Keutamaan Mengamalkan Surah Al-Falaq dan An-Nas

Reporter : Ulyaeni Maulida
Rabu, 1 Juli 2020 15:00
Keutamaan Mengamalkan Surah Al-Falaq dan An-Nas
Surah Al-Falaq dan An-Nas merupakan dua surat terbaik untuk perlindungan.

Dream – Setiap surah dalam Alquran memiliki keutamaan yang luar biasa, di antaranya Al-Falaq dan An-Nas. Apabila mengamalkan dua surah tersebut, niscaya memberi banyak manfaat.

Surat Al-Falaq dan Surat An-Nas juga disebut al muqasyqisyatain, yaitu dua surah yang membebaskan manusia dari kemunafikan.

Surat Al-Falaq dan Surat An-Nas merupakan dua surat terakhir dalam Alquran. Namun dalam urutan turunnya kepada Rasulullah, dua surat ini menempati urutan ke-20 dan ke-21.

Berikut beberapa keutamaan dari surah Al-Falaq dan An-Nas:

1 dari 4 halaman

Sebagai Pelindung Diri

 Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Foto: Shutterstock.com)

Mengamalkan surah Al-Falaq dan An-Nas dapat menjadi pelindung diri. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah, “ Wahai Ibnu Abbas, maukah kamu aku beritahu sesuatu yang paling baik digunakan untuk berlindung?”

Ibnu Abbas menjawab, “ Iya wahai Rasulullah.” Beliapun bersabda: “ Qul a’udzu birabbil falaq dan Qul a’udzu birabbin nas, dua surat ini.” (HR. An-Nasa’i)

Orang yang membaca kedua surah tersebut akan dilindungi Allah dari segala kejahatan makhluk. Selain itu, kedua surah ini merupakan surah terbaik untuk melindungi diri.

“ Tidakkah kamu melihat ayat-ayat yang diturunkan di waktu malam dan tidak ada bandingannya sama sekali; Surat Al-Falaq dan Surat An-Nas.” (HR. Muslim)

2 dari 4 halaman

Sebagai Obat

 Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Foto: Shutterstock.com)

Surah Al-Falaq dan An-Nas juga memiliki keutamaan sebagai obat. Terutama bila diamalkan sebelum tidur. Seperti yang dikatakan Rasulullah dalam sebuah hadits.

Disebutkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila menghampiri tempat tidurnya, beliau menyatukan kedua telapak tangannya kemudian meniupnya, lalu membacakan pada keduanya, “ Qul huwallahu ahad, Qul a’udzu birobbil falaq, Qul a’udzu birobbin naas.” Kemudian beliau mengusapkan kedua telapak tangannya ke seluruh tubuhnya yang dapat ia jangkau. Beliau mulai dari kepala, wajah, dan bagian depan tubuhnya. Beliau melakukan itu tiga kali. [HR. Bukhari dan Muslim)

3 dari 4 halaman

Terlindung dari ‘Ain

 Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Shutterstock.com)

Pada zaman Nabi, kaum kafir Quraisy selalu berusaha untuk menyakiti Nabi. Salah satunya dengan menggunakan ‘ain, yaitu upaya menyakiti orang lain melalui pandangan mata.

Kemudian Allah SWT mengajarkan kepada Nabi untuk membaca surah Al-Falaq dan An-Nas sebagai penangkalnya.

4 dari 4 halaman

Melindungi Dari Sihir

Rasulullah peranh disihir oleh seorang Yahudi bernama Lubaid bin Asham. Ia menggunakan media pelepah kurma yang berisi rambut Rasulullah. Didalamnya juga terdapat beberapa gigi sisir dan 11 ikatan yang ditusuk jarum.

Kemudian, Rasulullah membaca Surat Al-Falaq dan Surat An-Nas. Setiap satu ayat dibacakan, terlepaslah satu ikatan hingga Rasulullah merasa lebih ringan. Ketika seluruh ayat telah dibacakan, terlepaslah seluruh ikatan tersebut.

Betapa banyak keutamaan membaca dan mengamalkan surah Al-Falaq dan An-Nas. Baik untuk melindungi dari 'ain, kejahatan di malam hari, sihir, hasad maupun waswas yang dihembuskan oleh setan.

(Diambil dari berbagai sumber)

Beri Komentar