Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Keistimewaan Doa Sholat yang Sayang kalau Dilewatkan, Lengkap dengan Dalilnya

Keistimewaan Doa Sholat yang Sayang kalau Dilewatkan, Lengkap dengan Dalilnya Keistimewaan Doa Sholat (Foto Ilustrasi: Unsplash.com)

Dream – Sebagai umat Islam, tentu berdoa menjadi bagian dari kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Di samping mengerjakan sholat fardhu yang hukumnya wajib, jangan lupa juga untuk membaca doa sholat yang akan membuat ibadahmu semakin sempurna.

Bahkan dari doa sholat yang dipanjatkan, kamu bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Inilah momen yang tepat bagi sahabat Dream untuk berkomunikasi dengan Allah SWT melalui hati yang tulus. Kamu berkesempatan untuk memohon ampun kepada Allah SWT atas segala dosa dan kesalahan yang selama ini sudah diperbuat dan memanjatkan harapanmu.

Oleh karena itu, setelah menyelesaikan sholat janganlah langsung beranjak. Tetaplah berada di tempat dan luangkan waktu sejenak untuk membaca doa sholat dengan penuh keikhlasan dan kekhusyukan. Karena di balik doa sholat tersebut terdapat berbagai keistimewaan yang sayang jika kamu lewatkan begitu saja.

Nah, berikut adalah beberapa keistimewaan dari doa sholat yang bisa kamu dapatkan sebagaimana telah dirangkum oleh Dream dari Brilio.net dan islam.nu.or.id.

Dzikir Jadi Ibadah yang Mudah dan Ringan

Dzikir Jadi Ibadah yang Mudah dan Ringan

Seperti dikutip dari islam.nu.or.id, disebutkan bahwa berdzikir adalah ibadah yang tergolong mudah dan ringan. Dzikir sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah puji-pujian kepada Allah yang diucapkan berulang-ulang; doa atau puji-pujian berlagu.

Meskipun berdzikir menjadi hal yang ringan dan mudah, namun dalam pelaksanannya terkadang masih ada saja hambatan. Baik itu karena malas dan alasan lainnya. Sehingga berdzikir atau doa sholat ini masih sering ditinggalkan setelah menyelesaikan sholat.

Salah satu dzikir yang sangat dianjurkan untuk dibaca setelah sholat dalam Ihya Ulumuddin oleh Imam Al-Ghazali adalah membaca subhanallah, alhamdulillah, dan Allahu akbar sebanyak 33 kali. Lalu diakhiri atau ditutup dengan membaca la ilaha illallah la syarika lahu lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ala kulli syai’in qadir sebayak satu kali.

Hal ini telah dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah seperti dikutip dari islam.nu.or.id:

قالصلىاللهعليهوسلممنسبحدبركلصلاةثلاثاوثلاثينوحمدثلاثاوثلاثينوكبرثلاثاوثلاثينوختمالمائةبلاإلهإلااللهلاشريكلهلهالملكولهالحمدوهوعلىكلشيءقديرغفرتذنوبهولوكانتمثلزبدالبحر

Artinya:Rasulullah saw bersabda, ‘Siapa yang bertasbih, bertahmid, dan bertakbir setelah sholat sebanyak 33 kali dan menutupnya dengan membaca la ilaha illallah la syarika lahu lahul mulku wa lahulhamdu wa huwa ‘ala kulli syai’in qadir, maka dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR. Malik).

Keistimewaan Doa Sholat

Keistimewaan Doa Sholat

Membaca doa sholat atau berdzikir setelah menyelesaikan sholat dianjurkan dalam Islam karena hal ini menyimpan berbagai keistimewaan bagi mereka yang menjalankannya. Mungkin di awal diri ini masih merasa malas untuk menjalankannya, namun jika sudah dibiasakan maka lama-kelamaan kamu pun akan merasa sayang jika meninggalkannya.

Nah, berikut adalah beberapa keistimewaan doa sholat atau berdzikir setelah mengerjakan sholat sebagaimana dikutip dari Brilio.net.

Mendapat Pahala yang Berlimpah

Setiap umat Islam tentu ingin mendapatkan pahala yang banyak. Allah SWT telah memberikan banyak kesempatan kepada umat Islam untuk bisa mengumpulkan pahala-pahala tersebut. Salah satunya dengan membaca doa sholat setelah selesai mengerjakan sholat. Allah SWT akan memberikan pahala yang berlimpah bagi mereka yang menjalankannya.

Janji Allah SWT tersebut juga telah disampaikan dalam Al-Quran surat Al-Ahzab ayat 35 yang bunyinya sebagai berikut: 

اِنَّالْمُسْلِمِيْنَوَالْمُسْلِمٰتِوَالْمُؤْمِنِيْنَوَالْمُؤْمِنٰتِوَالْقٰنِتِيْنَوَالْقٰنِتٰتِوَالصّٰدِقِيْنَوَالصّٰدِقٰتِوَالصّٰبِرِيْنَوَالصّٰبِرٰتِوَالْخٰشِعِيْنَوَالْخٰشِعٰتِوَالْمُتَصَدِّقِيْنَوَالْمُتَصَدِّقٰتِوَالصَّاۤىِٕمِيْنَوَالصّٰۤىِٕمٰتِوَالْحٰفِظِيْنَفُرُوْجَهُمْوَالْحٰفِظٰتِوَالذَّاكِرِيْنَاللّٰهَكَثِيْرًاوَّالذَّاكِرٰتِاَعَدَّاللّٰهُلَهُمْمَّغْفِرَةًوَّاَجْرًاعَظِيْمًا

 Artinya:Sungguh, laki-laki dan perempuan muslim, laki-laki dan perempuan mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” (QS. Al-Ahzab: 35).

Menjadi Jalan Menuju Surga

Selain mendapatkan pahala yang berlimpah, setiap umat Islam juga pastinya kelak ingin masuk ke surga. Karena di sinilah tempat orang-orang sholeh dan sholehah berkumpul. Nah, melalui doa sholat atau melakukan dzikir setelah sholat ini, sahabat Dream memiliki kesempatan untuk masuk ke surga.

Hal ini sebagaimana telah dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari yang artinya sebagai berikut:

Barangsiapa mengucapkan dzikir ini di siang hari dalam keadaan yang penuh peyakinan, lalu dia mati di hari tersebut sebelu sore hari, maka dia termasuk ke dalam penghuni surga. Dan barangsiapa yang membacanya di malam hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu dia mati sebelum subuh maka dia termasuk ke dalam penghuni surga.”

Keistimewaan Doa Sholat

Dosa Diampuni Allah SWT

Setiap manusia tentunya tidak akan pernah luput dari adanya dosa. Namun sebagai umat Islam pasti ingin agar dosa-dosanya diampuni oleh Allah SWT. Nah, melalui doa sholat ini bisa menjadi cara untuk mendapatkan ampunan dari Allah SWT atas segala dosa yang telah diperbuat.

Hal ini pun telah dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Muslim yang artinya sebagai berikut:

Barangsiapa yang membaca dzikir subhanallah di setiap sholat wajib sebanyak 33 kali, dan membaca dzikir alhamdulillah sebanyak 33 kali, dan membaca dzikir takbir (Allahu akbar) sebanyak 33 kali dan untuk menyempurnakannya, maka akan diampuni dosa-dosanya walaupun dosanya sebanyak buih di lautan.” (HR. Muslim).

Sama dengan Bersedekah

Sedekah tidak hanya dilakukan dengan cara memberikan sesuatu kepada orang-orang yang membutuhkan saja. Tetapi bisa juga melalui doa sholat yang kamu panjatkan setelah menyelesaikan sholat. Hal ini juga termasuk sebagai sedekah. Sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Muslim berikut ini:

Di setiap ruas tulang (persendian) manusia itu ada kewajiban untuk bersedekah setiap paginya. Tiap-tiap bacaan dzikir adalah sedekah dan memerintahkan kepada kebaikan juga sedekah, mencegah dari perbuatan kemungkaran itu juga termasuk sedekah.” (HR. Muslim).

Menenangkan Hati

Memiliki hati yang tenang sudah pasti akan merasakan kenyamanan hidup. Dalam melakukan segala aktivitas pun hati akan terasa ringan tanpa adanya tekanan dan kekhawatiran. Untuk membuat hatimu tenang, maka membaca doa sholat bisa menjadi cara yang tepat. Hal ini berdasarkan pada firman Allah SWT dalam surat Ar-Ra’d: 28:

الَّذِيْنَاٰمَنُوْاوَتَطْمَىِٕنُّقُلُوْبُهُمْبِذِكْرِاللّٰهِۗاَلَابِذِكْرِاللّٰهِتَطْمَىِٕنُّالْقُلُوْبُۗ

Artinya: “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar-Ra’d: 28).

Itulah beberapa keistimewaan ketika sahabat Dream selalu membaca doa sholat atau pun berdzikir setelah menyelesaikan sholat. Semoga kita semua menjadi hamba yang istiqomah dalam menjalankannya.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Doa Senandung Al-Quran yang Dibaca Setelah Menghatamkannya, 4 Ribu Malaikan Mengaminkan

Doa Senandung Al-Quran yang Dibaca Setelah Menghatamkannya, 4 Ribu Malaikan Mengaminkan

Membaca dan mengamalkan doa senandung Al-Quran memiliki banyak keistimewaan.

Baca Selengkapnya
6 Doa Melenyapkan Kesedihan, Lengkap Arab dan Artinya

6 Doa Melenyapkan Kesedihan, Lengkap Arab dan Artinya

Doa merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Tuhan dalam setiap keadaan, baik dalam kebahagian maupun kesedihan.

Baca Selengkapnya
Doa Masuk Masjid dan Keluar Masjid, beserta Adab yang Perlu Diperhatikan Umat Islam

Doa Masuk Masjid dan Keluar Masjid, beserta Adab yang Perlu Diperhatikan Umat Islam

Doa-doanya yang sederhana namun bermakna memiliki tujuan untuk mendapatkan keberkahan ketika ibadah di masjid.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
3 Bacaan Doa untuk Tahun Baru Mudah Dihafal, Amalkan Saat Pergantian Tahun

3 Bacaan Doa untuk Tahun Baru Mudah Dihafal, Amalkan Saat Pergantian Tahun

Membaca doa tahun baru untuk mengawali pergantian tahun.

Baca Selengkapnya
Doa agar Dilapangkan Jodoh dan Rezeki dari Al-Quran, Baik Diamalkan setelah Sholat

Doa agar Dilapangkan Jodoh dan Rezeki dari Al-Quran, Baik Diamalkan setelah Sholat

Allah SWT Maha Adil dan Maha Mengetahui apa yang terbaik untuk setiap hamba-Nya.

Baca Selengkapnya
Pahalanya Luar Biasa, Inilah Kumpulan Doa Harian yang Jangan Sampai Ditinggalkan Umat Islam

Pahalanya Luar Biasa, Inilah Kumpulan Doa Harian yang Jangan Sampai Ditinggalkan Umat Islam

Saking pentingnya berdoa, hampir di setiap aktivitas memiliki doanya masing-masing.

Baca Selengkapnya
Urutan Doa Setelah Sholat 5 Waktu yang Penting Diamalkan, Manfaatnya Luar Biasa

Urutan Doa Setelah Sholat 5 Waktu yang Penting Diamalkan, Manfaatnya Luar Biasa

Berdoa setelah menunaikan sholat 5 waktu menjadi momen yang luar biasa untuk memohon agar hajat kita segera dikabulkan.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Ketika Lift Kantor Mati

NOTED KAK! Ketika Lift Kantor Mati

Sahabat Dream pernah gak sih mengalami kejadian kaya ini? Kira-kira apa yang akan kalian lakukan?

Baca Selengkapnya