Keajaiban Kalimat Kun Fayakun

Reporter : Ulyaeni Maulida
Kamis, 2 Juli 2020 15:46
Keajaiban Kalimat Kun Fayakun
Tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah.

Dream – Kun Fayakun merupakan kalimat yang berbentuk perintah dan larangan. Umat Islam sepenuhnya beriman kepada Allah dengan segala kekuasaan-Nya.

Tak perlu diragukan lagi, betapa banyak kebesaran yang telah Allah tunjukkan bagi umat manusia. Karena bagi-Nya tak ada satupun didunia ini yang mustahil.

Kekuasaan dan kemuliaan-Nya memang tidak terbantahkan dan selalu ada bukti yang bisa bisa dilihat, ditelaah dan dipercaya manusia. Allah hanya cukup berfirman, jadilah maka kehendaknya pun akan terjadi.

" Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya: " Jadilah!" maka terjadilah ia" . (QS. Yasin: 82).

1 dari 3 halaman

Keajaiban Kalimat Kun Fayakun

 Kun fayakun© Dream.co.id

Disebutkan pada surat Ali-Imran ayat 59 bahwa Allah menciptakan Nabi Adam yang berasal dari tanah. Allah hanya cukup berfirman " Jadilah" dan jadilah Adam. Allah menunjukkan keajaiban dan kuasa-Nya.

Allah SWT menciptakan langit dan bumi dengan mengucapkan kalimat Kun Fayakun.

" Dan Dialah yang menciptakan langit dan bumi dengan benar. Dan benarlah perkataan-Nya di waktu Dia mengatakan " Jadilah, lalu terjadilah" , dan di tangan-Nya-lah segala kekuasaan di waktu sangkala ditiup. Dia mengetahui yang gaib dan yang nampak. Dan Dialah Yang Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui." (QS Al-An'am: 73).

Keajaiban Kun Fayakun juga dirasakan oleh Maryam ibunda Nabi Isa. Saat itu Maryam belum pernah bersentuhan dengan lelaki manapun. Namun Allah berkehendak agar Maryam melahirkan Nabi Isa.

" Maryam berkata: " Ta Tuhanku, betapa mungkin aku mempunyai anak, padahal aku belum pernah disentuh oleh seorang laki-lakipun" . Allah berfirman (dengan perantaraan Jibril): " Demikianlah Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya. Apabila Allah berkehendak menetapkan sesuatu, maka Allah hanya cukup berkata kepadanya: Jadilah, lalu jadilah dia" . (QS. Ali Imran: 47).

2 dari 3 halaman

Keutamaan Kalimat Kun Fayakun

Menyadari bahwa Allah Sang Maha Pencipta

Artinya: ”Sesungguhnya misal (penciptaan) Isa di sisi AllAh, adalah seperti (penciptaan) Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya: “ Jadilah” (seorang manusia), maka jadilah dia.” (Q. S. Ali Imran: 59) 

Membuat yang tidak mungkin menjadi mungkin

Bagi Allah apapun perkara di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin. Jika Allah sudah berkehendak maka apapun dapat terjadi. Sehingga sangat penting untuk terus berharap dan mengamalkannya jika ingin dikabulkan segala doa.

Artinya: “ Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al Baqarah: 186)

3 dari 3 halaman

Menjadi Lebih Tenang

Ketika mengamalkan Kun Fayakun, maka jiwa akan terasa lebih tenang. Karena kita selalu yakin dan percaya bahwa Allah yang Maha Menguasai segalanya. Dan Allah yang paling mengetahui apapun pilihan yang terbaik dalam hidup.

Artinya: “ (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar Ra’ad: 28)

Memperkuat keimanan

Dengan yakin dan percaya atas segala kehendak Allah, akan membuat keimanan semakin kuat.

Artinya: “ Dan siapakah yang lebih baik agamanya daripada orang yang ikhlas menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang diapun mengerjakan kebaikan, dan ia mengikuti agama Ibrahim yang lurus. Dan Allah mengambil Ibrahim menjadi kesayangan-Nya” (QS. An-Nisa: 25)

(Diambil dari berbagai sumber)

Beri Komentar