Jadwal Buka Puasa 25 Mei 2019, Anjuran Rasulullah untuk Iftar Bersama

Reporter : Ahmad Baiquni
Sabtu, 25 Mei 2019 16:28
Jadwal Buka Puasa 25 Mei 2019, Anjuran Rasulullah untuk Iftar Bersama
Buka puasa bersama tidak sekadar acara makan. Ada nilai silaturahmi di dalamnya.

Dream - Beberapa hari belakangan, mungkin kita kerap mendapat undangan untuk buka puasa bersama. Entah itu teman sekolah dulu, alumni kampus, maupun relasi.

Buka puasa bersama tidak sekadar acara makan-makan namun ada nilai silaturahmi di dalamnya. Apalagi, menyambung silaturahmi saat Ramadan merupakan amalan yang baik.

Dikutip dari Laduni.id, berbuka puasa bersama sebenarnya merupakan anjuran Rasulullah Muhammad SAW. Dalam sebuah riwayat, para sahabat bertanya kepada Rasulullah mengapa bisa makan tapi tidak kenyang.

Para sahabat bertanya, " Mengapa makan tidak kenyang?" Rasulullah kemudian balik bertanya, " Apa kalian makan sendiri-sendiri?" Mereka pun menjawab " Iya, Rasulullah."

Rasulullah kemudian memberikan saran kepada para sahabat. " Makanlah kalian bersama-sama dan bacalah basmalah, maka Allah akan memberikan berkah kepada kalian."

Para sahabat juga pernah menyebut Rasulullah tidak pernah makan sendirian. Selain itu, Rasulullah juga bersabda sebaik-baiknya makanan adalah yang dimakan dengan banyak tangan.

Buka puasa bersama mengadung keberkahan seperti rasa kebersamaan serta terjalinnya komunikasi sesama manusia. Hal itu dapat mengeratkan ukhuwah Islamiyah.

Namun begitu, jangan sampai buka puasa bersama menjadi momen mudarat. Misalnya diisi dengan bergunjing dan sebagainya.

2 dari 2 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Cantik Saat Bukber dalam 1 Menit? Ini Tutorialnya | #OneMinuteWithDream