Jadwal Buka Puasa 9 Mei 2019, Ini Hal Perlu Dihindari Saat Shaum

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 9 Mei 2019 15:20
Jadwal Buka Puasa 9 Mei 2019, Ini Hal Perlu Dihindari Saat Shaum
Tiga hal ini sebenarnya termasuk sunah, namun sebaiknya dihindari.

Dream - Waktu berbuka puasa biasanya jadi momen paling dinanti umat Islam yang tengah menjalani shaum. Setelah menahan lapar dan dahaga seharian, suara azan magrib jadi yang paling dirindukan saat Ramadan.

Sejatinya, puasa adalah amalan ibadah dengan menahan diri. Lazimnya, orang memahami yang ditahan adalah makan dan minum, berhubungan badan, maupun berperilaku dan berkata buruk.

Ketentuan menahan itu berlaku, sebagaimana banyak dijelaskan oleh para ulama fikih, mulai terbit fajar hingga terbenam matahari.

Tetapi, para ulama memperluas perkara yang membatalkan puasa. Tidak hanya makan dan minum, ada sejumlah hal yang perlu dihindari.

Dikutip dari NU Online, 'Izzudin Ibnu 'Abdul Salam dalam Maqashid Al Shaum menjelaskan ada tiga hal yang perlu dihindari saat puasa.

Hal pertama yaitu mencium istri atau suami. Meski tanda kasih sayang, hal ini perlu dihindari apalagi bagi orang yang tidak kuat menahan syahwat.

Dalam hadis riwayat Bukhari, Aisyah RA mengatakan dia pernah dicium Rasulullah Muhammad SAW saat berpuasa. Tetapi, terdapat catatan Rasulullah adalah orang yang sangat pandai mengendalikan syahwat.

1 dari 2 halaman

Memasukkan Air ke Hidung dan Berbekam

Kedua, memasukkan air ke dalam hidung (istinsyaq). Hal ini sebenarnya merupakan sunah wudu, namun dianjurkan untuk dihindari karena dikhawatirkan air dapat masuk ke dalam tubuh sehingga puasa menjadi batal.

Sedangkan hal ketiga yaitu berbekam. Bekam adalah metode pengobatan sunah dan bermanfaat bagi tubuh, namun lebih baik dihindari ketika sedang berpuasa.

Berbekam di siang hari Ramadan membuat tubuh menjadi lemah. Hal itu dapat mendorong seseorang untuk membatalkan puasa.

 

2 dari 2 halaman

Jadwal Berbuka Puasa 9 Mei 2019

Ramadan adalah bulan penuh keberkahan yang bisa diraih dengan segala amalan sholeh. Termasuk pula di antaranya sedekah.

Bersedekah saat Ramadan, apalagi jika dalam bentuk makanan untuk berbuka orang yang berpuasa mendapat ganjaran yang sangat besar. Pahala orang yang sedekah makanan berbuka setara dengan pahala orang berpuasa.

Berikut jadwal buka puasa 9 Mei 2019 untuk Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya.

Jadwal Buka Puasa Jakarta

 Jadwal Buka Puasa Jakarta 9 Mei 2019

Kredit: bimasislam.kemenag.go.id

Jadwal Buka Puasa Yogyakarta

 Jadwal Buka Puasa Yogyakarta 9 Mei 2019

Kredit: bimasislam.kemenag.go.id

Jadwal Buka Puasa Surabaya

 Jadwal Buka Puasa Surabaya 9 Mei 2019

Kredit: bimasislam.kemenag.go.id

Beri Komentar
Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham