Keutamaan Doa Iftitah dan Adab saat Membacanya yang Perlu Diketahui

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Rabu, 24 November 2021 15:30
Keutamaan Doa Iftitah dan Adab saat Membacanya yang Perlu Diketahui
Doa iftitah meskipun sunah, namun dianjurkan untuk membacanya ketika sholat.

Dream – Doa iftitah merupakan salah satu bagian dari sunah saat sholat. Bahkan semasa hidupnya, Nabi Muhammad SAW juga membaca doa iftitah ketika mengerjakan sholat karena keutamaannya.

Meskipun doa iftitah memiliki beberapa versi, Sahabat Dream bisa memilihnya. Sehingga tidak ada yang salah maupun yang benar atau harus menjadi sebuah perdebatan.

Nah, walaupun doa iftitah tidak masuk dalam rukun sholat, tapi karena banyaknya keutamaan yang bisa diperoleh saat membaca doa tersebut, maka cukup banyak umat Muslim yang membacanya ketika sholat. Tentu saja kebaikan membaca doa iftitah itu sangatlah beragam.

Bagi Sahabat Dream yang ingin mengetahui apa saja keutamaan membaca membaca doa iftitah, berikut sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui Umma.id.

1 dari 3 halaman

Rukun Sholat

Rukun Sholat© Freepik.com

Sholat adalah ibadah wajib bagi seluruh umat Muslim di dunia. Sholat wajib yang dijalankan setiap hari tentu haruslah dikerjakan. Sedangkan sholat sunah adalah sholat-sholat di luar sholat wajib yang ketika sahabat Dream mengerjakannya, maka akan mendapatkan pahala. Nah, berikut adalah beberapa rukun sholat yang sebaiknya diketahui oleh setiap umat Muslim.

  1. Berdiri bagi yang mampu, sedangkan yang tidak mampu bisa duduk maupun berbaring
  2. Niat
  3. Takbiratul ihram
  4. Membaca surat Al-Fatihah di setiap rakaatnya
  5. Rukuk dan tumakninah
  6. Sujud dua kali dengan tumakninan
  7. Duduk di antara dua sujud dengan tumakninah
  8. Duduk tasyahud akhir
  9. Membaca tasyahud akhir
  10. Membaca sholawat nabi di saat tasyahud akhir
  11. Membaca salam yang pertama
  12. Tertib yang artinya urut dalam melakukan rukun sholat tersebut.
2 dari 3 halaman

Adab saat Membaca Doa Iftitah

Dalam ajaran Islam, adab menjadi hal yang sangat penting. Baik itu dalam kehidupan di antara keluarga hingga kehidupan sosial. Karena dengan adablah, maka segala sesuatu yang dilakukan akan menunjukkan pribadi yang baik dari seseorang dan tentu saja sesuai dengan perintah Allah SWT dan rasul-Nya. Oleh karena itu, setiap apapun yang kita lakukan, pastilah diikuti dengan adab. Tak terkecuali saat membaca doa iftitah.

Sebagaimana dikutip dari Umma.id, adab membaca doa iftitah ini berasal dari kitab Al-Adzkar, karya Imam An Nawawi. Dari kitab tersebut dijelaskan bahwa adab membaca doa iftitah adalah sebagai berikut:

  1. Disunahkan menggabungkan doa iftitah.
  2. Untuk makmum masbuk, diperbolehkan untuk membaca doa iftitah maupun tidak. Tergantung dengan kemampuan dari makmum masbuk tersebut, karena biasanya ada yang turut mengikuti sholat berjamaah, tetapi terlambat. Namun, makmum harus tetap membaca surat Al-Fatihah.
  3. Ketika sahabat Dream tiba-tiba lupa dengan bacaan iftitah, maka kamu tidak perlu melakukan sujud syahwi dalam sholat tersebut. Karena doa iftitah sendiri bukanlah tidaklah wajib, melainkan sunah.
  4. Saat membaca doa iftitah, maka sebaiknya dibaca secara pelan atau lirih saja. Hal ini berlaku untuk imam maupun makmum. Cara membacanya adalah sama saat sedang membaca surat Al-Fatihah.
  5. Jika sahabat Dream lupa membaca doa iftitah di rakaat yang pertama, maka kamu bisa mengganti bacaan doa iftitah tersebut di rakaat yang kedua.
  6. Kemudian jika sahabat Dream mengerjakan sholat sudah di akhir waktu atau dalam waktu yang sudah mepet, maka kamu tidak perlu membaca doa iftitah.
3 dari 3 halaman

Keutamaan Membaca Doa Iftitah

Keutamaan Membaca Doa Iftitah© Freepik.com

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa doa iftitah ini meskipun sunah, namun dianjurkan untuk membacanya. Karena Nabi Muhammad saw sendiri juga membacanya. Bahkan doa iftitah juga memiliki beberapa keutamaan ketika sahabat Dream membacanya. Berikut adalah beberapa keutamaan membaca doa iftitah:

Mendapat Pahala

Salah satu keutamaan bagi orang yang membaca doa iftitah saat sholat adalah mendapatkan pahala. Inilah pahala sebagai amalan sunah yang bisa sahabat Dream dapatkan. Dari doa iftitah ini juga telah menunjukkan bahwa kehidupan yang kita lalui sebagai ciptaan Allah SWT ini tidaklah bisa luput dari adalah kesalahan. Melalui doa iftitah, maka kita bisa memohon ampun kepada Allah SWT atas segala dosa yang selama ini telah dilakukan.

Doa Diangkat oleh Para Malaikat

Keutamaan lainnya yang juga bisa didapatkan ketika membaca doa iftitah adalah doa yang akan diangkat oleh para malaikat. Hal ini sebagaimana hadis shahih dari Anas bin Malik RA. Di mana saat itu ada seorang laki-laki Muslim yang membaca doa iftitah. Kemudian Nabi saw bersabda:

Aku melihat 12 malaikat bersegera menuju kepadanya (laki-laki Muslim) mereka saling berlomba untuk mengangkat do aitu kepada Allah SWT.” (Hadis riiwayat Muslim No. 1385)

Mendekatkan Diri pada Allah SWT

Salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT adalah dengan membaca doa iftitah ketika sholat. Sekaligus inilah keutamaan yang bisa sahabat Dream dapatkan ketika membaca doa iftitah. Hal ini karena di dalam doa iftitah terdapat permohonan kepada Allah SWT dan juga memohon agar diberikan petunjuk, keselamatan, dan perlindungan dari Alllah SWT.

Beri Komentar