Kisah Muslim di Negeri Matahari Terbit

Reporter : Sandy Mahaputra
Jumat, 5 September 2014 09:29
Kisah Muslim di Negeri Matahari Terbit
Islam menawarkan solusi bagi masyarakat Jepang saat itu.

Dream - Ini adalah kisah Ali Mohamed Mori, seorang muslim yang berasal dari zaman kala Jepang baru dijatuhi bom atom oleh tentara sekutu.

Sekitar 18 tahun yang lalu, Mori berada di Manchuria. Wilayah yang masih dikuasai Jepang. Di wilayah yang sebagian adalah padang pasir di dekat Pieching itulah, Mori tiba untuk pertama kalinya dan bertemu sekelompok muslim.

Mereka menjalani kehidupan yang saleh dan Mori sangat terkesan dengan cara hidup mereka. Terutama sikap mereka terhadap kehidupan. Kesan ini menjadi lebih dalam ketika Mori menuju ke pedalaman Manchuria.

Setelah kembali ke Jepang pada musim panas 1946, Mori menemukan negara itu telah mengalami perubahan signifikan. Sebagai negara yang kalah perang, situasi di Jepang telah berubah sama sekali, termasuk dalam bidang sosial dan agama masyarakatnya.

Sampai akhirnya ia bertemu tiga orang muslim yang mengunjungi Tokushima. Mereka datang dari Pakistan dan dari mereka Mori belajar banyak tentang Islam. Mereka membantu Mori dalam mempelajari Islam secara mendalam hingga akhirnya dia memeluk Islam.

Menurut pendapat Mori, Islam dan bukan yang lain, pasti bisa menawarkan solusi bagi masyarakat Jepang saat itu. Terutama, Mori sangat mengagumi sikap persaudaraan dalam Islam.

Semua muslim adalah saudara bagi satu sama lain dan Allah telah memerintahkan bahwa mereka harus hidup dalam damai dan harmoni satu sama lain. Mori percaya itu adalah jenis 'Persaudaraan' yang begitu penting dan paling dibutuhkan dunia saat ini.

Mori sangat berharap bahwa suatu hari persaudaraan dalam Islam akan menanamkan semangat baru di kalangan umat Islam dari setiap penjuru dunia.

(Ism, Sumber: Onislam.net)

Beri Komentar