Hukum Islam Adalah Hukum Kekal, Inilah Karakteristik dan Perbedaannya dengan Hukum Konvensional

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Minggu, 21 November 2021 06:01
Hukum Islam Adalah Hukum Kekal, Inilah Karakteristik dan Perbedaannya dengan Hukum Konvensional
Hukum Islam memiliki karakteristik berbeda dengan hukum-hukum lainnya di dunia ini.

Dream – Keberadaan hukum Islam sangatlah penting bagi seluruh umat Muslim. Tak bisa dipungkiri umat Muslim tentu akan menemui suatu permasalahan dalam menjalani hidup di dunia ini. Untuk bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan jalan yang baik dan sesuai dengan perintah Allah SWT, maka hukum Islam lah yang memegang peranan besar dalam prosesnya.

Hukum Islam sendiri sudah pasti berlandaskan pada Al-Quran yang sudah diyakini semua Muslim akan memberikan kebaikan bagi manusia, baik di dunia maupun di akhirat. Namun, bisa saja ada beberapa umat Islam yang belum mengerti secara jelas tentang apa itu sebenarnya hukum Islam.

Hukum islam adalah suatu jalan yang dilalui oleh manusia, terutama umat Muslim untuk menuju jalan Allah SWT. Di dalamnya ada berbagai peraturan yang mengatur kehidupan manusia agar tetap menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya.

Nah, bagi sahabat Dream yang ingin mengetahui lebih jelas tentang apa itu hukum Islam dan bagaimana karakteristiknya serta perbedaannya dengan hukum konvensional, berikut sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Pengertian Hukum Islam

Pengertian Hukum Islam© Pixabay.com

Sahabat Dream mungkin sudah cukup sering mendengar istilah hukum Islam. Tetapi dari segi pengertiannya sendiri, belum banyak yang mengetahuinya. Nah, melalui tulisan ini sahabat Dream bisa mendapatkan sedikit pemahaman tentang apa itu hukum Islam.

Sebagaimana dikutip dari islamkita.com, hukum islam adalah syariat Islam, yang mana jalan tersebut dilalui oleh umat manusia untuk bisa menuju jalan Allah SWT. Hukum islam adalah hukum atau pun peraturan yang memiliki tujuan untuk mengatur berbagai urusan yang berhubungan dengan umat Islam dalam upaya mengatasi masalah di dunia maupun di akhirat.

Sedangkan menurut Muhammad ‘Ali At-Tahanawi dalam Kisyaaf Ishthilaahaat al-Funun, syariat Islam atau hukum islam adalah hal-hal yang mencakup tentang ajaran Islam. Bidang-bidang yang dibahas berupa ibadah, akhlak, aqidah, serta bidang kemasyarakatan (muamallah).

Selain itu, hukum islam adalah segala aturan yang sudah ditetapkan oleh Allah SWT yang digunakan untuk mengatur hubungan antara manusia dengan Allah SWT, dengan sesama muslim, dengan makhluk hidup lainnya, dan tak ketinggalan dengan alam di sekelilingnya yang juga adalah ciptaan Allah SWT.

2 dari 3 halaman

Karakteristik Hukum Islam

Karakteristik Hukum Islam© Pixabay.com

Hukum islam adalah hukum yang memiliki karakteristik berbeda dengan hukum-hukum lainnya yang ada di dunia ini. Sehingga sahabat Dream bisa melihat dengan sangat jelas tentang perbedaan tersebut.

Menurut Muhammad Yusuf Musa ada enam karakteristik dasar dari hukum Islam. Karakteristik tersebut adalah sebagai berikut:

1. Dasar-dasarnya yang umum berasal dari wahyu Allah SWT

2. Aturan-aturan hukum Islam dibuat dengan dorongan agama dan moral

3. Balasan hukum Islam didapatkan di dunia dan akhirat

4. Kecenderungan hukum Islam komunal

5. Dapat berkembang sesuai dengan lingkungan, waktu, dan tempat

6. Tujuan hukum islam adalah mengatur dan memberikan kemudahan bagi kehidupan privat dan publik serta membahagiakan dunia seluruhnya.

Kemudian karakteristik hukum Islam menurut Fathurrahman Djamil terdapat lima karakteristik sebagai berikut:

1. Sempurna

2. Elastis

3. Universal dan dinamis

4. Sistematis

5. Bersifat ta’aqquli dan ta’abbudi

3 dari 3 halaman

Perbedaan Hukum Islam dan Hukum Konvensional

Perbedaan Hukum Islam dan Hukum Konvensional© Pixabay.com

Setelah mengetahui bahwa hukum Islam adalah aturan yang sudah ditetapkan Allah SWT, maka hukum ini tentu saja berbeda dengan hukum konvensional. Dari penamaannya saja kita kita mengetahui bahkan hukum Islam adalah hukum yang dibuat tanpa melanggar ketentuan yang ditetapkan Allah SWT. Sedangkan hukum konvensional adalah hasil produksi dari pikiran manusia.

Berikut adalah perbedaan antara hukum Islam dengan hukum konvensional yang perlu sahabat Dream ketahui sebagaimana telah dikutip oleh Dream melalui Republika.co.id.

Sumber Hukum

Perbedaan yang pertama terletak pada sumber hukumnya. Sumber hukum Islam adalah dari Allah SWT. Di mana dalam hukum ini merepresentasikan tentang sifat, kekuasaan, kesempurnaan, keagungan, dan pengetahuan Allah SWT. Baik itu yang sudah pernah terjadi maupun yang akan terjadi di masa depan. Apa yang sudah menjadi ketetapan Allah SWT tidaklah bisa diubah lagi bagaimana pun caranya.

Sedangkan hukum konvensional bersumber dari pemikiran manusia yang sifatnya adalah temporal. Akal manusia menjadi hal yang utama dalam proses pembuatan hukum konvensional. Sehingga bukan menjadi hal yang mustahil bahwa hukum konvensional juga memiliki kelemahan.

Kaidah Hukum

Lalu perbedaan berikutnya adalah dari segi kaidah hukum. Hukum islam adalah kaidah yang sudah diciptakan oleh Allah SWT dan sifatnya adalah permanen. Hukum ini mengatur segala urusan masyarakat yang bersifat sangat fleksibel. Sehingga mampu untuk memenuhi kebutuhan seluruh masyarakat meskipun sampai akhir zaman.

Sedangkan hukum konvensional merupakan kaidah yang ditujukan pada masyarakat saat itu juga, tetapi tidak untuk masyarakat di masa depan. Hukum konvensional ini pun bersifat dinamis dan bisa berubah kapan saja sesuai dengan kondisi masyarakat ketika itu.

Dasar Hukum

Dasar hukum islam adalah hukum yang memiliki peran untuk membentuk individu yang saleh serta tatanan dunia yang lebih ideal. Sehingga urusan yang diatur dalam hukum islam adalah lebih dari kehidupan masyarakat.

Sedangkan hukum konvensional lebih kepada mengatur kehidupan masyarakat, tetapi tidak untuk mengarahkan kehidupan manusia. Oleh karena itu, hukum ini tidaklah permanen, tetapi bisa berubah-ubah kapan saja dengan mengikuti perkembangan zaman.

Beri Komentar