Ketika Rasulullah Kehabisan Harta untuk Disedekahkan

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 4 Februari 2019 14:43
Ketika Rasulullah Kehabisan Harta untuk Disedekahkan
Rasulullah SAW adalah sosok yang sangat dermawan.

Dream - Segala kebaikan ada pada diri Rasulullah Muhammad SAW. Salah satunya, Rasulullah dikenal sebagai sosok yang sangat dermawan.

Rasulullah tidak pernah segan mengeluarkan berapapun harta untuk membantu para sahabat. Bahkan ketika saat tidak ada harta, Rasulullah tetap berusaha bersedekah.

Kisah mengenai begitu dermawannya Rasulullah begitu banyak. Kisah-kisah tersebut bisa menjadi cermin bagi umat Islam untuk tidak ragu bersedekah.

Salah satu kisah kedermawanan itu termaktub dalam hadis riwayat Tirmidzi. Kisah ini bertutur ketika Rasulullah sudah tidak memiliki harta untuk disedekahkan.

 

1 dari 2 halaman

Didatangi Peminta-minta

Suatu hari, Rasulullah saat bersama sahabat Umar bin Khattab RA didatangi seorang pria untuk meminta sesuatu. Rasulullah segera memberi bantuan kepada pria itu.

Esok harinya, pria itu datang lagi dan meminta sesuatu kepada Rasulullah. Segera saja Rasulullah kembali memberinya sedekah.

Di hari ketiga, pria itu kembali. Sayangnya, Rasulullah sudah tidak memiliki harta apapun untuk disedekahkan.

" Aku tidak mempunyai apa-apa sekarang, tapi ambillah apa yang engkau mau dan jadikan sebagai utangku. Kalau aku mempunyai sesuatu kelak, aku akan membayarnya," ujar Rasulullah.

2 dari 2 halaman

Sempat Dikritik Umar bin Khattab

Sikap Rasulullah tersebut mendapat kritikan dari Umar bin Khattab. Umar berkata seharusnya Rasulullah tidak memaksakan diri memberi sesuatu jika memang sedang tidak memiliki apapun.

Kritikan Umar didengar salah satu sahabat golongan Anshar yang baru tiba. Sahabat Anshar tersebut mendukung sikap Rasulullah dan meyakinkan Sang Nabi untuk tidak mengkhawatirkan kemiskinan.

" Jangan takut dan jangan khawatir dengan kemiskinan," kata sahabat Anshar itu.

" Ucapan itulah yang diperintahkan Allah kepadaku," ucap Rasulullah kepada Umar.

Sumber: NU Online.

Beri Komentar
Catat! Tips Tampil dengan Makeup Bold Ala Tasya Farasya-