Inilah 3 Peristiwa Bersejarah Selama Bulan Ramadan di Masa Nabi Muhammad SAW

Reporter : Ulyaeni Maulida
Selasa, 11 Mei 2021 09:00
Inilah 3 Peristiwa Bersejarah Selama Bulan Ramadan di Masa Nabi Muhammad SAW
Apasaja peristiwa bersejarah tersebut?

Dream - Banyak peristiwa penting dan bersejarah terjadi selama bulan Ramadan. Peristiwa ini terjadi di masa Nabi Muhammad SAW dan menjadikan Ramadan sebagai salah satu bulan yang dimuliakan bagi Umat Muslim.

Pada bulan Ramadan, segala perbuatan baik akan dilipatgandakan pahalanya. Bulan ini juga menjadi bulan penuh rahmat dan pengampunan bagi hamba-Nya yang bertaubat. Selain itu, ada pula malam Lailatul Qadar yang banyak dinantikan.

Alquran pertama kali diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW pada bulan Ramadan. Selain itu ada pula peristiwa penting lain yang terjadi di bulan Ramadan.

Apa saja peristiwa bersejarah tersebut? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1 dari 3 halaman

Peristiwa Turunnya Alquran

Ilustrasi© Pexels.com

Peristiwa pertama adalah diturunkannya Alquran kepada Nabi Muhammad SAW pada 17 Ramadan. Tepatnya 13 tahun sebelum Nabi Muhammad SAW hijrah.

Ketika Nabi tengah berdiam diri di Gua Hira untuk menjalankan ibadah yang khusyuk, saat itulah Malaikat Jibril datang dan menyuruh Nabi Muhammad SAW untuk membaca. Tetapi Nabi Muhammad SAW kala itu menjawab tidak bisa.

Begitu sampai perintah itu diulang tiga kali, jawaban Nabi Muhammad SAW masih sama. Kemudian, Malaikat Jibril membacakan wahyu pertama, yaitu surat Al-Alaq ayat 1-5.

2 dari 3 halaman

Terjadinya Perang Badar

Peristiwa bersejarah selanjutnya juga terjadi pada 17 Ramadan, atau bertepatan dengan tahun kedua hijriah. Perang Badar merupakan perang yang menandai awal kejayaan kaum muslimin.

Kala itu, Nabi Muhammad SAW hanya datang bersama 313 pasukan untuk menghadapi musuh yang berjumlah 950 pasukan. Namun, tak ada sedikitpun ketakutan dalam diri Nabi dan pasukannya. 

Atas izin Allah dan keberanian yang luar biasa, Nabi dan pasukannya berhasil mengalahkan musuh. Dengan kemenangan tersebut Nabi Muhammad SAW kembali ke Madinah dengan sambutan yang sangat indah dan meriah.

 

 

3 dari 3 halaman

Pembebasan Kota Mekkah

Ilustrasi© Dream.co.id

Peristiwa besar selanjutnya ini terjadi pada 20 Ramadan tahun 8 hijriah, yaitu peristiwa Fathu Makkah atau Penaklukan Kota Mekkah. Nabi Muhammad SAW berhasil menaklukkan Kota Mekkah dalam suatu perang yang dipicu oleh ingkarnya orang Quraisy terhadap satu perjanjian dari beberapa perjanjian Hudaibiyyah.

Saat itu, Nabi bersama 10 ribu pasukan Muslim sedang dalam keadaan berpuasa. Khalid bin Walid yang diamanahkan menjadi panglima perang diperintahkan agar tidak menyerang sebelum diserang.

Peperangan antara pasukan Nabi dan kafir Quraisy pun tidak bisa dihindarkan lagi. Hingga akhirnya, pasukan muslim berhasil mengalahkan pasukan Quraisy. Mereka menyerah dan semua berhala pun dihancurkan.

Selepas itu, kaum Muslimin mengumandangkan takbir, Rasulullah sholat di Maqam Ibrahim dan meminum air Zam Zam. Pasukan Quraisy yang telah menyerah pun diberikan maaf oelh Rasulullah dan membebaskan mereka.

(Sumber: islam.nu.or.id)

Beri Komentar