Gaya Bupati Berhijab Luwu Utara Nunggang Motor Trail Terjang Jalan Berlumpur

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Jumat, 12 Juni 2020 09:00
Gaya Bupati Berhijab Luwu Utara Nunggang Motor Trail Terjang Jalan Berlumpur
Indah mematahkan mitos masyarakat yang percaya desanya tidak bakal dikunjungi oleh pejabat.

Dream - Jarang terekspos, Bupati Luwu Utara, Sulawesi Selatan, kini menjadi sorotan netizen. Aksi menunggang motor trail di atas medan ekstrem membuat bupati cantik itu menjadi buah bibir. Dialah Indah Putri Indriani.

Berkunjunglah ke akun Instagram @indahnyalutra, maka kalian bisa melihat bahwa bupati Luwu periode 2016-2021 itu cinta dengan motor trail dan offroad. Indah memang kerap blusukan ke pelosok wilayahnya dengan medan yang menantang.

Pada foto yang viral beberapa waktu lalu, Indah terlihat menunggang motor trail. Bagian depan dan belakang motor penuh muatan, barang berat. Bukan di jalan beraspal, foto itu diambil di tengah jalanan berlumpur.

 Bupati Sulawesi Selatan© Instagram @indahnylutra

" Ganti motor dulu ya.. Karena tidak ada yang mau dibonceng.. Selamat malam, selamat beristirahat. Salam hormat buat keluarga," tulis Indah pada unggahan tersebut.

 Bupati Luwu Utara© Instagram @indahnyalutra

1 dari 3 halaman

Tapi, motor itu bukanlah milik Indah. Motor itu milik para tukang ojek yang membawa barang dari kota ke darah pedalaman. Sebagai bupati, Indah bertanya langsung soal kehidupan para tukang ojek. Menyerap aspirasi.

Wilayah kerja Indah memang luas. Lebih dari 7.500 kilometer persegi. Dan, medan ekstrem seperti terlihat dalam foto itu sudah biasa dilalui. Dia bertemu para tukang ojek itu saat hendak berkunjung ke Desa Hoyane, wilayah terluar di Seko Tengah, yang berbatasan dengan mamuju, Sulawesi Barat.

 Bupati Luwu Utara© Instagram @indahnyalutra

Menurut laman resmi Kabupaten Luwu Utara, masyarakat Desa Hoyane selama bertahun-tahun yakin bahwa tak ada satu pun kepala daerah yang akan berkunjung ke daerah mereka.

Akses jalan ke Desa Hoyane memang hanya bisa dilalui roda dua dengan medan terjal dan menanjak. Kontur itulah yang membuat masyarakat Desa Hoyane yakin menjadi penghalang pejabat pemerintah untuk datang.

2 dari 3 halaman

Tapi, kepercayaan itu dipatahkan oleh Indah. Dengan mengendarai ojek dia tiba di desa terpencil itu pada hari Minggu yang lalu

" Kepercayaan masyarakat di Hoyane ini, putih kepalanya burung gagak kalau bupati datang, dan akhirnya mitos itu terpatahkan setelah Ibu bupati datang," kata Camat Seko, Akbal Ali. 

Bagi Indah, jarak bukan penghalang untuk menghadirkan negara di tengah-tengah masyarakat. Dia meminta warga di Seko untuk tidak berseih hati. Dia berjanji akan datang lagi ke wilayah pelosok itu.

" Kami pasti akan datang lagi di Tana Seko, memastikan Negara selalu hadir di tengah-tengah masyarakat," tutur Indah.

      View this post on Instagram

Gaess Ini masih di #indonesia, di pedalaman #luwuutara #sulawesiselatan... Tepatnya di kecamatan pegunungan terpencil #seko . Akhir pekan kemarin, secara khusus saya berkunjung untuk memantau pembagian Bantuan Sosial Tunai (BST) dan BST Perluasan. Selain untuk melihat langsung kondisi masyarakat, juga untuk memastikan bantuan sampai dan tepat sasaran. . Medan jalan yang dilalui cukup menantang. Pemerintah Daerah tentu sangat berkeinginan agar jalan-jalan bisa dibenahi untuk membuka akses ekonomi dan mobilitas masyarakat. . Sayangnya, kemampuan daerah tak akan sanggup untuk menuntaskan infrastruktur jalan ke kawasan ini. Hanya sinergi dan kolaborasi dengan pemerintah pusat dan provinsi yang bisa mempercepat pembangunan di kawasan ini. Meskipun disadari beberapa ruas yang ada adalah jalan penghubung antar desa yang memang menjadi kewenangan kabupaten. . Mohon bantuan pak gubernur @nurdin.abdullah dan pak Presiden @jokowi melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI @kemenpupr agar masyarakat juga bisa menikmati akses jalan yang baik???????? . Cc : @detikcom @kompascom @kompastv @hariankompas @matanajwa @narasi.tv @metrotv @tvonenews @tvrinasional . . . . #IDP #IndahPutriIndriani #IndahnyaLutra #instagram #GerakanLuwuUtaraMaju

A post shared by Indahnyalutra (@indahnyalutra) on

3 dari 3 halaman

Bikin Geger Netizen

Dengan gaya yang tampak berbeda dari bupati lain karena hobi ekstremnya, postingan Indah ramai dibanjiri komentar netizen.

Sebagian besar netizen merasa terkesan dan sebagian berdoa agar Indah tetap berhati-hati.

" Keren bangetttt," tulis salah satu netizen.

" Luar biasa bu bupati, pengabdian tanpa batas," ungkap netizen lainnya.

" Hati2 bu," tulis netizen lainnya.

Beri Komentar