Doa untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal dan Cara Berbakti pada Orang Tua Sesuai Ajaran Rasulullah

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Selasa, 18 Januari 2022 12:35
Doa untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal dan Cara Berbakti pada Orang Tua Sesuai Ajaran Rasulullah
Meskipun orang tua sudah tidak ada di dunia ini, seorang anak tetaplah harus berbakti kepada mereka.

Dream – Bagi seorang anak yang telah ditinggal oleh orang tuanya tentu menyisakan kesedihan yang amat dalam. Di mana orang yang sejak kecil merawatnya, mendidiknya, dan memberikan kasih sayang hingga bisa tumbuh baik seperti sekarang ini sudah pasti ada banyak kenangan yang tidak bisa dilupakan. Dan sebagai seorang anak, sampai kapan pun tidak akan bisa membalas budi atas apa yang sudah dilakukan orang tua untuknya.

Tugas seorang anak kepada orang tuanya yang juga telah diperintahkan oleh Allah SWT adalah berbakti. Tidak hanya ketika kedua orang tua masih hidup saja, bahkan berbakti kepada orang tua juga bisa dilakukan ketika mereka sudah meninggal dunia. Salah satunya adalah dengan membacakan doa untuk orang tua yang sudah meninggal.

Perintah untuk berbakti kepada orang tua ini disebutkan dalam firman Allah SWT melalui surat Al-Isra ayat 23 yang bunyinya sebagai berikut:

۞وَقَضٰىرَبُّكَاَلَّاتَعْبُدُوْٓااِلَّآاِيَّاهُوَبِالْوَالِدَيْنِاِحْسٰنًاۗاِمَّايَبْلُغَنَّعِنْدَكَالْكِبَرَاَحَدُهُمَآاَوْكِلٰهُمَافَلَاتَقُلْلَّهُمَآاُفٍّوَّلَاتَنْهَرْهُمَاوَقُلْلَّهُمَاقَوْلًاكَرِيْمًا

Artinya: Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.” (QS. Al-Isra: 23).

Nah, berikut adalah beberapa doa untuk orang tua yang sudah meninggal serta cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal dunia sebagaimana dirangkum oleh Dream melalui berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Doa untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal

Doa untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal© Shutterstock.com

Membacakan doa untuk orang tua yang sudah meninggal adalah bentuk hadiah yang diberikan seorang anak kepada orang tuanya meski tak lagi hidup di dunia. Hal ini juga sekaligus bentuk bakti seorang anak kepada orang tuanya. Berikut adalah beberapa doa untuk orang tua yang sudah meninggal yang bisa sahabagt Dream amalkan seperti dikutip dari islam.nu.or.id:

Doa untuk Kedua Orang Tua 

رَبِّاغْفِرْلِيْوَلِوَالِدَيَّوَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْصَغِيْرَا

Rabbighfir lī, wa li wālidayya, warham humā kamā rabbayānī shaghīrā.

Artinya: “ Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil."

Doa Mohon Ampun untuk Kedua Orang Tua

Doa ini dibaca untuk memohonkan ampun kepada Allah SWT. Terkhusus memohonkan ampun kedua orang tua, guru, orang-orang yang sudah berjasa, dan orang-orang yang mempunyai hak tertentu atas diri kita yang belum terselesaikan. Berikut adalah bacaan doanya yang bisa sahabat Dream amalkan:

اللَّهُمَّاغْفِرْلِلْمُسْلِمِيْنَوَالْمُسْلِمَاتِوَالْمُؤْمِنِيْنَوَالْمُؤْمِنَاتِالأَحْيَاءِمِنْهُمْوَالأَمْوَاتِمِنْمَشَارِقِالْاَرْضِإِلَىمَغَارِبِهَابَرِّهَاوَبَحْرِهَا،خُصُوْصًاإِلَىآبَاءِنَاوَاُمَّهَاتِنَاوَأَجْدَادِنَاوَجَدَّاتِنَاوَأَسَاتِذَتِنَاوَمُعَلِّمِيْنَاوَلِمَنْأَحْسَنَإِلَيْنَاوَلِأَصْحَابِالحُقُوْقِعَلَيْنَا

Allāhummaghfir lil muslimīna wal muslimāt, wal mukminīna wal mukmināt, al-ahyā’i minhum wal amwāt, min masyāriqil ardhi ilā maghāribihā, barrihā wa bahrihā, khushūshan ilā ābā’inā, wa ummahātinā, wa ajdādinā, wa jaddārinā, wa asātidzatinā, wa mu‘allimīnā, wa li man ahsana ilainā, wa li ashhābil huquqi ‘alaynā.

Artinya: “ Ya Allah, ampunilah mukminin, mukminat, muslimin, muslimat, yang masih hidup, yang telah wafat, yang tersebar dari timur hingga barat, di darat dan di laut, khususnya bapak, ibu, kakek, nenek, ustadz, guru, mereka yang telah berbuat baik terhadap kami, dan mereka yang masih memiliki hak terhadap kami.”

2 dari 3 halaman

Doa untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal

Doa Mohon Rahmat, Ampunan, dan Syafaat

Berikut ini adalah doa untuk orang tua yang sudah meninggal yang merupakan doa lanjutan untuk memohon rahmat, ampunan, dan syafaat bagi mereka yang bersyahadat:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ وَارْحَمْهُمْ وَعَافِهِمْ وَاعْفُ عَنْهُمْ. اللَّهُمَّ اَنْزِلِ الرَّحْمَةَ وَالْمَغْفِرَةَ وَالشَّفَاعَةَ عَلَى أَهْلِ الْقُبُوْرِ مِنْ أَهْلِ لَاالَهَ اِلَّا اللهُ مُحَمَّدٌ رَّسُوْلُ اللهِ.

Allāhummaghfir lahum, warhamhum, wa ‘āfihim, wa‘fu ‘anhum. Allāhumma anzilir rahmata, wal maghfirata, was syafā’ata ‘alā ahlil qubūri min ahli lā ilāha illallāhu Muhammadun rasūlullāh.

Artinya: “ Ya Allah, berikanlah ampunan, kasih sayang, afiat, dan maaf untuk mereka. Ya Allah, turunkanlah rahmat, ampunan, syafa’at bagi ahli kubur penganut dua kalimat syahadat.”

Doa Sapu Jagad, Sholawat Nabi, dan Surat Al-Fatihah

Dalam membaca doa untuk orang tua yang sudah meninggal sebaiknya ditutup dengan bacaan doa sapu jagad, sholawat Nabi, dan surat Al-Fatihah. Berikut adalah bacaan doa sapu jagad yang bisa kamu lafalkan:

رَبَّنَا آتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً، وَفِى الْآخِرَةِ حَسَنَةً، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ، سًبْحَانَ رَبَّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ، وَصَلَّى اللهُ علَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ. اَلْفَاتِحَةْ …

Rabbanā ātina fid duniā hasanah, wa fil ākhirati hasanah, wa qinā ‘adzāban nār. Subhāna rabbika rabbil ‘izzati ‘an mā yashifūna, wa salāmun ‘alal mursalīna, wa shallallāhu ‘alā sayyidinā Muhammadin, wa ‘alā ālihī, wa shahbihī, wa sallama, wal hamdulillāhi rabbil ‘alamīn. Al-Fatihah.

Artinya: “ Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungi kami dari siksa api neraka. Maha suci Tuhanmu, Tuhan pemilik kemuliaan, dari segala yang mereka gambarkan. Semoga kesejahteraan melimpah untuk para rasul. Semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan sahabatnya. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam. (baca Surat Al-Fatihah).”

3 dari 3 halaman

Cara Berbakti pada Orang Tua yang Sudah Meninggal

Cara Berbakti pada Orang Tua yang Sudah Meninggal© Shutterstock.com

Selain membacakan doa untuk orang tua yang sudah meninggal, ada beberapa cara yang bisa dilakukan seorang anak untuk berbakti kepada orang tuanya yang sudah meninggal dunia. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dari Abi Usaid Malik bin Rabiah seperti dikutip dari bincangsyariah.com:

بَيْنَا نَحْنُ عِنْدَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- إِذَا جَاءَهُ رَجُلٌ مِنْ بَنِى سَلِمَةَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ هَلْ بَقِىَ مِنْ بِرِّ أَبَوَىَّ شَىْءٌ أَبَرُّهُمَا بِهِ بَعْدَ مَوْتِهِمَا قَالَ  نَعَمِ الصَّلاَةُ عَلَيْهِمَا وَالاِسْتِغْفَارُ لَهُمَا وَإِنْفَاذُ عَهْدِهِمَا مِنْ بَعْدِهِمَا وَصِلَةُ الرَّحِمِ الَّتِى لاَ تُوصَلُ إِلاَّ بِهِمَا وَإِكْرَامُ صَدِيقِهِمَا

Artinya: Suatu saat kami pernah berada di sisi Rasulullah Saw, tiba-tiba datang seseorang dari Bani Salimah, ia berkata, “ Wahai Rasulullah, apakah masih ada bentuk berbakti kepada kedua orang tuaku ketika mereka telah meninggal dunia?” Rasulullah Saw menjawab, “ Iya, dengan cara mendoakan keduanya, meminta ampun untuk keduanya, memenuhi janji mereka setelah meninggal dunia, menjalin hubungan silaturahim (kekerabatan) dengan keluarga kedua orang tua yang tidak pernah terjalin dan memuliakan teman dekat keduanya.”

Melalui hadis tersebut dijelaskan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal. Pertama adalah membacakan doa untuk orang tua yang sudah meninggal serta memohonkan ampun untuk keduanya melalui doa.

Kemudian mematuhi dan menjalankan apa yang sudah diwasiatkan orang tua. Namun dengan syarat, selama wasiat yang ditinggalkan tidak melanggar aturan Allah SWT, maka sebagai seorang anak perlu mengusahakannya.

Cara yang keempat adalah menjaga hubungan baik dan bersilaturahmi dengan keluarga serta kerabat dari kedua orang tua yang sudah meninggal dunia. Hal ini sangatlah baik agar hubungan persaudaraan tetap menyambung.

Dan cara yang kelima adalah memuliakan serta menghormati teman-teman dari kedua orang tua. Teman-teman dari orang tua haruslah dijaga hubungannya, misalnya dengan bersilaturhami.

Beri Komentar