Inilah Sejarah Hari Ayah Sedunia, Tahun Ini Jatuh Pada 21 Juni 2020

Reporter : Ulyaeni Maulida
Senin, 22 Juni 2020 16:00
Inilah Sejarah Hari Ayah Sedunia, Tahun Ini Jatuh Pada 21 Juni 2020
Nah, bagaimana kamu merayakan Hari Ayah?

Dream – Hari Ayah adalah sebuah momen istimewa untuk menghormati perjuangan para bapak. Di Indonesia, Hari Ayah diperingati setiap tanggal 12 November. Sedangkan Hari Ayah sedunia diperingati setiap minggu ke tiga bulan Juni. Itulah sebabnya Hari Ayah selalu jatuh pada tanggal yang berbeda setiap tahunnya.

Hari Ayah di Indonesia pertama kali dinyatakan pada tahun 2006 di Balai Kota Solo dan dihadiri oleh ratusan orang dari berbagai kelompok masyarakat. Termasuk orang-orang dari komunitas komunikasi antar agama.

Biasanya Hari Ayah dirayakan dengan memberikan hadiah kepada ayah. Serta melakukan berbagai kegiatan bersama keluarga. Peringatan ini sebagai bentuk terimakasih atas segala perjuangan ayah yang menjadi tulang punggung, pelindung, dan juga sandaran didalam keluarga.

1 dari 2 halaman

Sejarah Hari Ayah Sedunia

Fathers day© Shutterstock

 

Hari Ayah sedunia tahun ini jatuh pada tanggal 21 Juni 2020. Peringatan hari ayah merupakan sebuah momen untuk menunjukkan rasa terima kasih kepada ayah.

Dilansir dari nationalgeographic.com, Hari Ayah berawal dari perjuangan Sonora Louise Smart Dodd, yang bersama lima saudaranya ditinggal ibunya meninggal sedari mereka kecil.

Pada 1909, ketika Dodd mendengarkan khotbah tentang peringatan Hari Ibu. Sejak saat itu, ia mulai berpikir agar Hari Ayah juga perlu diperingati. Terutama karena ia melihat bagaimana perjuangan sang ayah membesarkannya dan adik-adiknya.

Dood pun berjuang, agar Hari Ayah dapat ditetapkan menjadi salah satu hari yang berada di level nasional. Awal perjuangannya begitu sulit. Namun, ia tak pernah menyerah. Dodd terus mengkampanyekan tentang Hari Ayah.

Akhirnya, Presiden AS Richard Nixon menandatangani resolusi menjadi undang-undang dua tahun kemudian. Kampanye Dodd selama 65 tahun itu akhirnya membuahkan hasil. Kerja kerasnya pun akhirnya berhasil membuat negara bagian Washington resmi menetapkan hari ayah pertama, tepat pada 19 Juni 1910.

Ketika Hari Ayah untuk pertama kalinya diperingati di Spokane, sebuah keluarga menghormati ayah mereka dengan memberikan bunga mawar merah bagi ayah yang masih ada. Dan bunga mawar putih untuk yang ayahnya telah meninggal dunia.

Hari Ayah atau Father’s Day kemudian diperingati setiap minggu ketiga tiap bulan Juni. Karena itulah peringatannya selalu berbeda tiap tahunnya.

Hari Ayah di negara lain dirayakan dalam waktu yang berbeda. Serbia setiap 6 Januari, Korea Selatan pada 8 Mei, sementara di sebagian Eropa dan Timur Tengah di tanggal 19 November.

2 dari 2 halaman

Sejarah Hari Ayah di Indonesia

Fathers day© Pexels.com

Jika peringatan Hari Ayah sedunia jatuh pada minggu ketiga tiap bulan Juni, maka di Indonesia sendiri Hari Ayah jatuh pada tanggal setiap 12 November.

Dilansir dari sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id, peringatan Hari Ayah di Indonesia di prakarsai paguyuban Satu Hati, lintas agama dan budaya yang bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP). Tahun 2014, PPIP mengadakan peringatan Hari Ibu di Solo dengan cara mengadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ibu.

Acara tersebut mendapat sambutan cukup baik dan mendapatkan sekitar 70 surat terbaik yang kemudian dibukukan. Beberapa surat terbaik tersebut dibacakan oleh peserta yang terdiri dari anak-anak usia SD, SMP, SMA, Mahasiswa serta umum. Moment tersebut kian mengharukan ketika anak-anak yatim piatu melakukan sungkeman pada ibu-ibu dari Panti Jompo.

Usai acara, panitia penyelenggara dibuat terkejut dengan pertanyaan para peserta, ”Kapan diadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ayah? Kapan Peringatan Hari Ayah? Kami pasti ikut lagi.”

Pertanyaan tersebut menggugah hati untuk mencari tahu kapan Hari Ayah diperingati di Indonesia. PPIP berusaha mencari informasi tentang hari ayah, hingga audiensi ke DPRD kota Surakarta.

Deklarasi Hari Ayah pada 12 November 2006 digelar di Pendapo Gede Balai Kota Solo, Jawa Tengah. Sejak itu setiap tanggal 12 November, diperingati sebagai Hari Ayah di Indonesia.

Beri Komentar