Sosok HM Fitno, Bekas Tukang Bambu yang Jadi Pengusaha Sukses

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Selasa, 20 Oktober 2020 18:00
Sosok HM Fitno, Bekas Tukang Bambu yang Jadi Pengusaha Sukses
Hanya berbekal Rp500 Ribu untuk merantau ke Jakarta, HM Fitno kini menjelma jadi pengusaha sukses

Dream - Menjadi seorang pengusaha sukses tidaklah mudah. Tak jarang para pebisnis berhasil ini memulai kehidupannya dari nol. Satu di antaranya banyak contoh itu adalah HM

Salah satunya sosok pengusaha bumbu yang kini berhasil membangun perusahaan sendiri dan kini menuai sukses adalah  H Muhammad Fitno atau yang dikenal sebagai HM Fitno. Dia menjelma menjadi sosok pria sukses setelah mendirikan bisnis dengan brand dari inisial namanya.

Kini HM Fitno telah menikmati kesuksesan itu dengan memiliki rumah mewah di kawasan elit Pondok Indah.

Menuai sukses tak lantas membuatnya semakin menjaga jarak. Pengalaman masa lalunya membuat HM Fitno tetap rutin bersedekah dan berbagai pengalaman suksesnya.

Berikut adalah perjalanan sukses HM Fitno membangun bisnis dan rahasianya

 

1 dari 6 halaman

Sosok HM Fitno

Sosok pengusaha bernama H Muhammad Fitno banyak dikenal dengan sebutan HM Fitno. Ia merupakan pengusaha muda asal Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka.

HM Fitno© Merdeka.com/YouTube HM Fitno

Salah satu sumber penghasilannya berasal dari perusahaan yang dia bangun lewat bendera F Corp, yang diambil dari inisial nama depannya. HM Fitno juga memiliki rumah mewah di kawasan elite Pondok Indah.

2 dari 6 halaman

Dulu Jualan Bumbu

Sebelum menuai kesuksesannya seperti saat ini,HM Fitno dulunya pernah berjualan bumbu di pasar. Saat itu dirinya masih duduk di bangku SMP hingga SMA.

HM Fitno© Merdeka.com/YouTube Rico Huang

" Waktu remaja SMP kelas 3 sampai kelas 2 SMA saya dagang di pasar, jadi menjelang 10 terakhir di bulan Ramadan menjelang Lebaran, saya berjualan di pasar untuk membeli baju dan bantu ibu beli kue Lebaran," kata Fitno dilansir dari Youtube Boy William.

 

3 dari 6 halaman

Berawal Dari Modal Rp500 Ribu

HM Fitno menceritakan kesuksesannya saat ini diperoleh lewat perjuangan panjang. Tekad untuk menjadi pengusaha sukses menjadi motivasi yang membimbingnya seperti saat ini.

Demi meraih impiannya, dia memutuskan merantau ke Jakarta. Kala itu Fitno muda hanya punya modal uang Rp500 ribu untuk berangkat ke ibu kota.

" Saya dari Bangka ke Palembang dulu sebelum ke Jakarta. Dari Palembang ke Jakarta modalnya cuma Rp50 ribu. Tahun 1995 aku bertekad kerja dulu lah sesuai dengan bidang saya. Akhirnya saya kerja ke Jakarta," kata Fitno seperti dikutip kanal Youtube Rans Entertainment.

4 dari 6 halaman

Gaji Pertama Rp600 Ribu

Fitno memiliki pekerjaan pertama kali sebagai telemarketing. Ia bertugas menawarkan produk-produk kepada kliennya lewat telepon.

Gaji pertama yang ia dapatkan sebesar Rp600 ribu. Namun, dua bulan bekerja ia memutuskan untuk keluar.

HM Fitno© Merdeka.com

Dalam perjalanannya, Fitno pernah mengembara ke Turki selama dua tahun. Fitno bekerja di salah satu penyedia Telekomunikasi terbesar di Turki yaitu Turkicell.

5 dari 6 halaman

Rintis Usaha Telekomunikasi

Setelah kembali dari Turki, HM Fitno mulai merintis usaha. Ia merintis usaha di bidang telekomunikasi. Lewat perusahaannya tersebut ia menjadi penyedia hosting netral terbesar untuk cakupan indoor telekomunikasi Tanah Air.

Selain itu, perusahaannya juga merupakan pemasok solusi sistem antara terdistribusi (DAS) in-building dan menyediakan layanan penyewaan DAS kepada seluruh operator telekomunikasi besar di Indonesia.

Suksed di bisnis telekomunikasi, Fitno memutuskan melebarkan sayap bisnisnya dengan masuk ke bisnis hotel. HM Fitno membangun jaringan hotel yang diberi nama brand F Hotel. Tak tanggung-tanggung dia membangun hotel yang tersebar di sejumlah daerah di Indonesia.

Masih di dunia jasa, Fitno juga mulai membangun beberapa bisnis restoran bernama Kampoeng Bangka. Bisnis yang lain yaitu bidang fesyen dan e-commerce.

6 dari 6 halaman

Hobi Sedekah

Perjuangan selama ini membuah hasil. Sosok Fitno kini dikenal dikenal sebagai pengusaha sukses. Bisnisnya juga menjelma menjadi konglomeraasi.

Di balik kesuksesan tersebut, HM Fitno tetap menjadi sosok yang dermawan. Dia rutin bersedekah. Ia kerap membagikan uang kepada orang-orang yang membutuhkan.

HM Fitno© Merdeka.com

" Jangan lupa tetap sedekah, walau saya menikmati seperti ini (hidup bergelimang harta) jangan lupa ingat orang-orang di luar sana," ucap HM Fitno.(Sah)

Beri Komentar