Hukum Kurban dengan Kerbau dalam Islam

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila
Kamis, 30 Juli 2020 20:00
Hukum Kurban dengan Kerbau dalam Islam
Di beberapa daerah di Indonesia, banyak masyarakat yang menggunakan kerbau sebagai kurban. lalu bagaimana hukumnya dalam islam? Berikut penjelasannya

Dream - Kurban menjadi salah satu amalan yang dilakukan menjelang Idul Adha. Dalam Islam, hewan yang termasuk syarat kurban adalah unta, sapi, dan kambing. 

Namun beberapa daerah di Indonesia, masih didapati masyarakat yang menjadikan kerbau sebagai hewan kurban. Selain karena hanya memiliki kerbau, masyarakat banyak dipengaruhi oleh tradisi di daerah.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah menyembelih kurban unta dan sapi untuk tujuh orang. Diriwayatkan dari sahabat Jabir bin Abdillah beliau berkata

“ Kita bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pada saat perang Hudaibiyah menyembelih hewan unta untuk tujuh orang dan sapi untuk tujuh orang” (HR Imam Muslim).

Lalu bagaimana hukum berkurban dengan kerbau? Berikut penjelasannya. 

1 dari 2 halaman

Hukum Berkurban Kerbau

Kerbau merupakan salah satu dari spesies sapi, sehingga hukum berkurban menggunakan kerbau sama saja dengan berkurban menggunakan sapi, yaitu sah dan mencukupi untuk tujuh orang.

Bagi yang hendak berkurban dengan kerbau, ketentuan dan syaratnya juga sama persis dengan berkurban sapi, yakni minimal berumur dua tahun dan memasuki tahun ketiga.

 

2 dari 2 halaman

Sah Berkurban dengan Kerbau

Syekh Muhammmad Nawawi bin Umar al Jawi berkata:

Dan (mencukup dalam kurban) yaitu hewan yang berumur dua tahun dan memasuki tahun ketiga dari sapi yang jinak. Dan termasuk ke dalam jenisnya sapi adalah kerbau yang jinak. Dan dikecualikan dari sapi/ kerbau jinak yaitu sapi/ kerbau liar, maka tidak cukup untuk dijadikan kurban walaupun termasuk ke dalam jenisnya sapi/ kerbau. Dan tidak ditemukan dari selain keduanya istilah hewan yang liar. (Syekh Muhammmad Nawawi bin Umar al Jawi, Tausyikh ‘Ala Ibni Qosim, Surabaya: Nur al Huda, hal. 269).

Dari keterangan di atas dapat dipahami bahwa berkurban dengan hewan kerbau adalah sah, dan hukumnya sama dengan berkurban dengan sapi, sebab kerbau merupakan hewan yang masih terkategorikan sebagai spesies dari sapi.

Sumber NU Online

Beri Komentar