Jadwal Imsak Kota Besar pada 14 Mei 2019, dan Hukum Minta Sedekah Memaksa

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 14 Mei 2019 03:01
Jadwal Imsak Kota Besar pada 14 Mei 2019, dan Hukum Minta Sedekah Memaksa
Meminta sedekah merupakan amalan yang dilarang dalam Islam.

Dream - Sambil santap sahur sambil menunggu waktu Imsak, mari kita dalami pengetahuan tentang sedekah yang merupakan amalan sangat dianjurkan dalam Islam.

Dengan sedekah, seseorang memberikan harta terbaiknya guna membantu kaum fakir miskin mengurangi beban hidupnya.

Namun demikian, Islam melarang adanya upaya meminta-minta sedekah. Bahkan ketika dalam kondisi sangat papa, seorang Muslim tidak dibolehkan sampai meminta.

Dalam Surat Al Baqarah ayat 273, Allah SWT berfirman,

(Berinfaklah) kepada orang-orang fakir yang terikat (oleh jihad) di jalan Allah, mereka tidak dapat (berusaha) di bumi, orang yang tidak tahu menyangka mereka orang kaya karena memelihara diri dari minta-minta. Kamu kenal mereka dengan melihat sifat-sifatnya, mereka tidak meminta kepada orang secara mendesak. Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan (di jalan Allah), maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahui.

Agar tak terlewat jadwal imsak untuk hari ini, Selasa, 14 Mei 2019 atau hari kesembilan Ramadan 1440 H, berikut jadwal imsakiyah dikutip Dream dari laman Kemenag.go.id:

Jadwal Imsak Jakarta

 Jadwal Imsak 9 Ramadan 1440 H Jakarta

(Sumber: bimasislam.kemenag.go.id)

Jadwal Imsak Bandung

 Jadwal Imsak 9 Ramadan 1440 Bandung

(Sumber: bimasislam.kemenag.go.id)

Jadwal Imsak Semarang

 Jadwal Imsak 9 Ramadan 1440 Semarang

(Sumber: bimasislam.kemenag.go.id)

 

1 dari 2 halaman

Minta Sedekah Tak Boleh Memaksa

Dikutip dari Bincang Syariah, Pakar tafsir Quraish Shihab dalam Tafsir Al Mishbah menjelaskan ayat ini berisi anjuran untuk berinfak kepada fakir miskin. Juga kepada mereka yang berjuang di jalan Allah hingga tidak sempat mencari nafkah.

Berjuang di jalan Allah mensyaratkan keikhlasan. Cirinya, mereka tidak meminta kepada orang lain apalagi dengan cara mendesak.

Ibnu Katsir dalam kitab Tafsir-nya menerangkan meminta sedekah harus dilakukan secara patut. Tidak boleh dengan cara yang memaksa.

 

2 dari 2 halaman

Dalil Hukum

Ibnu Katsir mendasarkan pendapatnya pada hadis riwayat Imam Ahmad.

Rasulullah SAW bersabda, " Orang miskin itu bukanlah orang yang meminta-minta satu atau dua biji kurma, dan tidak pula sesuap atau dua suap makanan, akan tetapi yang benar-benar miskin adalah prang yang ta'affuf atau menahan diri. Maka baca ayat ini, laa yas'aluunnasa ilhaafa, mereka tidak meminta kepara orang secara mendesak."

Memperbanyak sedekah di bulan Ramadan mengandung banyak sekali keutamaan. Salah satunya menebarkan semangat berbagi dan membantu mereka yang tidak mampu.

 

Beri Komentar
Lebih Dekat dengan Tiffani Afifa, Dokter Cantik Juara Kpop World Festival