Jangan Melamar Wanita Dipinang Orang Lain, Ini Bahayanya

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 19 Oktober 2018 14:28
Jangan Melamar Wanita Dipinang Orang Lain, Ini Bahayanya
Pinangan merupakan pertanda wanita terikat hubungan dengan pria.

Dream - Setiap Muslim dianjurkan melakukan khitbah atau pinangan sebelum melangsungkan pernikahan. Melalui khitbah, dua orang pria dan wanita dibolehkan saling melihat satu sama lain sesuai batasan tertenru.

Khitbah juga menjadi sarana untuk menetapkan kondisi pria dan wanita sedang terikat hubungan meskipun belum sepenuhnya halal. Artinya, ketika khitbah terjadi pada seorang wanita, maka tidak boleh ada pria lain yang mengajukan pinangan.

Dikutip dari Islami.co, hal ini seperti disampaikan Rasulullah Muhammad SAW dalam hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah RA.

" Janganlah meminang wanita yang telah dipinang saudaranya, dan janganlah menawar barang yang telah ditawar saudaranya."

Hadis ini menegaskan larangan Rasulullah SAW bagi setiap pria mengajukan pinangan kepada wanita yang telah dikhitbah. Apalagi sampai mengganggu proses khitbah tersebut dan termasuk perbuatan tercela.

1 dari 1 halaman

Ini Bahayanya

Dalam riwayat Bukhari dari Ibnu Umar RA, Rasulullah SAW sampai dengan tegas menyatakan larangan tersebut.

" Nabi SAW telah melarang sebagian kalian untuk berjual beli atas jual beli saudaranya. Dan janganlah seseorang meminang atas pinangan yang lain hingga peminang sebelumnya meninggalkannya, atau ia telah diizinkan peminang sebelumnya."

Imam Ad Dahiri sampai menyebut melamar pinangan orang lain tidak hanya haram namun juga maksiat. Bahkan apabila terjadi pernikahan maka dinyatakan rusak dan wajib dibatalkan, meskipun kebanyakan ulama menganggap pernikahan tersebut tidak rusak.

Hal ini sebagaimana dijelaskan Imam An Nawawi dalam kitabnya Al Majmu'

" Jika ada laki-laki melamar tunangan orang lain, kemudian berhasil menikah, maka dia telah berbuat maksiat. Nikahnya sah dan tidak rusak. Ini pendapat kami (ulama Syafiiyah) dan kebanyakan ulama. Namun Imam Daud berpendapat, nikahnya rusak."

Selengkapnya...

Beri Komentar
5 Kiat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Biar Nggak Gampang Sakit Bersama Tolak Angin