Doa untuk Orang Sakit Laki-laki yang Dibaca Rasulullah dan Anjuran Menjenguk Orang Sakit dalam Islam

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Jumat, 20 Mei 2022 06:01
Doa untuk Orang Sakit Laki-laki yang Dibaca Rasulullah dan Anjuran Menjenguk Orang Sakit dalam Islam
Menjenguk orang sakit adalah perbuatan mulia yang mendatangkan pahala.

Dream – Setiap manusia yang hidup di dunia ini bisa mengalami sakit kapan saja. Baik penyakit berkategori berat ataupun ringan. Ketika sedang diberi ujian berupa sakit, setiap orang hendaknya tak pernah luput memanjatkan doa diberi kesembuhan dari penyakit yang diidapnya.

Kondisi sakit memang membuat aktivitas setiap orang menjadi serba terbatas. Belum lagi rasa sakit, nyeri, atau beragam efek lain dari penyakit yang harus dihadapi hingga diberi kesembuhan.

Ikhtiar yang bisa dilakukan agar kembali sehat dan terbebas dari penyakit di antaranya dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan beristirahat yang cukup Usaha itu tentu dibarengi dengan semangat untuk sembuh dan didukung dengan doa yang dipanjatkan.

Sementara bagi yang sedang sehat sangat dianjurkan untuk menjenguk saudara seiman yang sedang diuji sakit. Selain menghibur untuk memberi semangat sembuh disarankan untuk membacakan doa agar penyakit dari orang yang dijenguk bisa segera diangkat oleh Allah SWT.

Ada sedikit perbedaan ketika kita membaca lafal doa saat menjenguk kerabat atau teman yang sakit. Jika di pasien adalah seorang lelaki, doa yang dibacakan adalah doa untuk orang sakit laki-laki. Lafal doa juga juga bisa dengan cara menyebutkan namanya. Dengan begitu, doa tersebut benar-benar memiliki tujuan yang jelas.

Nah, berikut adalah bacaan doa untuk orang sakit laki-laki sebagaimana dirangkum oleh Dream melalui merdeka.com dan islam.nu.or.id.

1 dari 2 halaman

Islam Menganjurkan agar Menjenguk Orang yang Sakit

Islam Menganjurkan agar Menjenguk Orang yang Sakit© Shutterstock.com

Islam mengajarkan kepada umat Islam untuk banyak-banyak melakukan kebaikan di dunia ini dan menebarkan kasih sayang kepada sesama. Tentunya tanpa memandang siapa orang tersebut. Salah satunya adalah menjenguk orang yang sedang sakit, baik itu keluarga, sanak saudara, tetangga, maupun orang lain. Perbuatan ini adalah hal yang sangat disukai oleh Allah SWT karena bentuk dari perbuatan yang mulia.

Di saat menjenguk orang sakit, secara tidak langsung kita sudah menghibur orang tersebut. Kehadiran kita adalah kebahagiaan bagi mereka dan di saat itu juga kita bisa memberikan semangat untuknya agar tidak putus asa di dalam kondisinya tersebut. Bahkan menjenguk orang sakit juga bisa mendatangkan pahala. Hal ini sebagaimana dengan sabda Nabi Muhammad saw berikut:

“ Apabila seseorang menjenguk saudaranya yang muslim (yang sedang sakit), maka (seakan-akan) dia berjalan sambil memetik buah-buahan Surga sehingga dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar diberi rahmat hingga waktu pagi tiba.” (HR. at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad).

Tak hanya itu saja, ada juga hadis lainnya yang menjelaskan tentang betapa baiknya ketika menjenguk orang sakit. Di mana dalam Islam, menjenguk orang sakit adalah hal dari seorang Muslim kepada Muslim yang lainnya. Berikut adalah hadisnya:

Hak seorang muslim terhadap muslim lainya ada enam. Sahabat bertanya: Apa saja, wahai Rasulullah? Beliau menjawab: “ Bila engkau bertemu dengannya maka ucapkanlah salam, bila ia mengundangmu maka hadirilah, bila ia meminta nasihat maka nasihatilah, bila ia bersin dan memuji Allah (mengucap: alhamdulillah) maka jawablah (dengan mengucapkan: yarhamukallah), bila ia sakit maka jenguklah, dan bila ia meninggal dunia maka antarkanlah (jenazahnya hingga makam).” (HR. Muslim).

2 dari 2 halaman

Bacaan Doa untuk Orang Sakit Laki-laki

Bacaan Doa untuk Orang Sakit Laki-laki© Freepik.com

Ketika menjenguk orang sakit, maka jangan lupa untuk membacakan doa untuk orang sakit tersebut. Karena doalah yang memiliki peranan sangat besar atas sembuhnya seseorang dari penyakit yang diderita. Dan alangkah lebih baik jika doa tersebut ditujukan secara jelas. Misalnya saja jika yang sakit adalah laki-laki, maka bacakan bacaan doa untuk orang sakit laki-laki.

Berikut adalah bacaan doa untuk orang sakit laki-laki yang pernah dibaca Nabi Muhammad saw ketika menjenguk Sa’ad bin Abi Waqqash sebagaimana terdapat dalam riwayat Imam Muslim. Sahabat Dream bisa mengganti nama Sa’ad dengan nama orang sakit yang sedang kamu jenguk. Inilah bacaannya:

اللَّهُمَّاشْفِسَعْدًا،اللَّهُمَّاشْفِسَعْدًا،اللَّهُمَّاشْفِسَعْدًا

Allāhummasyfi Sa‘dan. Allāhummasyfi Sa‘dan. Allāhummasyfi Sa‘dan.

Artinya: “ Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad,”

Selain itu, ada juga doa untuk orang sakit laki-laki dan bisa juga ditujukan pada perempuan dengan menyertakan doa agar diampuni dosa-dosanya serta diberikan perlindungan agama dan raga orang yang sakit tersebut. Doa ini pernah dibaca oleh Nabi Muhammad saw ketika menjenguk sahabat Salman Al-Farisi ra yang ada di dalam riwayat Ibnu Sunni berikut:

شَفَىاللهُسَقَمَكَ،وَغَفَرَذَنْبَكَ،وَعَافَاكَفِيدِيْنِكَوَجِسْمِكَإِلَىمُدَّةِأَجَلِكَ

Syafākallāhu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘āfāka fī dīnika wa jismika ilā muddati ajalika.

Artinya: “ Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia,”

Kemudian Abu Dawud dan At-Tirmidzi meriwayatkam bahwa Nabi Muhammad saw menganjurkan kepada umat Islam agar membaca doa berikut ini sebanyak tujuh kali di hadapan orang yang sedang sakit. Dengan membaca doa ini, harapannya orang tersebut segera diangkap penyakitnya. Inilah bacaan doanya:

أَسْأَلُاللهَالعَظِيْمَرَبَالعَرْشِالعَظِيْمِأَنْيَشْفِيَكَ

As’alullāhal azhīma rabbal ‘arsyil ‘azhīmi an yassfiyaka.

Artinya: “ Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu,”

Beri Komentar