Waktu Paling Utama Menyembelih Hewan Kurban

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 31 Juli 2020 06:02
Waktu Paling Utama Menyembelih Hewan Kurban
Penyembelihan hewan kurban harus dilakukan pada waktu yang telah ditentukan.Jika dilakukan di luar waktu tersebut maka kurban tidak sah.

Dream – Waktu penyembelihan hewan kurban ada empat hari. Namun ternyata ada waktu tertentu yang menjadi paling utama untuk dilakukannya penyembelihan hewan kurban.

Menurut Imam Syafi’i, waktu penyembelihan hewan kurban ada empat hari yaitu hari Idul Adha pada tanggal 10 Dzulhijjah usai sholat ‘id, dan hari Tasyrik yaitu 11, 12, 13 Dzulhijjah.

Penyembelihan hewan kurban harus dilakukan pada waktu yang telah ditentukan. Jika dilakukan di luar waktu itu maka kurban tidak sah.

Banyaknya waktu penyembelihan hewan kurban itu, lantas mana yang lebih baik antara menyembelih hewan kurban di hari raya Idul Adha atau hari Tasyrik?

1 dari 3 halaman

Waktu Paling Utama

Ilustrasi© kemenpora.go.id

Waktu penyembelihan hewan kurban dimulai sejak selesainya sholat Idul Adha hingga terbenamnya matahari pada hari terakhir di hari Tasyrik.

Meskipun waktu penyembelihan ada empat hari, para ulama sepakat menganjurkan supaya hewan kurban disembelih sesegera mungkin.

Waktu paling utama untuk melakukan penyembelihan hewan kurban adalah pada tanggal 10 Dzulhijjah, tepat saat Hari Raya Idul Adha. Menyembelih hewan kurban pada saat Idul Adha lebih baik dan lebih utama daripada hari Tasyrik.

2 dari 3 halaman

Menyegerakan Kebaikan

Ilustrasi© Merdeka.com

Waktu utama penyembelihan hewan kurban di hari raya Idul Adha itu telah tercatat di dalam kitab Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyyah Al-Kuwaitiyyah.

Dalam kitab tersebut disebutkan bahwa berkurban sama dengan berbuat kebaikan, maka menyegerakan berkurban adalah sama halnya menyegerakan kebaikan.

“ Dianjurkan agar segera menyembelih hewan kurban. Menyembelih hewan kurban pada hari pertama (Hari raya Idul Adha) lebih utama dibandingkan hari-hari setelahnya (hari-hari tasyrik). Ini karena dinilai menyegerakan kebaikan, dan Allah sudah berfirman: Dan segeralah kalian menjemput ampunan dari Tuhan kalian dan surge yang lebarnya seluas langit dan bumi, yang mana dijanjikan pada orang-orang yang bertakwa.”

3 dari 3 halaman

Sesuai Petunjuk Rasulullah Saw.

Ilustrasi© Liputan6.com

Dasar dalil waktu paling utama menyembelih hewan kurban saat hari raya Idul Adha juga didukung oleh petunjuk Nabi Muhammad SAW. Hal ini sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Imam Abu Dawud, dan Imam Tirmidzi.

“ Aku menghadiri sholat Idul Adha bersama Rasulullah Saw di Mushalla (tanah lapang). Setelah beliau berkhutbah, beliau turun dari mimbarnya dan didatangkan kepadaya seekor kambing. Kemudian Rasulullah Saw menyembelihnya dengan tangannya, sambil mengatakan: Dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar. Kambing ini dariku dan dari orang-orang yang tidak berkurban dari umatku.”

Rasulullah SAW, menyembelih hewan kurban pada hari raya Idul Adha, tepatnya setelah beliau melakukan sholat Idul Adha.

Ini menunjukkan bahwa menyembelih hewan kurban pada hari raya Idul Adha merupakan sunnah dan sesuai tindakan Nabi SAW. Penyembelihan pada hari-hari Tasyrikh tetap sah da boleh dilakukan sesuai keadaan.

 

Sumber: Bincang Syariah

Beri Komentar