Guyon Ketum PBNU Tentang Gus Dur dan Abu Nawas Saat Mau Ditanya Munkar-Nakir

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Senin, 11 Mei 2020 19:01
Guyon Ketum PBNU Tentang Gus Dur dan Abu Nawas Saat Mau Ditanya Munkar-Nakir
Humor ini disampaikan Ketum PBNU KH Said Aqil Siraj dalam sebuah pengajian.

Dream - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, KH Said Aqil Siraj, berbagi kisah jenaka seputar Gus Dur. Dia juga menyinggung soal kisah Abu Nawas di suatu pengajian.

Menurut Kiai Said, ada kesamaan antara Gus Dur dengan Abu Nawas. Dalam kisah jenaka yang dia tuturkan, dua tokoh tersebut sama-sama pernah mengelabui malaikat munkar dan nakir, tentu tidak dalam arti sebenarnya.

Kiai Said mengatakan malaikat munkar-nakir tidak pernah berkesempatan bertanya kepada Gus Dur di alam kubur. Sebabnya, makam Gus Dur tidak pernah sepi dari peziarah.

" Karena malaikat itu akan datang ketika pengantar jenazah paling terakhir meninggalkan makam tujuh langkah," ujar Kiai Said dikutip dari NU online.

Pengasuh Pondok Pesantren Luhur Al-Tsaqafah Jakarta ini melanjutkan makam Gus Dur tidak pernah sepi dari awal hingga kini.

" Ketika malaikat mau nanya, eh ternyata masih ada orang, gak jadi. Begitu terus sampai sekarang makam Gus Dur tidak pernah sepi dari peziarah," jelasnya.

1 dari 4 halaman

Kisah Abu Nawas

Kiai Said juga bercerita soal Abu Nawas yang berhasil mengelabui malaikat di alam kubur. Dikatakan, Abu Nawas sebelum wafat berpesan terlebih dulu kepada anaknya.

" Nanti kalau ayah mati, tubuh ayah ingin dibalut kain kafan yang paling lusuh. Bahkan kalau bisa yang sudah dekil, kumal, atau yang sudah robek-robek," kata Kiai Said.

Sang anak penasaran lantaran pesan yang tak masuk akal itu. Tetapi Abu Nawas sama sekali tidak membeberkan alasan mengapa sampai meninggalkan wasiat seperti itu.

" Singkat cerita, Abu Nawas wafat. Tubuhnya dipakaikan kain kafan sesuai permintaannya itu," jelas Kiai Said.

Saat pengantar jenazah Abu Nawas yang paling terakhir sudah tujuh langkah meninggalkan makam, malaikat Munkar Nakir datang bermaksud ingin bertanya kepada Abu Nawas.

" Oh, salah masuk nih, ini orang lama ternyata," kata Kiai Said, meniru ucapan Munkar Nakir yang membuat hadirin tertawa.

2 dari 4 halaman

Cerita Jenaka Ketika Cak Nun Dijahili Gus Dur

Dream - Presiden keempat Indonesia, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dikenal sebagai sosok yang jenaka. Tidak jarang, Gus Dur membuat candaan dengan menjadikan rekan bicaranya sebagai target.

Pengalaman ini pernah dirasakan oleh Emha Ainun Najib atau Cak Nun. Cendekiawan yang tinggal di Yogyakarta itu mengaku pernah menjadi korban keisengan Gus Dur.

Pengalaman unik itu diceritakan Cak Nun ketika mengisi suatu pengajian. Akun Instagram @ulama.nusantara kembali mengunggah momen jenaka tersebut.

Dalam video singkat, Cak Nun mengaku kerap dikerjai Gus Dur. Meski begitu, Cak Nun sama sekali tidak pernah marah dengan ulah Gus Dur.

" Kami tidak pernah jengkel-jengkelan, tidak ada ceritanya aku dan Gus Dur jengkel-jengkelan," ujar Cak Nun.

Cak Nun kemudian bercerita, suatu hari hendak mengisi ceramah di sebuah pesantren. Ketika akan ceramah, pakaiannya tidak ada.

3 dari 4 halaman

Cak Nun Kebingungan

Cak Nun sempat kebingungan mencari bajunya. Barulah ketahuan pelaku adalah Gus Dur.

" Akhirnya saya keluar (cuma) pakai kaos. Trus Gus Dur, 'Cak, nggak bawa baju ya?" kata Cak Nun, disambut gelak tawa hadirin.

Kisah jenaka ini mendapat tanggapan menarik dari para warganet. Sebagian dari mereka terinspirasi dengan interaksi ulama Indonesia yang begitu cair.

" Beruntung nya org2 yg pernah mengalami kehidupan dgn seorang Gus dur," tulis @ratihfatimahumar.

" Ulama ku doyan humor bukan sing sangar-sangaran," tulis akun @my_fadhil.

Beri Komentar