Doa untuk Suami Saat Mencari Rezeki, Mohon Dihindarkan dari Bahaya dan Diberi Nikmat Halal

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Jumat, 28 Januari 2022 10:47
Doa untuk Suami Saat Mencari Rezeki, Mohon Dihindarkan dari Bahaya dan Diberi Nikmat Halal
Untuk mengatasi kekhawatiran istri ketika sang suami bekerja, ada beberapa doa yang bisa dipanjatkan.

Dream – Saat memutuskan berumah tangga tentu syarat utama adalah adanya keinginan bekerjasama dan saling mendukung satu sama lain. Pasangan yang sudah menikah harus bisa menyatuhkan dua kepala agar bisa arah keluarga bisa berjalan dengan baik. Begitu pun ketika suatu masalah hadir di dalamnya. Suami atau istri harus mencari jalan keluar agar bisa diselesaikan secara baik tanpa memunculkan konflik berkepanjangan.

Niat membina sebuah rumah tangga sudah seharusnya siap untuk menjalani perannya masing-masing. Suami memiliki peran untuk mencari nafkah bagi keluarga dan istri yang akan senantiasa mendukung dan tak lupa memanjatkan doa untuk suami. Agar pekerjaan yang dilakukan sang suami diberi kelancaran, kemudahan, kesehatan, serta bisa pulang ke rumah dalam kondisi yang selamat.

Doa dari seorang istri untuk suaminya memiliki peran yang sangat penting. Hal ini seperti dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi berikut ini:

Sesungguhnya doa yang segera dikabulkan adalah doa seorang istri kepada suaminya yang tidak berada di tempat yang sama atau saling berjauhan.” (HR. Tirmidzi).

Ada banyak sekali doa untuk suami yang bisa dibaca oleh seorang istri. Doa-doa tersebut biasanya diamalkan setelah menyelesaikan sholat. Berikut adalah beberapa doa untuk suami yang penting diketahui oleh para istri sebagaimana dirangkum Dream melalui Merdeka.com.

1 dari 3 halaman

Doa untuk Suami saat Mencari Rezeki

Doa untuk Suami saat Mencari Rezeki© Shutterstock.com

Ketika suami sedang berada di luar rumah untuk bekerja, wajar saja jika seorang istri akan merasa khawatir dengan suaminya. Namun kekhawatiran itu bisa diredakan dengan berdoa. Berikut adalah beberapa bacaan doa untuk suami yang bisa dibaca oleh istri:

Doa untuk Suami Mohon Dihindarkan dari Kesulitan

Saat sedang bekerja, berbagai kesulitan bisa saja dialami. Baik itu ketika berada di jalan menuju tempat kerja maupun ketika berada di tempat kerja. Agar dihindarkan dari kesulitan-kesulitan tersebut, berikut adalah doa untuk suami yang bisa dipanjatkan oleh sang istri:

اللَّهُمَّإنِّيأَسْأَلُكَالعَفْوَوَالعَافِيَةَفِيالدُّنْيَاوَالآخِرَةِ،اللَّهُمَّإنِّيأَسْأَلُكَالعَفْوَوَالعَافِيَةَفِيدِينِيوَدُنْيَايَوَأَهْلِيوَمَالِي،اللَّهُمَّاسْتُرْعَوْرَاتِي،وَآمِنْرَوْعَاتِي،اللَّهُمَّاحْفَظْنِيمِنْبَيْنَيَدَيَّ،وَمِنْخَلْفِي،وَعَنْيَمِينِي،وَعَنْشِمَالِي،وَمِنْفَوْقِي،وَأَعُوذُبِعَظَمَتِكَأَنْأُغْتَالَمِنْتَحْتِي

Allahumma innii as-alikal 'afwa wal 'aaffiyah fid dun-yaa wal aakhirah. Allahumma innii as-alukal 'afwa wal 'aafiyah fi diini wa dunyaa-ya wa ahlii wa maalii. Allahummas-tur 'au-raatii wa aamin rau-'aatii,

Allahumma-fadz-nii min baini yadayya wa min khalfii wa 'an yamiinii wa 'wn syimaalii wa min fauqii. Wa a-'uudzu bi 'adzmatika an-ughtaala min tahtii.

Artinya: “ Ya Allah, sesungguhnya aku mohon ampunan-Mu dan bebaskanlah aku dari masalah di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku mohon ampunan kepada-Mu agar terhindar dari masalah dalam urusan agama, dunia, keluarga dan hartaku.

Ya Allah, lindungilah auratku dan tenangkanlah aku dari rasa takut. Ya Allah, peliharalah aku dari arah muka, belakang, kanan, kiri dan dari atasku, dan aku berlindung dengan kebesaran-Mu, agar aku tidak dihancurkan dari bawahku."

Doa untuk Suami Mohon agar Mendapat Rezeki yang Halal dan Berkah

Setiap istri tentu berharap agar suaminya yang sedang bekerja bisa mendapatkan rezeki yang halal serta berkah. Dengan rezeki halal dan berkah itulah yang akan membuat kehidupan rumah tangga mereka selalu dilingkupi dengan kasih sayang Allah SWT. Berikut adalah bacaan doa untuk suami agar mendapatkan rezeki yang halal dan berkah:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Allahumma innii as-aluka 'ilman naafi'a, wa rizqon thoyyibaa, wa 'amalan mutaqobbalaa.

Artinya:Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik). (HR. Ibnu Majah, no. 925 dan Ahmad 6: 305, 322).

2 dari 3 halaman

Doa untuk Suami saat Mencari Rezeki

Doa untuk Suami agar Terhindar dari Bahaya

Saat sang suami sedang bekerja di luar rumah, segala sesuatu bisa saja terjadi secara tidak terduga. Agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan, alangkah baiknya jika istri selalu memberikan doa untuk suami agar dihindarkan dari bahaya yang bacaannya adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ، وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Allahumma inni a'udzu bika minal Hammi wal hazan, wa a'udzu bika minal 'ajzi wal kasal, wa a'udzu bika minal jubni wal bukhl, wa a'udzu bika min ghalabatid dain wa qahrir rijal.

Artinya:Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan. Aku berlindung kepada-Mu dari lemah dan kemalasan. Aku berlindung kepada-Mu dari rasa pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada-Mu dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan orang."

Doa untuk Suami agar Diberi Rezeki dan Jabatan yang Baik

Seorang suami sudah pasti akan mendukung apapun pekerjaan suaminya jika pekerjaan tersebut bisa menghasilkan uang yang halal. Rezeki yang diperoleh saat bekerja tidak hanya dalam bentuk uang saja, melainkan bisa juga berupa kenaikan jabatan. Berikut adalah doa untuk suami agar diberikan rezeki serta jabatan yang baik:

رب اغْفِرلي وَارْحَمْنِى واجبرني وَارْفَعْنِي وَارْزُقْنِى وَاهْدِنِى وَعَافِنِى وَاعْفُ عَنِّى

Robbighfirlii warhamnii, wajburnii, warfa'nii, warzuqnii, wahdinii.

Artinya: “ Ya Allah ampunilah aku, rahmatilah aku, cukupkanlah aku, tinggikanlah derajatku, berilah rezeki dan petunjuk untukku." (HR. Ahmad 1: 371).

3 dari 3 halaman

Doa untuk Suami saat Mencari Rezeki

Doa untuk Suami saat Mencari Rezeki© Shutterstock.com

Doa untuk Suami agar Dijauhkan dari Harta yang Haram

Allah SWT sangat melarang umatnya untuk mendapatkan harta dengan jalan yang haram. Apalagi bagi seorang suami yang harus memberikan nafkah bagi anak dan istrinya. Demi memberikan kehidupan yang baik bagi keluarganya, maka rezeki yang didapatkan seharusnya dengan cara yang halal. Nah, berikut adalah doa untuk suami agar dijauhkan dari harta yang haram:

اَللَّهُمَّ ياَ غَنِىُّ ياَحَمِيْدُ يَامُبْدِئُ يَامُعِيْدُ يَارَحِيْمُ يَاوَدُوْدُ يَافَعَّالُ لِمَا يُرِ يْدُ اَغْنِنِىْ بِحَلاَ لِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَبِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahumma yaa ghoniyyu yaa hamiid yaa mubdi'u yaa mu'iid yaa rohimu yaa waduud yaa fa'alu lima yuriid agnini bihalaalila, anharoomika wa bifadlika 'amman siwaak.

Artinya:Ya Allah Tuhanku Yang Maha Kaya dan Maha Terpuji, Tuhan Yang Menakdirkan dan Yang Mengembalikan, Yang Maha kasih dan Maha Kasih Sayang. Berilah aku kekayaan harta yang Engkau halalkan bukan yang Engkau haramkan, berilah aku kelebihan dari yang lain dengan berkah karunia-Mu."

Beri Komentar