Mekah Sebelum Islam

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 27 Maret 2019 20:00
Mekah Sebelum Islam
Di masa sebelum lahirnya Rasulullah, Kabah dijadikan tempat penyembahan berhala.

Dream - Mekah Al Mukarramah merupakan kota suci yang hanya boleh dimasuki oleh umat Islam. Di kota ini terdapat Kabah, situs suci yang memiliki peranan sangat penting dalam agama Islam.

Sebelum lahir dan diutusnya Muhammad sebagai Rasul untuk menyebarkan ajaran Islam, tanah Arab, terutama Mekah, dihuni oleh para penyembah berhala. Bahkan Kabah pernah menjadi pusat penyembahan berhala.

Padahal, Kabah merupakan bangunan suci peninggalan Nabi Ibrahim AS agar manusia menjaga keimanan dan selalu menyembah Allah. Sepeninggal Nabi Ibrahim AS, masyarakat Arab justru melenceng dari ajaran Sang Nabi dan berbuat syirik dengan menyembah berhala.

Dikutip dari NU Online, penyebab kondisi ini dijelaskan dalam hadis riwayat Imam Bukhari. Hadis itu menyebut orang yang membuat masyarakat Arab menyembah berhala tidak lain adalah Amr bin Amr bin Luhay Al Khuzai.

Rasulullah Muhammad SAW bersabda, " Aku melihat Amru bin Luhay Al Khuza'iy menarik punggungnya ke neraka dan dia adalah orang pertama mempersembahkan As Sawa'ib (saibah)."

2 dari 3 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Steve Emmanuel Divonis 9 Tahun Penjara