Kisah di Balik Ali Imron Ayat 103 yang Dikutip Vladimir Putin

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 18 September 2019 07:00
Kisah di Balik Ali Imron Ayat 103 yang Dikutip Vladimir Putin
Surat Ali Imron ayat 103 berisi larangan bagi umat Islam agar tidak bercerai berai.

Dream - Konflik bersenjata yang melanda Yaman menyedot perhatian masyarakat dunia. Banyak tokoh dunia merasa prihatin dengan konflik ini.

Tidak terkecuali Presiden Rusia, Vladimir Putin. Bahkan Putin mengajak semua pihak, terutama mereka yang berkonflik di Yaman, untuk menghentikan peperangan dan mewujudkan kembali perdamaian.

Imbauan tersebut disampaikan Putin dalam lawatannya ke Turki pada Selasa, 17 September 2o19. Bersama Presiden Turki, Recep Tayib Erdogan dan Presiden Iran, Hassan Rouhani, Putin mengutip Surat Ali Imron ayat 103 agar umat Islam yang bertikai di Yaman menghentikan perselisihan.

Surat Ali Imron ayat 103 mengandung makna sangat besar bagi umat Islam. Ayat ini merupakan perintah untuk berpegang teguh kepada ajaran Allah dan tidak bercerai berai.

Dikutip dari Islami.co, Al Zamakhsyari dalam kitabnya Tafsir Al Kasysyaf menjelaskan ayat ini merupakan peringatan Allah agar umat Islam tidak bercerai-berai. Ayat tersebut mengingatkan agar umat Islam tidak kembali seperti di masa jahiliyah yang saling bermusuhan antara satu dengan lainnya.

 

 

 

1 dari 5 halaman

Perseturuan Suku Aus dan Khazraj

Imam Al Baidhawi dalam kitab Tafsir Al Baidhawi menyebutkan, dulu terdapat dua suku bersaudara yaitu Aus dan Khazraj. Sayangnya, keturunan dari kedua suku ini saling bermusuhan bahkan hingga terjadi peperangan selama 120 tahun lamanya.

Perselisihan itu dihentikan Allah lewat Islam. Akhirnya, keturunan dari kedua suku tersebut berdamai dan hidup berdampingan.

Banyak riwayat yang membahas mengenai ayat ini. Salah satunya seperti disebutkan Imam Al Qurthubi dalam kitab Tafsir-nya yaitu dari Qatadah.

Maksud dari ayat ini, peristiwa yang terjadi pada masyarakat Arab waktu itu yang cenderung suka berperang dan membunuh. Juga mereka yang kuat suka menindas yang lemah.

Semenjak Rasulullah Muhammad SAW menyebarkan Islam, masyarakat Arab berubah. Mereka menjadi saudara dan saling mengasihi satu dengan lainnya.

Riwayat-riwayat ini menunjukkan Islam muncul sebagai jawaban atas keterpecahan semua orang. Mereka yang terpecah belah kembali bersatu dan hidup bersama serta meraih tujuan bersama dalam kedamaian.

Islam adalah agama yang melarang perpecahan, juga membendung segala tindakan yang mengarah kepadanya. Perbedaan bukan alasan untuk bertikai namun justru untuk saling mengenal satu dengan lainnya.

Sumber: Islami.co

2 dari 5 halaman

Doa Agar Hati Tergerak Mencintai Kaum Miskin

Dream - Islam mengajarkan umatnya untuk tidak egois. Hal itu tertuang dalam sejumlah amalan seperti zakat, sedekah, infak, hingga wakaf.

Semua amalan ini ditujukan untuk kaum miskin. Kaum yang kesulitan memenuhi kebutuhan hidupnya.

Amalan-amalan ini sebagai pengingat adanya tanggung jawab bagi mereka yang mampu untuk merawat kaum miskin. Bahkan salah satu akhlak yang diajarkan Rasulullah Muhammad SAW adalah mencintai kaum miskin.

Dekat dengan kaum miskin berarti membantu mereka dari kesulitan. Lewat kelebihan dan kemudahan, kita bisa mengangkat derajat kaum miskin.

Allah bahkan memberikan jaminan kemudahan segala urusan kepada mereka yang begitu mencintai kaum miskin. Segala kesusahan, terutama di akhirat, akan dihilangkah oleh Allah.

Untuk dapat semakin cinta pada kaum miskin, dianjurkan membaca doa ini.

 

3 dari 5 halaman

Doa Mencintai Kaum Miskin

 Doa mencintai kaum miskin

Allahumma inni as'aluka fi'lal khairati wa tarkal munkaroti wa hubbal masakini wa an taghfiro li wa tarhamani wa idza aradta fitnata qoumin fa tawaffani ghoiro maftun.

Artinya,

" Ya Allah, aku memohon kepada-Mu untuk mudah melakukan kebaikan dan meninggalkan kemungkaran serta aku memohon pada-Mu supaya bisa mencintai orang miskin, ampunilah aku, rahmatilah aku, jika Engkau hendak menguji suatu kaum maka wafatkanlah aku dalam keadaan tidak tenggelam dalam ujian."

4 dari 5 halaman

Doa Agar Diberi Kelapangan Hati Menerima Kenyataan Hidup

Dream - Dalam menjalani hidup kita akan mengalami kenyataan menyenangkan maupun menyedihkan. Tentu semua itu tidak bisa kita tolak. Semua terjadi sesuai takdir yang sudah digariskan Allah SWT. 

Sebagai makhluk yang tak luput dari dosa, manusia adakalanya tidak bisa menerima kenyataan itu. Kita sudah berusaha menolak namun yang terjadi tetaplah demikian.

Menghadapi kenyataan -terutama yang pahit- dibutuhkan sifat sabar serta ikhlas. Ini agar kita dapat menerima segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan.

Sabar dan ikhlas muncul dari hati yang lapang. Semua akan terasa ringan jika hari kita sudah legowo.

Untuk mendapatkan kelapangan hati, dianjurkan membaca doa ini.

5 dari 5 halaman

Doa Agar Diberi Kelapangan Hati

 Doa diberi kelapangan hati

Allahumma ini qod wahabtu nafsi wa 'irdli laka.

Artinya,

" Ya Allah, aku serahkan diriku dan kehormatanku pada-Mu."

Beri Komentar
Suasana Cair Roger Danuarta dan Ayah Cut Meyriska di Meja Makan