Bacaan Amalan Wirid untuk Memuliakan Bulan Rajab

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 26 Februari 2020 20:00
Bacaan Amalan Wirid untuk Memuliakan Bulan Rajab
Rajab mengandung banyak berkah.

Dream - Rajab bulan mulia yang memiliki banyak keutamaan untuk mereka yang bisa mengisinya dengan beragam aktivitas ibadah. 

Dalam Rajab tersimpan banyak berkah yang bisa dimanfaatkan seseorang. Caranya dengan memperbanyak amalan sholeh.

Kedatangan Rajab perlu kita sambut dengan penuh suka cita. Selain itu, kita juga perlu meramaikannya dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Tak hanya itu, kita pun perlu memanfaatkan Rajab untuk lebih mencintai Rasulullah Muhammad SAW. Sembari mengingat tugas utama manusia sebagai makhluk Allah yaitu terus beribadah kepada-Nya.

Terdapat amalan yang bisa dikerjakan untuk memeriahkan Rajab. Amalan tersebut berupa wirid yang dianjurkan dibaca usai sholat sebanyak 111.

 

1 dari 5 halaman

Wirid Meraih Berkah Rajab

 Wirid Pengisi Rajab© Dream.co.id

Ya Allah ya fattah ya rahman ya rahim ya razaq ya jami'.

Artinya,

" Ya Allah, Maha Awal, Maha Pengasih, Maha Penyayang, Maha Pemberi Rezeki, Maha Segalanya."

Sumber: NU Online

2 dari 5 halaman

Doa Pagi dan Sore Hari Sepanjang Bulan Rajab

Dream - Tak terasa saat ini kita sudah memasuki bulan Rajab. Bulan ini begitu istimewa karena  memiliki banyak keutamaan selain Ramadhan.

Rajab juga merupakan salah satu bulan mulia karena Allah SWT menebarkan rahmat di seluruh alam pada bulan ini.

Banyak amalan bisa dilakukan di bulan ini salah satunya adalah dengan menjalankan puasa Rajab. Tak hanya puasa. amaliah apapun yang bisa mendatangkan pahala dianjurkan untuk semakin digiatkan.

Di bulan Rajab banyak muslim yang memanfaatkannya untuk bertobat. Memohon ampunan kepada Allah atas segala kesalahan yang pernah dilakukan.

Pagi dan sore adalah pertanda dimulainya kehidupan. Manusia berhamburan di muka bumi untuk mencari rezeki atas keridhaan Ilahi sejak hari dimulai pada padi dan berakhir di waktu sore.

Keberkahan di dua waktu tersebut amatlah berlimpah. Sehingga dianjurkan membaca doa ini.

3 dari 5 halaman

Doa Pagi Sore Sepanjang Rajab

 

 Doa pagi dan sore Rajab© dream.co.id

Rabbighfirli warhamni watub 'allaya.

Artinya,

" Tuhanku, ampunilah aku, rahmatilah aku dan terimalah taubatku."

4 dari 5 halaman

Doa Niat Puasa Rajab

Dream - Umat Islam dianjurkan memuliakan bulan Rajab dengan memperbanyak amalan shaleh. Rajab selama ini memang dikenal sebagai bulan mulia selain Ramadan.

Kemuliaan Rajab juga dianjurkan dijaga dengan menjauhi perbuatan maksiat. Meskipun perbuatan ini memang sudah seharusnya tak dilakukan di bulan apapun.

Ada banyak amalan shaleh yang bisa kita lakukan sepanjang Rajab. Mulai dari ibadah seperti memperbanyak sholat sunah, puasa sunah, maupun dengan amalan seperti sedekah.

Sebenarnya, tidak ada kekhususan untuk menjalankan puasa Rajab. Meski begitu, amalan ibadah tersebut bisa dilakukan dengan puasa sunah biasa seperti ayyamul bidh, puasa 10 hari pertama, puasa Daud, puasa Senin dan Kamis, dan lain sebagainya.

Tetapi karena dijalankan di bulan Rajab, tentu mengandung keutamaan tersendiri. Mengingat Rajab merupakan waktu tersebarnya rahmat Allah SWT.

Ketika hendak berpuasa sunah, maka yang harus dilakukan adalah berniat. Lafal niat bisa diucapkan baik malam hari sebelumnya maupun siang hari usai Subuh karena hukum puasanya adalah sunah.

5 dari 5 halaman

Ini Bacaan Doa Niat Puasa Rajab

 Niat Puasa Rajab Malam Hari© Dream.co.id

Nawaitu shouma ghadin ‘an ada-i sunnati rojaba lillahi ta‘ala.

Artinya,

" Aku berniat puasa sunah Rajab besok hari karena Allah Ta’ala."

 

Beri Komentar
Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup