Keutamaan dan 11 Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Kesehatan dan Kecantikan

Reporter : Sugiono
Rabu, 25 September 2019 14:12
Keutamaan dan 11 Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Kesehatan dan Kecantikan
Keutamaan dan manfaat puasa Senin Kamis ini sangat banyak, termasuk untuk kesehatan dan kecantikan, yang jarang diketahui.

Dream - Selain puasa yang diwajibkan bagi seluruh umat Muslim, Islam juga menganjurkan untuk melaksanakan puasa sunnah.

Puasa sunnah ini berguna untuk menambah kekurangan-kekurangan yang terdapat pada puasa wajib. Selain itu, dengan mengerjakan puasa, seseorang dapat menahan hawa nafsu dan godaan duniawi.

Beberapa puasa sunnah tersebut telah dicontohkan Rasulullah semasa hidupnya. Namun salah satu puasa sunnah yang sering dikerjakan Rasulullah adalah puasa Senin Kamis.

Saat berbicara puasa sunnah, masyarakat Indonesia pasti sudah mengenal tentang amalan puasa Senin Kamis. Sayangnya, masih banyak umat Islam yang hanya tahu sedikit manfaat puasa Senin Kamis ini.

Umumnya, orang hanya tahu manfaat puasa Senin Kamis untuk mendapatkan jodoh, mendapat nilai yang bagus saat ujian, lulus sekolah, atau melamar pekerjaan.

Padahal, manfaat puasa Senin Kamis ini sangat banyak, termasuk untuk kesehatan dan kecantikan. Jika tahu manfaat puasa Senin Kamis yang begitu besar, pasti banyak yang berlomba untuk mengerjakannya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah keutamaan dan manfaat puasa Senin Kamis untuk kesehatan dan kecantikan yang jarang diketahui.

Keutamaan dan Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Jarang Diketahui

Keutamaan Puasa Senin Kamis

Sebelum membahas manfaat puasa Senin Kamis untuk kesehatan dan kecantikan, kita kenali terlebih dahulu keutamaannya.

Rahasia Lain Manfaat Puasa Sunah© MEN

Ada beberapa keutamaan puasa Senin Kamis yang mungkin bisa memacu semangat Sahabat Dream untuk menjalankannya dengan sungguh-sungguh.

Anjuran puasa Senin Kamis dapat dilihat dari kisah yang diriwayatkan Abu Qotadah Al Anshori radhiyallahu 'anhu. Rasulullah Sholallahu 'alaihi wasallam pernah ditanya mengenai puasa pada hari Senin, beliau lantas menjawab:

" Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku." (HR. Muslim)

Keutamaan lain puasa Senin Kamis juga ada di dalam hadis yang disampaikan Abu Hurrairah radhiyallahu 'anhu.

Rasulullah Sholallahu 'alaihi wasallam bersabda, " Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa." (HR. Tirmidzi)

Hadis lainnya juga menyinggung masalah keutamaan puasa Senin Kamis yang sangat luar biasa.

Dari Abu Harrairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah Sholallahu 'alaihi wasallam bersabda, " Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, 'Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai'." (HR. Muslim)

Jika Sahabat Dream ingin mencontoh perilaku Rasulullah, maka hadis berikut ini sebaiknya juga diperhatikan.

Dari Aisyah, dia berkata: " Adalah Nabi Sholallahu 'alaihi wasallam memperbanyak puasa pada hari Senin dan Kamis." (HR. Al-Tirmidzi, Al-Nasi dan Ibnu Majah. Hadis ini dishahihkan Al-Albani)

Hadis lain yang diriwayatkan Bukhori dan Muslim menyebutkan adanya pintu Surga di hari Kiamat yang dibuat khusus untuk orang-orang yang rajin puasa.

" Sesungguhnya di Surga ada satu pintu yang namanya 'Ar-Rayyan' yang akan dimasuki oleh orang-orang yang sering berpuasa kelak pada hari Kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa. Di katakan: manakah orang-orang yang suka berpuasa? Maka mereka pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka. Jika mereka telah masuk, maka pintu itu ditutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi." (HR. Bukhori dan Muslim)

Hari Kamis merupakan hari di mana Rasulullah Sholallahu 'alaihi wasallam sering perjalanan (safar). Hal ini tercantum dalam hadis-hadis berikut ini.

Ka’ab bin Malik Radhiyallahu anhu pernah mengatakan, " Sangat jarang Rasulullah Sholallahu 'alaihi wasallam keluar (untuk melakukan perjalanan) kecuali pada hari Kamis." (HR. Al-Bukhari)

Ka’ab bin Malik Radhiyallahu anhu juga pernah mengatakan, " Bahwa Nabi Sholallahu 'alaihi wasallam keluar pada hari Kamis di peperangan Tabuk, dan (memang) beliau suka keluar (untuk melakukan perjalanan) pada hari Kamis." (HR. Al-Bukhari)

Demikian tadi beberapa keutamaan puasa Senin Kamis yang begitu luar biasa. Semoga dalil-dalil puasa Senin Kamis ini jadi pemacu semangat untuk menjalankannya.

1 dari 6 halaman

11 Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat puasa Senin Kamis ternyata dapat meningkatkan kestabilan kondisi tubuh, baik mental maupun spritual. Dengan menjalankan puasa Senin Kamis kita juga bisa mendapatkan kecantikan secara alami.

Jika dilihat dari segi kesehatan, manfaat puasa Senin Kamis ternyata dapat meningkatkan kestabilan kondisi tubuh, baik mental maupun spritual.

Manfaat puasa Senin Kamis yang lainnya adalah untuk menyeimbangkan kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), dan kecerdasan spiritual (SQ). Di samping itu, berikut 11 manfaat puasa Senin Kamis untuk kesehatan dan kecantikan:

1. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Manfaat Puasa Yang Mengejutkan© Shutterstock

Manfaat puasa Senin Kamis untuk kesehatan adalah mengeluarkan racun dalam tubuh. Racun yang bercampur dalam lemak, darah, atau bagian yang lain berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Untuk mengeluarkannya bukan hanya dengan berolahraga saja.

Kamu juga harus berhenti mengonsumsi makanan dan minuman minimal selama sehari, agar racun dapat dikeluarkan dengan efektif. Pengeluaran racun bisa melalui keringat, urine, atau saat buang air besar.

Manfaat puasa Senin Kamis memang dipercaya ampuh untuk mengeluarkan racun yang sudah mengendap dalam tubuh. Jika racun-racun tersebut sudah keluar, maka tubuh akan terasa lebih sehat dan bugar.

2. Meremajakan kulit

Manfaat puasa Senin Kamis yang kedua untuk kecantikan adalah meremajakan kulit. Sel kulit manusia yang telah mati perlu diganti atau dengan kata lain diremajakan kembali. Kamu tidak perlu bantuan produk atau obat tertentu yang harus dikonsumsi. Cukup hanya melakukan puasa Senin Kamis secara rutin.

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Kulit© MEN

Mengapa puasa Senin Kamis bisa meremajakan kulit? Itu berhubungan dengan metabolisme dalam tubuh manusia yang berhenti saat berpuasa. Ketika metabolisme tubuh berhenti saat berpuasa, sel-sel tubuh dapat bekerja lebih aktif lagi, seperti halnya sel-sel kulit.

2 dari 6 halaman

Mengencangkan Kulit dan Menurunkan Kadar Lemak

3. Mengencangkan kulit

Mau Kulit Kencang Alami? Cobain Yuk Masker Putih Telur!© MEN

Manfaat puasa Senin Kamis berikutnya untuk kesehatan adalah mengencangkan kulit. Banyak yang bertanya, apa hubungannya antara puasa Senin Kamis dengan mengencangkan kulit?

Seperti halnya peremajaan kulit, saat berpuasa sehari penuh metabolisme dalam tubuh juga ikut beristirahat sehingga membuat sel-sel dalam tubuh bekerja lebih maksimal. Hasilnya, antara lain, organ tubuh luar, seperti kulit akan lebih sehat dan kencang.

4. Menurunkan kadar lemak

Salah satu manfaat puasa Senin Kamis adalah menurunkan kadar lemak dalam darah. Lemak memang dibutuhkan tubuh. Namun, jika lemak dalam tubuh berlebihan akan mengundang penyakit datang. Oleh karena itu, kelebihan lemak dalam tubuh harus dihilangkan.

Manfaat Puasa Yang Mengejutkan© Shutterstock

Ada tiga cara yang sangat efektif untuk menurunkan kadar lemak, yaitu berolahraga secara teratur, melakukan diet yang menyehatkan, dan melakukan puasa Senin Kamis.

Ketiga cara itu jika dilakukan dengan benar, dijamin akan menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Akibat positifnya, tubuh akan terhindar dari gangguan penyakit, seperti tekanan darah tinggi atau kolesterol.

3 dari 6 halaman

Meningkatkan Kecantikan Kulit dan Menenangkan Perasaan

5. Meningkatkan kecantikan secara alami

Manfaat Puasa Yang Mengejutkan© Shutterstock

Bagi kaum wanita, manfaat puasa Senin Kamis sangat bagus untuk meningkatkan kecantikan secara alami. Dengan puasa Senin Kamis, sel-sel tubuh akan mengalami reorganisasi atau pergantian secara teratur. Hal itu akan membuat sel-sel dalam tubuh selalu mengalami peremajaan.

Dengan begitu, organ dalam maupun luar tubuh seorang wanita akan menjadi lebih sehat dan segar.

Pada kulit yang mengalami peremajaan sel-sel, seperti kulit wajah, akan terlihat lebih bersih, segar, dan cantik. Bagi kaum wanita yang ingin selalu terlihat cantik dan awet muda, tidak ada salahnya mencoba menjalankan puasa Senin Kamis.

6. Membuat jiwa dan perasaan jadi tenang

Memberikan ketenangan hati dan pikiran© MEN

Bagi yang sudah sering puasa Senin Kamis biasanya dapat lebih mengendalikan pikiran dan perasaannya. Sebagai contoh, dengan puasa Senin Kamis, seseorang dapat lebih bersabar dan mengendalikan pikiran kotor atau negatif.

Pikiran yang terkendali akan membuat jiwa dan perasaannya jadi tenang. Bagi yang selama ini selalu dihantui rasa takut, stres, depresi, atau mengarah pada gangguan kejiwaan. Cobalah menjalankan puasa Senin Kamis agar pikiran dan jiwa lebih tenang.

4 dari 6 halaman

Mengendalikan Nafsu dan Sebagai Ladang Amal

7. Dapat mengendalikan hawa nafsu

10 Hal Mengejutkan Tentang Selingkuh© MEN

Manfaat puasa Senin Kamis untuk kesehatan berikutnya adalah dapat mengendalikan hawa nafsu. Mereka yang sering melakukan puasa Senin Kamis lebih mampu mengendalikan hawa nafsu yang selalu bergejolak dalam hati dan pikirannya.

Sebagai contoh ketika seorang cowok atau cowok yang selalu merasa kesepian dan terbayang untuk berhubungan dengan kekasihnya. Setiap manusia normal pasti tergoda untuk melakukan hal itu.

Namun, hawa nafsu seperti itu akan mampu dikendalikan agar tidak menimbulkan efek negatif pada diri yang bersangkutan. Salah satu cara yang paling efektif untuk mengendalikan hawa nafsu adalah puasa Senin Kamis.

8. Sebagai ladang untuk beramal

Penanda Amal Ibadah Diterima Allah© Dream

Manfaat puasa Senin Kamis selanjutnya adalah sebagai ladang untuk beramal. Orang yang terbiasa puasa Senin Kamis akan lebih meningkat amal ibadahnya.

Misalnya, memberikan bantuan kepada fakir miskin, orang yang tidak mampu, atau kepada anak-anak yatim. Orang tersebut yakin banyaknya amal ibadah saat puasa Senin Kamis, akan berdampak pada berlipatgandanya pahala yang didapat. Itulah efek positif secara tidak langsung yang dapat diraih setiap orang yang puasa Senin Kamis.

5 dari 6 halaman

Mengistirahatkan Organ dan Melatih Kepekaan Sosial

9. Mengistirahatkan organ pencernaan

Hindari Masalah Pencernaan Selama Puasa dengan Cara Ini© MEN

Seperti halnya mesin kendaraan, sistem pencernaan manusia juga perlu istirahat dalam waktu tertentu agar bisa bekerja maksimal. Jika mesin dijalankan tapi pernah istirahat tentu akan merusak komponen atau 'sparepart' yang menyusun mesin itu sendiri.

Begitu pula dengan organ atau sistem pencernaan dalam tubuh yang membutuhkan istirahat agar bisa bekerja dengan baik.

Perawatannya berupa istirahat bekerja sejak pagi Subuh hingga Maghrib selama dua hari dalam seminggu. Selain berfungsi untuk mengoptimalkan fungsi organ pencernaan, istirahat ini juga untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.

10. Melatih kepekaan sosial

Sedekah© © http://www.cintasedekahnusantara.com/

Salah satu manfaat puasa Senin Kamis adalah untuk melatih kepekaan sosial atau terhadap lingkungan sekitar. Saat menjalankan puasa Senin Kamis, pasti akan merasakan lapar dan haus yang sangat.

Seperti itulah yang dirasakan oleh banyak orang miskin dan tidak mampu. Untuk mengisi perut agar tetap bisa hidup, mereka terkadang mengemis atau memungut makanan sisa dari tumpukan sampah.

Oleh karena itu, orang yang biasa berpuasa Senin Kamis lebih peka terhadap kondisi lingkungan sekitar. Rasa ini menjadi lebih besar saat orang yang berpuasa tersebut mengalami rasa lapar dan haus, seperti yang dirasakan orang-orang miskin.

6 dari 6 halaman

Melatih Kedisiplinan

11. Melatih diri untuk berdisiplin

Sulit Terima Hidayah, Ini Sebabnya...© MEN

Dengan berpuasa, maka seseorang akan dilatih untuk selalu berdisiplin dalam segala hal. Karena merasa selalu diawasi Allah SWT sehingga setiap tindakan yang dilakukan selalu disertai dengan mawas diri. Dampaknya, orang yang biasa puasa Senin Kamis akan mampu menghindari segala hal-hal yang nantinya dapat menimbulkan dosa.

Demikian tadi 11 manfaat puasa Senin Kamis untuk kesehatan dan kecantikan yang jarang diketahui. Semoga bermanfaat. (ism)

Beri Komentar