Doa Utang Telat Dibayar Si Peminjam

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 15 September 2020 20:00
Doa Utang Telat Dibayar Si Peminjam
Utang itu harus dikembalikan, tapi tidak selamanya kondisi kita memungkinkan.

Dream - Dalam hubungan dengan sesama, tidak jarang kita temui orang berutang. Bahkan bisa jadi kita sendiri mengalaminya.

Apapun alasannya, utang adalah pinjaman. Suatu saat harus dikembalikan kepada pemiliknya

Tetapi, patut kita pahami utang bisa mempengaruhi hubungan baik lho. Banyak kasus pertemanan rusak karena utang.

Jika sebagai pemberi utang, kita mungkin merasa khawatir uang tidak kembali. Meski demikian, kita tetap perlu berbaik sangka, si peminjam akan mengembalikan utangnya suatu saat.

Namun begitu, tidak sedikit kasus pengutang menunda mengembalikan pinjamannya kepada kita. Pun ketika ditagih, dia begitu sulit mengembalikan pinjamannya.

Ketika menghadapi situasi ini, dianjurkan membaca doa ini.

 

1 dari 5 halaman

Doa Jika Utang Telat Dibayar

Doa Utang Telat Dilunasi© Dream.co.id

Allahumma lahzhatan min lahazhatikal kiram, tuyassiru 'ala ghurama-i bihal qadla-a wa tuyassiru li biha minhumul iqtidla-a, innaka 'ala kulli syaiin qodir.

Artinya,

" Ya Allah, melalui karunia dari banyak karunia-Mu yang mulia, Engkau mempermudah dengannya pada orang-orang yang berutang padaku untuk melunasi, dan Engkau mempermudah padaku untuk menagih pada mereka, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu."

Sumber: Bincang Syariah

2 dari 5 halaman

Doa Memohon Semua Bentuk Kebaikan dan Ampunan

Dream - Dalam menjalani hidup, kita tentu sangat membutuhkan kebaikan. Hampir setiap hari kita akan selalu menghindari segala bentuk keburukan.

Dengan kebaikan, hidup terasa nyaman. Segala urusan bisa dihadapi dengan tenang dan menentramkan.

Segala bentuk kebaikan akan menghadirkan kebahagiaan. Segala sesuatu jadi terasa mudah.

Patutlah kita pahami, kebaikan semata datang dari Allah. Sehingga perlu kiranya kita memohonkannya kepada Sang Pemilik Kebaikan.

 

3 dari 5 halaman

Doa Mohon Kebaikan

Doa Mohon Kebaikan© Dream.co.id

Ya man lahul khoiru kulluhu as alukal khoira kullahu wa a'udzu bika minasy syarri kullihi fa innaka antal lahul ghaniyyul ghafurur rahim. As aluka bilhaddi muhammadin shallallahu 'alaihi wa sallama ila shirathim mustaqim, shirathillahil ladzi lahu ma fis samawati wama fil ardli ala ilallaahi tashirul umur. Allahumma inni as aluka maghfiratan tasyrahu biha shodri wa tadla'u biha wizri wa tarfa'u biha dzikri wa tuyassiru biha amri wa tunazzihu biha fikri wa tuqaddisu biha sirri wa taksyifu biha dlurri wa tarfa'u biha qadri innaka 'ala kulli syaiin qadir.

Artinya,

" Wahai Dzat Yang Memiliki semua kebaikan, aku memohon kepada-Mu semua kebaikan dan aku berlindung kepada-Mu dari semua keburukan, sesungguhnya Engkau Allah Yang Maha Kaya, Maha Pengampun dan Maha Penyayang. Aku memohon kepada-Mu dengan perantaraan orang yang memberi petunjuk, Nabi Muhammad SAW, kepada jalan yang lurus, jalan Allah Pemilik semua yang ada di langit dan semua yang ada di bumi. Ingatlah, hanya kepada Allah semua urusan kembali. Aku memohon kepada-Mu ampunan yang dengannya Engkau melapangkan dadaku, dengannya Engkau mengampuni dosaku, dengannya Engkau mengangkat namaku, dengannya Engkau mudahkan urusanku, dengannya Engkau bersihkan pikiranku, dengannya Engkau menyucikan hatiku, dengannya Engkau menghilangkan kesusahanku, dengannya Engkau mengangkat derajatku, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu."

Sumber: Bincang Syariah

4 dari 5 halaman

Doa Agar Lebih Dekat dan Mohon Ampunan Allah SWT

Dream - Setiap hari kita tidak bisa lepas dari kesalahan dan dosa. Karena manusia letaknya salah dan lupa. Untuk itulah, anjuran untuk memohon ampunan kepada Allah sering sekali disampaikan baik dari saudara maupun ustaz di sekitar kita.

Saat meminta ampun kita biasanya menyisipkan harapan agar bisa selalu mendekatkan diri kepada Allah.

Banyak cara untuk mendekatkan diri pada Sang Kuasa salah satunya memperbanyak istighfar setiap saat. Dengan istighfar, kita bisa memohon ampunan kepada Allah. Sekaligus bisa lebih dekat dengan Allah.

Rasulullah Muhammad SAW sendiri sangat rajin beristighfar. Padahal sudah dijamin bersih dari dosa.

Berikut lafal istighfar yang dibaca Rasulullah SAW.

 

5 dari 5 halaman

Doa Istighfar Rasulullah

lafal istighfar© Dream.co.id

Allahumma anta rabbi, laa ilaha illa anta kholaqtanii wa ana 'abduka wa ana 'ala 'ahdika wa wa'dika mastatha'tu. A'udzubika min syarri ma shana'tu, abu u laka bini'matika 'alayya wa abu u bidzambi faghfir li fainnahu la yaghfirudz dzunuba illa anta.

Artinya,

" Ya Allah, Engkaulah Tuhanku, tidak ada yang patut disembah kecuali Engkau. Engkaulah yang telah menciptakanku, dan aku adalah hamba-Mu dan di atas ikatan janji-Mu yang aku jalankan semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari segala perbuatan buruk yang telah kuperbuat. Aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku kepada-Mu. Maka ampunilah aku, sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni segala dosa kecuali Engkau."

Sumber: Bincang Syariah

Beri Komentar