Jadwal Imsak 27 Mei 2019 dan Ketentuan Iktikaf Bagi Wanita

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 27 Mei 2019 02:50
Jadwal Imsak 27 Mei 2019 dan Ketentuan Iktikaf Bagi Wanita
Wanita memerlukan izin suami untuk beriktikaf.

Dream - Jadwal imsak sudah memasuk hari ke-22 Ramadan. Ketika 10 hari terakhir Ramadan tiba, iktikaf menjadi amalan malam yang dianjurkan. Tujuannya demi mendapatkan kemuliaan Lailatul Qadar.

Biasanya masyarakat akan menjalani itikaf sejak sholat isya hingga menjelang waktu sahur atau usai datangnya imsak dan menjalani subuh berjamaah.

Kaum hawa dibolehkan untuk melaksanakan iktikaf di masjid. Tetapi, patut diperhatikan ketentuan syariat yaitu keberadaan izin suami.

Dikutip dari NU Online, keberadaan izin dari suami untuk istrinya beriktikaf, ulama berbeda pendapat. Tiga mazhab yaitu Hanafi, Syafi'i dan Hambali berpendapat izin suami adalah syarat bagi wanita untuk beriktikaf.

Berbeda dengan Mazhab Maliki. Mazhab ini memandang izin suami bukan termasuk syarat iktikaf bagi wanita. Sehingga, iktikaf seorang istri tanpa izin suaminya tetaplah sah.

Hal ini dijelaskan oleh Syeikh Wahbah Az Zuhayli dalam Al Fiqhul Islami wa Adillatuh.

" Izin suami atas istrinya menjadi syarat (itikaf) menurut mazhab Hanafi, Syafi’i, dan Hanbali. Itikaf perempuan tidak sah tanpa izin suaminya meski itu adalah itikaf nazar. Sedangkan mazhab Maliki berpendapat bahwa itikaf seorang perempuan tanpa izin suaminya tetap sah meski dosa."

 

2 dari 2 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Jefri Nicol Pertama Kali Nembak Cewek