Jadwal Imsak 25 Mei 2019, Waktu Tibanya Lailatul Qadar

Reporter : Ahmad Baiquni
Sabtu, 25 Mei 2019 02:45
Jadwal Imsak 25 Mei 2019, Waktu Tibanya Lailatul Qadar
Ini rumusan jatuhnya Lailatul Qadar berdasarkan pengalaman para ulama.

Dream - Jadwal imsak hari ini, Sabtu, 25 Mei 2019 telah memasuki hari terakhir untuk 10 hari kedua Ramadan 1440 H. Selain menjalankan puasa, mari kita mulai isi 10 hari terakhir Ramadan ini dengan banyak menjalankan amalan ibadah.

Sejak datangnya waktu imsak hingga berbuka puasa, kita bisa menjalani ibadah puasa dengan khusyuk. Dan malam harinya, bisa dilalui dengan sholat tarawih atau tadarus Quran.

Salah satu keistimewaan yang terkandung di 10 hari terakhir Ramadan adalah keberadaan Lailatul Qadar. Malam seribu bulan ini bukan imaji karena Alquran sampai mengabadikan malam istimewa ini dalam satu surat, Al Qadr ayat 1 sampai 5.

Lailatul Qadar merupakan malam yang sangat istimewa. Bahkan keutamaannya bahkan melebihi seribu bulan.

Tetapi, tidak ada yang tahu kapan datangnya malam penuh berkah ini. Para ulama pun berbeda pendapat mengenai waktu datangnya Lailatul Qadar.

Dikutip dari Islami, Imam Al Hafiz Al Iraqi dalam Fadhailu Waalami Lailatil Qadar menyebut terdapat 27 pendapat mengenai Lailatul Qadar. Perbedaan mencakup waktu turunnya Lailatul Qadar tiap tahun apakah sama atau berbeda.

Imam An Nawawi berpandangan Lailatul Qadar jatuh di malam yang berbeda setiap tahun. Sejumlah hadis menunjukkan adanya perbedaan waktu jatuhnya malam mulia ini.

1 dari 2 halaman

Rumusan Ulama

Para ulama yang mendapatkan kesempatan dari Allah SWT bisa menemui Lailatul Qadar mencatat pengalaman mereka. Mereka juga memberikan kaidah kapan Lailatul Qadar turun.

Catatan itu menyebut apabila puasa dimulai hari Jumat, Lailatul Qadar jatuh pada 29 Ramadan. Puasa mulai Sabtu, Lailatul Qadar jatuh 21 Ramadan.

Apabila mulai puasa hari Minggu, malam istimewa itu jatuh pada 27 Ramadan. Mulai Senin, Lailatul Qadar jatuh pada 29 Ramadan.

Jika mulai pada Selasa, Lailatul Qadar berlangsung pada tanggal 25 Ramadan. Mulai puasa pada Rabu, malam lebih baik dari seribu bulan ini jatuh pada 27 Ramadan. Dan jika puasa dimulai pada Kamis, maka Lailatul Qadar tiba pada 21 Ramadan.

 

2 dari 2 halaman

Jadwal Imsak 20 Ramadan 1440 H

Keterangan di atas merupakan catatan para ulama berdasarkan pengalamannya masing-masing. Namun demikian, kepastia turunnya Lailatul Qadar adalah rahasia Allah.

Untuk mendapatkan malam mulia ini, dianjurkan untuk berdiam diri dengan iktikaf di masjid. Juga dengan memperbanyak zikir dan membaca Alquran maupun sholat sunah di masjid.

Berikut jadwal imsak 20 Ramadan 1440 H, bertepatan dengan Sabtu, 25 Mei 2019.

Jadwal Imsak Jakarta

 Jadwal Imsak 20 Ramadan 1440 H Jakarta

Kredit: bimasislam.kemenag.go.id

Jadwal Imsak Semarang

 Jadwal Imsak 20 Ramadan 1440 H Semarang

Kredit: bimasislam.kemenag.go.id

Jadwal Imsak Malang

 Jadwal Imsak 20 Ramadan 1440 H Malang

Kredit: bimasislam.kemenag.go.id

Sedangkan jadwal imsak kota-kota lain di Indonesia, silakan buka pada tautan ini.

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik