Kisah Pilu Nenek Manusia Silver, Ngamen Sambil Gendong Bayi

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Minggu, 11 April 2021 13:00
Kisah Pilu Nenek Manusia Silver, Ngamen Sambil Gendong Bayi
Ini kisah Nenek Mumun untuk menyambung hidup bersama sang cucu, Reihan.

Dream - Di tengah terik matahari Kota Tangerang, seorang perempuan renta setengah baya nampak mengubah gaya layaknya sebuah patung patung yang terbuat dari logam berwarna perak. Dia terlihat di sudut toko tak jauh dari perempatan jalan.

Pagi hingga siang, ia diam di troroar jalan. Dengan cekatan ia memulai profesinya dengan melumuri wajah dan tubuhnya menggunakan cat silver seharga Rp35 ribu per kaleng. Tak lagi nampak kulit cokelat kehitaman keriput itu.

" Nanti setelah mengamen, cat ini bisa dihilangkan dengan cairan pencuci piring," ujar Mumun saat berbincang dengan merdeka.com, dikutip Jumat 9 April 2021.

 

1 dari 7 halaman

Nenek Mumun© Merdeka.com

Sudah jalan 4 bulan nenek Mumum bersama cucu lelakinya, Reihan yang berusia 2,5 tahun, mengais rezeki dibawah terik matahari berbalut cat silver.

Menurut pengakuannya, ia sempat menjadi seorang asisten rumah tangga. Namun kini pekerjaan itu sudah tak bisa ia lakukan lantaran tak ada pilihan lain. Profesi barunya harus ia lakoni.

Kedua orang tua Reihan ternyata sudah lama bercerai. Mereka bahkan tidak pernah menegok apalagi memberi nafkah Reihan. Mumun harus menghidupi dirinya dan Reihan bagaimanapun caranya.

 

2 dari 7 halaman

Nenek Mumun© Merdeka.com

Reihan dipeluknya erat. Mumun berdiri mematung di depan para pengendara di perempatan jalan. Terkadang ia berkeliling, membawa kotak kardus berharap ada suara jatuhnya uang receh ke dalam kotak.

Setiap hari, aktivitas yang sama selalu berulang dilakukan. Hingga sore hari tiba, dia mulai menghitung pendapatannya ata - rata Rp50.000 hingga Rp100.000 per hari.

" Yang penting dapat membeli susu buat Reihan dan makan sehari-hari," tuturnya.

Sumber: merdeka.com

3 dari 7 halaman

Kisah Bocah Silver Berhati Emas, Sisihkan Uang untuk Kucing Kucing

Dream - Sebuah video viral memperlihatkan seorang bocah silver membelikan makan kucing jalanan dari jerih payahnya bekerja seharian.

Video tersebut pertama kali diunggah oleh akun Instagram @cat_lovers_in_the_world dan dibuat berseri hingga menjadi viral.

Menurut keterangan dalam video, bocah silver berhati emas ini bernama Bagas. Dia membeli makanan untuk kucing dari uang hasil menjadi manusia silver.

Bagas menjadi manusia silver di perempatan lampu merah. Meski pendapatannya tidak seberapa, tapi bocah ini tetap mau berbagi.

Dalam video, tampak Bagas berjalan menuju sebuah minimarket sambil membawa ember tempat dia menaruh uang receh hasil bekerja jadi manusia silver.

Rupanya, petang itu Bagas hendak membeli makanan kucing di minimarket tersebut. Dia kemudian terlihat mengambil beberapa sachet makanan kucing dari rak.

 

4 dari 7 halaman

Tiap Hari Habis Rp7 Ribu untuk Kasih Makan Kucing

Saat ditanya kenapa harus membeli yang berbentuk sachet, Bagas menjawab kalau kucing suka makanan dalam sachet.

Perlu diketahui, Bagas menghabiskan uang setidaknya Rp7 ribu untuk sebungkus sachet makanan kucing yang dibelinya.

Setelah dirasa cukup, Bagas kemudian ke kasir untuk membayar makanan kucing menggunakan uang receh yang dia ambil dari ember yang selalu ditentengnya.

5 dari 7 halaman

Caranya Memberi Makan Kucing Bikin Haru Netizen

" Uang logam seribuan dikeluarin satu per satu," tulis akun tersebut di video.

Selanjutnya, Bagas memberi makan kucing yang ada di jalanan. Cara Bagas memberi makan kucing juga dengan penuh kasih sayang.

Bukannya menaburkannya begitu saja di jalan, Bagas mengambil selembar kertas sebagai alas untuk makanan kucing tersebut.

 

6 dari 7 halaman

Tiap Hari Setor Rp35 Ribu untuk Biaya Hidup

Menurut informasi di video tersebut, Bagas tinggal di mess bersama bocah silver lainnya. Mereka kemungkinan anak putus sekolah atau yatim piatu.

Untuk bertahan hidup, Bagas dan teman-temannya harus menyisihkan uang Rp35 ribu untuk setoran setiap hari.

Uang setoran ini untuk biaya makan, tempat tinggal dan pengobatan jika Bagas dan teman-temannya sakit.

7 dari 7 halaman

Banjir Haru dan Doa dari Netizen

Video ini viral dan mendapat komentar beragam dari netizen. Banyak dari netizen yang kagum karena bocah silver ini ternyata berhati emas.

Tidak sedikit yang memanjatkan doa terbaik untuk kehidupan Bagas, baik hari ini maupun di masa depan.

" Berkah ya nak.. Allah akan membalas kebaikan mu nanti, pastii.."

" Salut sklii, smoga Allah mmberi byk rezeki utk nak bagas."

" Maa syaa Allah Tabarrakallah........ Smoga jdi anak Sholeh km de..."

" Barakalloh y dek terharu bgt inilah contoh anak kecil yg patut d tiru."

" banyak rejekinya deek..semoga jd org sukses..anak2 kyk gini msti diselamatkan dr skarg..krna yg punya hati udah makin dikit."

"  para penduduk langit mendoakanmu nak."

Sumber: Instagram

Beri Komentar