50 Kata-Kata Sindiran Bahasa Jawa, Wakili Perasaan Banget

Reporter : Ulyaeni Maulida
Rabu, 1 September 2021 09:05
50 Kata-Kata Sindiran Bahasa Jawa, Wakili Perasaan Banget
Kata-kata sindiran bahasa Jawa ini dapat jadi pilihan untuk ungkapkan rasa kecewa.

Dream – Dalam kehidupan, kadang kala kita merasa kesal terhadap seseorang. Alasannya pun bermacam-macam. Mulai dari teman hingga cinta yang tak berjalan mulus.

Untuk mengungkapkan rasa kesal itu, pun banyak cara dilakukan. Salah satunya melalui kata-kata sindiran bahasa Jawa.

Selain dapat melegakan perasaan, menggunakan kata-kata sindirian tentunya dapat mengurangi keributan.

Nah, berikut kata-kata sindirian bahasa Jawa yang dapat kamu gunakan kala hatimu merasa kesal.

1 dari 4 halaman

Kata-Kata Sindiran Bahasa Jawa

Kata-Kata Sindiran Bahasa Jawa© Foto: Instagram/statusjawa

Berikut kata-kata sindiran bahasa Jawa yang dapat jadi referensimu.

 

" Atose watu akik isih kalah karo atose omonganmu."

(Kerasnya batu akik masih kalah dengan omonganmmu)

" Nek ngomong ojo nhuwur-dhuwur. Mengko lambemu iso kesampluk pesawat."

(Kalau ngomong jangan ketinggian. Nanti mulutmu bisa kesenggol pesawat)

" Dunyo nambah tuek, arep ngenteni opo maneh, wes wayahe nglalekne mantan."

(Dunia makin tua, mau nunggu apa lagi, udah saatnya nglupain mantan.)

" Uripmu koyo wit gedhang. Duwe jantung, tapi ora nduwe ati."

(Hidupmu seperti pohon pisang. Punya jantung tapi tidak punya hati.)

" Witing tresno jalaran soko kulino, lunture tresno jalaran ono wong liyo."

( Cinta datang karena terbiasa, lunturnya cinta datang karena ada orang lain)

" Konco kok moro nek butuh tok. Rumangsamu aku pom bensin?"

(Teman kok kalau datang hanya pas butuh saja. Menurutmu aku ini pom bensin apa?)

" Niat kerjo, ora golek perkoro. Niat golek rejeki, ora golek rai. Ora balapan, opo maneh ugal-ugalan."

(Niat bekerja, bukan cari perkara. Niat mencari rezeki, bukan cari perhatian belaka. Bukan balapan, apalagi ugal-ugalan)

" Sak abot-abote masalahmu, nek ditimbang yo ra bakal payu."

(Seberat apa pun masalahmu, kalau ditimbang juga tidak akan laku)

" Dosa sing paling menyedihkan iku dosambat ora duwe duit."

(Dosa yang paling menyedihkan adalah yang mengeluh tidak punya duit.)

" Obat pahit ae marakke mari, mosok koe sing manis marakke loro."

(Obat yang pahit saja bisa bikin sembuh, masak kamu yang manis bikin sakit)

" Ojo sombong nek dadi duwuran, ning pasar duwuran regane sepuluh ewu entuk telu."

(Jangan sombong kalau jadi atasan. Di pasar, atasan diobral 10 ribu dapat tiga)

" Sakjane aku jek sayang, nanging aku sadar saiki aku gor mantan."

(Sejujurnya aku masih sayang, tetapi aku sadar sekarang aku hanya seorang mantan)

" Tresnomu koyo rumah makan padang, akeh cabange."

(Cintamu seperti rumah makan padang, banyak cabangnya)

" Sereng ngewei angry react, koyone dee gagal move on."

(Sering ngasih angry react, kayaknya dia gagal move on)

" Adoh, gak duwe duwet iki ge bayar utang."

(Haduh, gak punya uang ini untuk bayar utang)

2 dari 4 halaman

Kata-Kata Sindiran Bahasa Jawa

 

" Wingi koncoku cerito, dee di tukokne boneka karo cowok e, di tukokne baju, sendal, wah apik-apik lo yank..."

(Kemarin temanku cerita, dia dibelikan boneka, baju, sandal, wah bagus-bagus loh, Yang...)

" Bar putus musuhan, nek gak etok-etok gal kenal padahal bien podo-podo seneng e."

(Habis putus musuhan, kalau enggak pura-pura gak kenal, padahal dulu sama-sama sayang)

" Ono papat wong sing iso ngilang. Pertama malaikat, keloro jin, ketelu setan, kepapat wong utang ra gelem nyaur."

(Ada empat orang yang bisa menghilang. Pertama malaikat, kedua jin, ketiga setan, keempat yaitu orang berutang nggak mau bayar)

" Kowe ngelih banget, po? Nganti koncomu dewe kok pangan."

(Kamu lapar banget apa? Sampai temanmu sendiri kamu makan)

" Jenenge urep mesti akeh cobaan. Yen akeh saweran kui jenenge dangdutan."

(Namanya hidup itu pasti banyak cobaan. Kalau banyak saweran itu dangdutan.)

" Jenenge wae urip, mesti akeh cobaane, nek akeh umbahane jenenge laundry."

(Namanya juga hidup, pasti banyak cobaan, kalau banyak cucian ya laundry)

" Nek ngomong ojo nhuwur-dhuwur. Mengko lambemu iso kesampluk pesawat."

(Kalau ngomong jangan ketinggian. Nanti mulutmu bisa kesenggol pesawat. )

" Niat kerjo, ora golek perkoro. Niat golek rejeki, ora golek rai. Ora balapan, opo maneh ugal-ugalan."

(Niat bekerja, bukan cari perkara. Niat mencari rejeki, bukan cari perhatian belaka. Bukan balapan, apalagi ugal-ugalan)

3 dari 4 halaman

Kata-Kata Sindiran Bahasa Jawa

 

Kata-Kata Sindiran Bahasa Jawa© Foto: Instagram/statusjawa

" Ojo sombong nek dadi duwuran, ning pasar duwuran regane 10 ewu etuk. " (Jangan sombong kalau jadi atasan. Di pasar, atasan diobral 10 ribu dapat 3.)

 “ Guyon ora popo, sing penting ojo jotos-jotosan, yo.”

(Bercanda tidak apa apa, yang penting jangan berantem ya.)

" Kadang niat apik ora mesti ditanggepi wonglia apik. Sante lain kalem bae."

(Kadang niat yang baik tidak selalu ditanggapi orang lain baik. Santai saja.)

" Uwong iku nek diapiki bales ngapiki. Nek wis diapiki malah nglarani iku berarti guduk uwong."

(Orang itu kalau dibaikin bales baiin. Kalau sudah dibaikin malah menyakiti, itu berarti bukan orang.)

" Kacang iku gurih, tapi nek dikacangin iku perih."

(Kacang itu gurih, tapi kalau dikacangin itu perih.)

" Dadi wong ojo kaku-kaku, ndak koyo kanebo garing."

(Jadi orang jangan terlalu kaku, nanti seperti kanebo kering.)

" Aku tanpamu bagai nasi kucing hilang karetnya, hancur."

(Aku tanpamu bagai nasi kucing yang Aku tanpamu bagaikan sego kucing ilang karete. Ambyar."

" Tangi turu nyandak hape, arep turu nutuli hape. Ojo lali, nek arep mati selfieo disik."

(Bangun tidur pegang hape, mau tidur mencetin hape. Jangan lupa, kalau mau mati selfielah dulu.)

" Berakit rakit ke hulu. berenang-renang ke tepian, mantan wis ning penghulu, aku iseh kesepian"

(Berakit-rakit kehulu berenang-renang ke tepian, mantan sudah di penghulu aku masih kesepian.)

" Cinta kuwi kadang koyo kripik telo, iso remuk nek ra ati-ati ne ngoowo"

(Cinta terkadang seperti keripik singkong, bisa hancur jika tidak hati-hati dibawa.)

" Jare simbok timbang golek pokemon, luwih becik golek jodo, simbok pengen gendong putu, dudu gendong pikachu."

(Kata ibu daripada nyari pokemon mending nyari jodoh, ibu pengen nimang cucu bukan nimang pikachu.)

4 dari 4 halaman

Kata-Kata Sindiran Bahasa Jawa

 

" Jenenge pasangan, yen ora pas yo mung dadi angan."

(Namanya pasangan, kalau enggak pas yang cuma jadi angan.)

" Kenangan apik karo koe bakal tak eling nganti lali."

(Kenangan indah bersamamu akan aku ingat hingga sampai lupa.)

" Ketemu ning Twitter, jadian ning facebook, yang-yangan ning BBM, pedhot ning WhatsApp, ngedol mantan ning BukaLapak."

(Ketemuan di twitter, jadian di facebook, pacaran di BBM, putus di whatsapp, jual mantan di BukaLapak.)

" Kowe ngelih banget, po? Nganthi mangan omonganmu dewe."

(Kamu lapar banget? Sampai makna omonganmu sendiri? )

 " Nek jodo yo bakal jadi jodo, nek ora jodo yo tak kondangan wae karo nyumbang lagu kandas. "

(Kalau jodoh ya bakal jadi jodoh, kalau tidak jodoh ya aku akan kondangan sambil nyumbang lagu kandas.)

" Obat pahit ae marakke mari, mosok koe sing manis marakke loro."

(Obat yang pahit saja bisa bikin sembuh, masak kamu yang manis bikin sakit.)

" Ojo sebut aku mantan. Sebut wae aku alumni. Sopo reti dewe iso reuni."

(Jangan sebut aku mantan. Sebut aja aku alumni. Siapa tau kita bisa reuni.)

" Pengen nyanding tapi kok not responding."

(Ingin memiliki tapi kok tidak ada respons.)

" Saking galau ne, krungu lagu Balonku wae atiku kemropok."

(Begitu galaunya sampai dengar lagu balonku aja hatiku hancur.)

" Sing modus dipercoyo sing tulus digawe sengsoro."

(Yang modus dipercaya yang tulus disia-siakan.)

" Tresno iku ra delok sopo-sopo, tapi kok kowe pilih sek ngganteng"

(Cinta itu tidak melihat siapa siapa, tapi kok kamu pilih yang ganteng.)

" Uwong duwe pacar iku kudu sabar ambek pasangane. Opo maneh seng gak duwe."

(Orang yang punya pacar itu haruslah sabar dengan pasangan yang dimiikinya. Apa lagi yang nggak punya.)

" Witing tresno jalaran soko kulino, lunture tresno jalaran ono wong liyo."

" Udane awet, koyo lambemu nek ngomel, gak leren-leren."

(Hujannya awet nggak reda-reda, seperti mulutmu kalau ngomel, tidak pernah berhenti.)

" Konco kok moro nek butuh tok. Rumangsamu aku pom bensin?"

(Teman kok kalau datang hanya pas butuh saja. Menurutmu aku ini pom bensin apa?)

" Adewe ki mati-matian dinggo konco. Lah konco matai-matiian dinggo mateni adewe"

(Kita mah mati-matian buat temen, lah temen mati-matian buat matiin kita.)

 

Beri Komentar