Ini Hukum Mengejek Orang yang Berbuat Dosa

Reporter : Sandy Mahaputra
Rabu, 9 Desember 2015 20:00
Ini Hukum Mengejek Orang yang Berbuat Dosa
Menganggap orang lain lebih buruk dibanding dirinya karena telah melakukan dosa tersebut.

Dream - Manusia merupakan makhluk ciptaan Allah SWT yang tidak pernah luput dari perbuatan dosa. Banyak diantara mereka yang melakukan dosa tersebut secara sengaja ataupun tidak.

Namun anehnya, meskipun sama-sama sering berbuat dosa ada saja manusia yang mengejek manusia lainnya karena melakukan perbuatan dosa. Mereka menganggap orang lain lebih buruk dibanding dirinya karena telah melakukan dosa tersebut.

Orang yang demikian ini selalu beranggapan bahwa ia jauh lebih baik sehingga meremehkan orang lain. Lalu bagaimanakah hukum Islam terkait manusia yang mengejek orang lain yang berbuat dosa?

Dalam Islam mengejek orang yang berbuat dosa itu hukumnya adalah tidak diperbolehkan dan justru akan mengakibatkan orang yang melakukan perbuatan tersebut akan mendapatkan dosa.

Dari Mu’adz bin Jabal, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

" Siapa yang menjelek-jelekkan saudaranya karena suatu dosa, maka ia tidak akan mati kecuali mengamalkan dosa tersebut." (HR. Tirmidzi)

Sebagai manusia, seharusnya kita tidak boleh merasa diri bisa selamat dari dosa sehingga meremehkan orang lain yang berbuat dosa. Maksud meremehkan di sini adalah ia menyombongkan diri karena tidak melakukan dosa yang demikian. Selengkapnya klik di sini.

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

Ayo berbagi traffic di sini!

Beri Komentar