Doa Usai Menikmati Makanan Hantaran Orang

Reporter : Ahmad Baiquni
Minggu, 25 Juli 2021 18:00
Doa Usai Menikmati Makanan Hantaran Orang
Menerima hantaran mendatangkan kebahagiaan.

Dream - Hantaran termasuk salah satu tradisi masyarakat Indonesia. Saling berbagi makanan jadi momen mengesankan terutama ketika menyambut Idul Fitri maupun Idul Adha.

Di luar dua Hari Raya tersebut, hantaran juga kerap dilakukan. Seperti ketika perayaan ulang tahun pernikahan, tasyakuran, dan lain sebagainya.

Hantaran dimaksudkan untuk berbagi rezeki dan kebahagiaan. Dengan harapan, orang yang menerima hantaran turut merasakan kebahagiaan si pemberi.

Tidak bisa kita pungkiri, hantaran memang mendatangkan kebahagiaan tersendiri. Kita bisa menikmati makanan yang lezat pemberian orang lain.

Kepada mereka yang memberikan hantaran, kita dianjurkan untuk membalasnya. Salah satunya dengan membacakan doa ini setelah menikmati hidangan hantaran.

 

1 dari 5 halaman

Doa Menikmati Hantaran

اَللَّهُمَّ اَكْثِرْ مَالَهُ وَبَارِكْ لَهُ فِيْمَا رَزَقْتَهُ وَيَسِّرْ لَهُ اَنْ يَفْعَلَ فِيْهِ خَيْرًا وَقَنِّعْهُ فِيْمَا اَعْطَيْتَهُ وَاجْعَلْنَا وَاِيَّاهُ مِنَ الشَّاكِرِيْنَ

Allahumma aktsir malahu wa barik lahu fima a'thoitahu wa yassir lahu ayyaf'ala fihi khoiran wa qonni'hu fima a'thoitahu waj'alna wa iyyahu minasy syakirin.

Artinya,

" Ya Allah, perbanyaklah hartanya, berkahilah rezeki yang Engkau berikan padanya, permudahlah padanya untuk melakukan kebaikan dengan rezeki tersebut, berilah kelapangan hati padanya agar menerima rezeki yang Engkau berikan padanya, jadikanlah kami dan dia bagian dari orang-orang yang bersyukur."

Sumber: Bincang Syariah

2 dari 5 halaman

Doa Agar Terhindar dari Kandungan Buruk Makanan bagi Tubuh

Dream - Makanan termasuk salah satu kenikmatan dunia. Tetapi, makanan juga bisa menjadi penentram batin.

Ketika makan, kita akan merasa tenang dan senang. Kemudian, segala kekhawatiran hilang dan kita bisa beribadah dan bekerja dengan nyaman.

Tetapi, tidak bisa kita pungkiri ada kandungan dalam makanan yang bisa berdampak buruk pada tubuh. Apalagi jika tubuh kita mengalami penyakit tertentu.

Misalnya, penderita kolesterol tentu harus berhati-hati makan daging. Atau penderita hipertensi, tentu harus menghindari makanan terlalu asin agar tekanan darah tidak naik.

Nah, itu sebagian contoh dampak buruk makanan pada tubuh. Agar terhindar dari dampak tersebut, biasakan membaca doa ini.

3 dari 5 halaman

Doa Terhindar dari Dampak Buruk Makanan

بِسْم ِاللهِ الَّذِيْ لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الاَرضِ وَلاَ فِي السَّمَاء وَهُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْم

Bismillahil ladzi la yadlurru ma'asmihi syaiun fil ardli wa la fis samai wa huwas sami'ul 'alim.

Artinya,

" Dengan menyebut nama Allah yang bersama nama-Nya sesuatu itu tidak berbahaya di bumi dan di langit. Dan Dia Maha Mendengar lagi Mengetahui."

Sumber: Laduni.id

4 dari 5 halaman

Awali Makan dengan Niat Ini Agar Meraih Berkah

Dream - Mungkin sudah jadi hal biasa ketika kami diberitahu jika asupan makanan akan berdampak pada tubuh. Makanan bisa mendatangkan energi, membantu menjaga kesehatan dan banyak manfaat lain untuk kesehatan.

Islam juga mengajarkan betapa besarnya manfaat dari makanan. Berkat makanan, kita tetap bisa beraktivitas termasuk menjalankan ibadah dengan tenang.

Pada dasarnya, makan adalah aktivitas yang dihukumi mubah. Artinya boleh kita kerjakan dan boleh juga ditinggalkan.

Karena mubah, akan sayang jika kita makan tanpa ada tujuan. Misalnya, dengan makan kita bisa semakin mendekatkan diri kepada Allah.

Dengan begitu, makan akan bernilai ibadah. Ini karena makan kita niatkan untuk menjalankan ketentuan dari Allah.

Nah, agar semakin berkah, dianjurkan melafalkan niat ini sebelum mulai makan.

 

5 dari 5 halaman

Niat Sebelum Makan Agar Berkah

Niat sebelum makan© Dream.co.id

Nawaitut taqowwiyya 'ala tho'atillahi wal imtitsala li amrillahi wa tadzakurs ahlil jannati lit tasymiri fit tho'ati wa tadzakkuri ahlin nari lil ibti'adi 'anil ma'ashi wa syukrallahi 'azza wa jalla 'ala taisirihi wal 'amala bi adabil akli wa idkholas suruuri 'alal ikhwani wa hifdho shihhatil badani wa amanatil jasadi.

Artinya,

" Aku berniat (makan) agar kuat untuk taat kepada Allah, mengikuti perintah Allah, ingat terhadap (makanan) ahli surga sehingga siap dalam taat kepada Allah, ingat (makanan) ahli neraka sehingga menjauhi maksiat, bersyukur kepada Allah atas anugerah-Nya memudahkan (mendapatkan makanan), melaksanakan adab-adab makan, memasukkan kebahagiaan pada sauadara, dan menjaga kesehatan tubuh."

Beri Komentar