Hadiah Untuk Para Guru, Mohonkan Mereka Ampunan dengan Doa Ini

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 26 November 2021 20:00
Hadiah Untuk Para Guru, Mohonkan Mereka Ampunan dengan Doa Ini
Guru berjasa besar mendidik semua orang.

Dream - Profesi sebagai guru mungkin masih dianggap biasa saja. Padahal, semua orang bisa meraih sukses dengan berbagai profesi berkat guru.

Guru tidak sekadar pendidik ilmu pengetahuan. Lebih dari itu, guru juga mendidik karakter seorang anak hingga tumbuh menjadi pribadi yang berakhlak mulia.

Peran guru sangat mulia bagi semua orang. Yang lebih membanggakan, mereka tidak berharap imbalan apapun dari muridnya.

Harapan mereka hanya ingin para muridnya meraih sukses dunia akhirat. Melihat muridnya mampu meraih capaian yang sangat tinggi adalah kebahagiaan tersendiri bagi mereka.

Ingatlah, apa yang kita capai saat ini tak pernah dari para guru. Lewat ajaran dan doa mereka pulalah, jalan kesuksesan terbuka.

Karena itulah, patutlah kiranya kita memberikan hadiah terbaik kepada mereka. Salah satunya, memohonkan ampunan dengan membacakan doa ini.

 

1 dari 3 halaman

Doa Ampunan Bagi Para Guru

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِمَشَايِخِنَا وَلِمَنْ عَلَّمَنَا وَارْحَمْهُمْ، وَأَكْرِمْهُمْ بِرِضْوَانِكَ الْعَظِيْمِ، فِي مَقْعَد الصِّدْقِ عِنْدَكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahummaghfir li masyayikhina wa liman 'allamana warkhamhum wa akrimhum biridlwanikal 'adhim fi maq'adish shidqi 'indaka ya arhamar rakhimin.

Artinya,

" Ya Allah, ampunilah guru-guru kami dan orang yang telah mengajar kami. Sayangilah mereka, muliakanlah mereka dengan keridhaan-Mu yang agung, di tempat yang disenangi di sisi-Mu, wahai Yang Maha Penyayang di antara penyayang."

Sumber: NU Online

2 dari 3 halaman

Doa Mohon Ampunan Terlanjur Memaki Orang

Dream - Menjaga emosi dalam kondisi apapun sangat ditekankan. Emosi yang tak terkendali dapat mengarahkan pada keburukan.

Islam juga sangat menekankan umatnya untuk bersabar. Sabar sendiri adalah sikap untuk mengendalikan emosi menghadapi situasi yang tidak menguntungkan.

Namun, ada kalanya kita tidak mampu menahan diri. Emosi jadi tak terkontrol dan kita jadi marah-marah.

Kita jadi mudah mengucap makian kepada orang. Kondisi itu membuat orang tersebut jadi tidak nyaman.

Ketika sudah terlanjur, maka segera istighfar dan mintalah maaf. Selain itu, amalkan doa Rasulullah Muhammad SAW ini yang tercantum dalam hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah RA.

 

3 dari 3 halaman

Doa Terlanjur Memaki

اللَّهُمَّ فَأَيُّمَا مُؤْمِنٍ سَبَبْتُهُ فَاجْعَلْ ذَلِكَ لَهُ قُرْبَةً إِلَيْكَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Allahumma fa ayyuma mu'minin sababtuhu faj'al dzalika lahu dzalika qurbatan ilaika yaumal qiyamah.

Artinya,

" Ya Allah, siapa saja orang mukmin yang pernah aku caci, jadikanlah cacian tersebut sebagai sarana yang mendekatkan dirinya kepada Engkau di hari kiamat."

Sumber: Bincang Syariah

Beri Komentar