Kisah Anak Tukang Cukur Jadi Taruna Akmil, Sukses Buat Bangga Orangtua

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Rabu, 18 Agustus 2021 14:00
Kisah Anak Tukang Cukur Jadi Taruna Akmil, Sukses Buat Bangga Orangtua
Begini kisah Sersan Taruna Yanwar Jumowo, anak pertama seorang tukang cukur di Mabes Angkatan Darat, Tanwar.

Dream - Diterima masuk pendidikan Akdemi Militer (Akmil) menjadi impian semua orang yang bercita-cita menjadi terntara. Namun, menjadi Taruna Akmil bukanlah suatu hal yang mudah.

Berlatih dan mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin untuk mengikuti beragam tes menjadi salah satu kunci. Latihan keras dan displin sebelum mengikuti ujian pun harus dilakukan.

Seperti halnya yang dilakukan Sersan Taruna Yanwar Jumowo, anak pertama seorang tukang cukur di Mabes Angkatan Darat, Tanwar.

1 dari 3 halaman

Bercita-cita Jadi Prajurit TNI Sejak Kecil

Dilansir akun Instagram @tni_angkatan_darat, Yanwar mengaku ingin menjadi tentara atas kemauannya. Mimpinya tersebut telah muncul sejak masih kanak-kanak.

Ketika itu, ia sempat diajak ayahnya melihat pameran alutsista TNI di Monas, Jakarta Pusat.

" Saat di sana saya bilang, ayah aku ingin menjadi orang itu. Saya menunjuk ke tentara yang sedang menaiki tank," cerita Yanwar.

Cita-cita Yanwar begitu kuat. Dia berusaha keras mewujudkan keinginannya dengan berlatih keras, seperti lari, olahraga untuk meningkatkan stamina, kesehatan, dan kebugarannya.

Dia benar-benar ingin lolos menjadi Taruna Akmil.

2 dari 3 halaman

Sempat Kaget

Keluarga Yanwar© Instagram @tni_angkatan_darat

Setelah lulus Sekolah Menengah Atas (SMA) pada tahun 2020, Yanwar langsung mendaftar ke Akademi Militer (Akmil).

Setelah memenuhi seluruh syarat, ia dinyatakan lolos dan berhak menjalani pendidikan sebagai Taruna Akmil.

Ketika menjalani pendidikan taruna, dia mengatakan disiplin dan ketekunan menjadi kunci agar nantinya dapat menjadi prajurit yang mampu memberikan pengabdian terbaik untuk bangsa.

" Kegiatan di sini cukup padat, menguras tenaga, berbeda dengan kegiatan sehari-hari saat masih sekolah atau di rumah. Di sini tidak bisa santai-santai, semua dibatasi dengan waktu, semua kegiatan di sini terprogram dengan baik," ujarnya.

Ayah Sersan Taruna Yanwar Jumowo yang berprofesi sebagai tukang cukur, Tarman, menyebutkan siapa pun bisa menjadi prajurit TNI asal memiliki kemauan dan usaha.

3 dari 3 halaman

Intip Videonya

      View this post on Instagram      

A post shared by TNI AD (@tni_angkatan_darat)

 

Beri Komentar