La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadh dholimin.

Artinya,

" Tidak ada Tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau, sungguh aku termasuk orang-orang yang zalim."

4 dari 5 halaman

Doa Terlepas dari Utang di Masa Sulit Akibat Corona

Dream - Pandemi virus corona yang kini tengah melanda Indonesia tidak hanya berdampak pada kesehatan. Lebih dari itu, virus tersebut berdampak besar terhadap perekonomian.

Banyak orang kehilangan pemasukan selama masa pandemi Covid-19 yang entah kapan akan berakhir. Perputaran uang pun sedikit terhenti akibat tidak banyak orang belanja atau bepergian.

Kondisi seperti sekarang ini tentu menyulitkan para pekerja informal, pengusaha kaki lima, pelaku UKM, hingga driver ojek dan taksi online. Pemasukan mereka yang biasa digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sekaligus kelangsungan usaha jadi berhenti.

Situasi semakin terasa sulit bagi mereka yang memiliki utang. Tidak sedikit masyarakat yang memohon keringanan pembayaran cicilan utang.

Dalam kondisi saat ini, Rasulullah Muhammad SAW mengajarkan doa agar kita terlepas dari utang. Doa tersebut terdapat dalam hadis riwayat Imam Abu Dawud.

5 dari 5 halaman

Doa Bisa Bayar Utang di Tengah Covid-19

 Doa Terlepas dari Utang© dream.co.id

Allahumma inni a'udzu bika minal hammi wal hazan. Wa a‘udzu bika minal 'ajzi wal kasal. Wa a'udzu bika minal jubni wal bukhl. Wa a'udzu bika min ghalabatid daini wa qahrir rijal.

Artinya,

" Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari ketakutan dan kekikiran, aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan tekanan orang-orang."

Sumber: NU Online

Beri Komentar