Pelajaran Hidup Remaja Penjual Kopi Keliling Ini Bikin Hati Bergetar

Reporter : Sugiono
Rabu, 3 Februari 2021 08:01
Pelajaran Hidup Remaja Penjual Kopi Keliling Ini Bikin Hati Bergetar
Di jalanan pun kita bisa mendapat pelajaran berharga untuk menghadapi kehidupan.

Dream - Belajar tidak harus di bangku sekolah maupun kuliah. Di jalanan pun kita bisa mendapat pelajaran berharga untuk menghadapi kehidupan.

Itulah prinsip hidup yang dipegang oleh kreator TikTok asal Bandung bernama Dodi Hidayatullah dengan akun @dodihidayatullahofficial.

Kreator sekaligus penyanyi setempat itu mengaku mendapat pelajaran hidup dari seorang remaja penjual kopi keliling khas Sumatera.

1 dari 7 halaman

Kisah Pria Belajar Kehidupan dari Anak Penjual Kopi Keliling

Dalam video yang diunggahnya, terlihat remaja penjual kopi khas Sumatera tertidur sambil duduk di bangku panjang sambil memeluk termos.

Termos itu ditaruh dalam keranjang warna pink yang diberi tali untuk memudahkan menggendongnya ke mana pun dia berjualan kopi.

Kisah perjuangan remaja penjual kopi keliling.© Video TikTok @dodihidayatullahofficial

Dengan baju sederhana dan masker di wajahnya, remaja yang hanya memakai sandal jepit itu tampak tertidur lelap. Mungkin dia terlalu lelah berkeliling jualan kopi.

2 dari 7 halaman

Dodi yang baru memarkir mobilnya mengaku merasa iba sekaligus penasaran dengan remaja tersebut. Setelah turun dari mobil, dia membangunkan remaja tersebut.

" Guys ceritanya pas mau keluar mobil abis parkir ada anak kecil ketiduran sambil sebelahnya pegang tremos air, kayak lagi jualan gitu. Yaudah sebelum ketemu temen buat meeting aku sempetin beli dulu deh, kira-kira jualan apa ya?," ucap Dodi.

Dodi mengatakan tidur nyenyak ternyata tidak butuh kasur yang empuk dan mewah. Di mana pun bisa jika memang merasa nyaman untuk tidur.

" Pas dibangunin, tidurnya pulas guys. Lihat ternyata tak harus ditempat empuk dan mewah untuk bisa tidur nyenyak," ujar Dodi.

3 dari 7 halaman

Usia Baru 15 Tahun, Jualan Kopi Bantu Ayah

Saat berbincang dengan Dodi, anak itu mengaku berjualan sejak pukul lima Subuh. Harga segelas kopinya juga sangat terjangkau.

" Anak ini jualan kopi. Kopi Sumatra katanya, Dia bilang jualan dari Jam 5 subuh guys, harganya cuma Rp4 ribu aja," kata Dodi.

Baru 15 tahun, tapi ingin bantu ayah.© Video TikTok @dodihidayatullahofficial

Remaja itu namanya Nendra. Dia bilang baru satu bulan datang ke Bandung. Dia berjualan kopi keliling untuk membantu ayahnya.

" Sambil nunggu kopinya aku tanya-tanya usianya 15 tahun, dan baru sampai ke Bandung 1 bulan lalu mau nemenin ayahnya jualan. Ayahnya jualan roti dan dia jualan kopi," sambung Dodi.

4 dari 7 halaman

Meski Susah, Tidak Punya Mental Pengemis

Namun yang membuat Dodi salut dengan Nendra adalah remaja itu tidak mau begitu saja menerima uang Rp100 ribu darinya. Padahal bisa saja dia langsung ambil dan pergi.

Dibayar Rp100 ribu bingung dengan kembalian.© Video TikTok @dodihidayatullahofficial

" Langsung bayar, dia minta uang pas katanya. Itu buat kamu. Dia masih bingung dong guys, ya udah aku pamit dan ketemu teman untuk meeting," ujar Dodi.

Saat meeting, kebetulan waktunya sudah masuk makan siang. Dodi pun teringat Nendra si penjual kopi keliling khas Sumatera.

Dodi teringat perjuangan masa kecilnya ketika melihat Nendra. Dodi keluar dan mengajaknya makan siang.

Awalnya Nendra malu. Dia menolak tawaran Dodi karena katanya pukul enam tadi sudah makan. Tapi Dodi memaksanya untuk ikut makan siang.

" Luar biasa mentalnya memang bukan mental pengemis guys. Padahal di luar sana banyak yang meminta-minta, salut banget, respect deh," kata Dodi.

5 dari 7 halaman

Kagum dengan Sikap dan Adabnya

Lagi-lagi Dodi dibuat kagum dengan Nendra yang tak ingin dikasihani meski hidupnya serba kekurangan. Saat menunggu pesanan datang, Dodi berbincang dengan Nendra.

" Kamu bantuin orangtua?" tanya Dodi lagi. " Iya daripada nganggur," jawab Nendra singkat.

Begitu juga ketika makanan sudah siap di depannya, Nendra tak langsung makan. Dia menunggu dipersilakan oleh Dodi.

" Ini anak adabnya keren banget, dia gak berani makan sebelum aku suruh ternyata. Luar biasa. Makannya lahap guys Alhamdulillah.

" Setelah selesai dia pamit, Alhamdulillah seneng banget lihatnya, semoga jadi anak yang sukses ya," pungkas Dodi.

6 dari 7 halaman

Netizen Juga Ikut Terharu

Video yang diunggah Dodi pun viral setelah disaksikan lebih dari 5 juta kali oleh netizen yang merasa terharu dan kagum dengan Nendra.

Mereka juga salut dengan remaja penjual kopi keliling khas Sumatra yang tidak mau mengemis dan menyerah dengan keadaan yang sulit.

" Tamparan banget waktu dia bilang 'bantuin org tua daripada nganggur' yaallah merinding langsung sukses ya dek."

" Mereka selalu blg udah makan , tp sebenarnya mereka blm makan, dan laper. cuma mereka nggak enak makan bareng kt. krn saya pernah di posisi bgtu pak."

" Belajar ga Harus di Bangku Sekolah, Ini Belajar Dari Kehidupan."

Sumber: TikTok

7 dari 7 halaman

Videonya

@dodihidayatullahofficial

Belajar ga Harus di Bangku Sekolah, Ini Belajar Dari Kehidupan. Part 1 ##dodihidayatullah ##fyp ##tiktokberfaedah

? Doa Untuk Kamu - Aviwkila

 

Beri Komentar