Kisah Tukang Gali Kubur Makamkan Jenazah Seberat 2 Ton

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 4 Mei 2021 13:02
Kisah Tukang Gali Kubur Makamkan Jenazah Seberat 2 Ton
Ukuran badan jenazah itu sangat besar. Kain penutup kerandanya sampai tidak cukup, bahkan saat menurunkan jenazah ke liang lahat, ia harus menggunakan tambang.

Dream - Aldiyansah namanya. Ia sehari-hari berprofesi sebagai tukang gali makam di Taman Pemakaman Umum (TPU) Karet Tengsin. Profesi itu ia jalankan setelah sebelumnya dijalani oleh ayah dan kakeknya.

Banyak pengalaman yang diperoleh Iyan, sapaan akrabnya, selama menjadi penggali kubur. Tak hanya pengalaman nyata, pengalaman gaib pun pernah ia rasakan. Tapi, yang paling menarik adalah Iyan mengaku pernah menguburkan jenazah dengan berat sekitar dua ton.

" Pernah makamin jenazah yang beratnya sampai dua ton. Beneran berat banget. Ngangkut kerandanya sampai gantian," ujar Iyan, dikutip Dream.co.id dari Merdeka.com.

1 dari 7 halaman

Menurut Iyan, ukuran badan jenazah itu sangat besar. Kain penutup kerandanya sampai tidak cukup, bahkan saat menurunkan jenazah ke liang lahat, ia harus menggunakan tambang.

Tapi masalah belum selesai. Iyan mengaku bingung lantaran papan penutup jenazah tidak ada yang cukup. Banyak orang menyangka jenazah ini mendapat azab dari Allah SWT.

" Orang nggak tahu menyangka kalau si mayit kena azab apa gitu dari Allah. Padahal, dia begitu karena memang pola hidupnya yang nggak dijaga," ungkapnya.

2 dari 7 halaman

Iyan menerangkan selama hidup orang yang ia makamkan tidak pernah beraktivitas di luar rumah. Pola makan berlebih menyebabkan orang ini mengalami obesitas.

Meski demikian, masih banyak orang ragu kalau si mayit tidak kena azab. Berat mencapai dua ton dianggap tidak mungkin jika hanya lantaran obesitas.

" Kita denger katanya makannya nggak dibatasi. Kalau makan mangga bisa habis lima kilo. Terus minuman soda bisa sampai lima botol," katanya.

3 dari 7 halaman

Aldiyansah, Penggali Kubur Di TPU Karet Tengsin© (Merdeka.com/rahmat Hidayat)

Namun demikian, Iyan mengaku meyakini memang ada azab kubur. Ini lantaran ia sering menjumpai proses pemakaman jenazah yang tidak lancar, seperti keranda jatuh saat diangkat sehingga jenazah terguling keluar keranda.

Ada pula jenazah yang mendapat rahmat Allah SWT. Dia pernah menjumpai jenazah yang masih utuh padahal makamnya sudah berusia puluhan tahun.

4 dari 7 halaman

Jenazah Wanita Cantik Ditolak Bumi, 3 Kali Digali Tetap Tak Bisa Dikubur

Dream - Sebuah kejadian yang tak biasa terjadi dalam proses pemakaman seorang wanita yang berasal dari daerah di Malaysia. Jenazah sangat sulit saat hendak dimasukkan ke dalam liang lahat.

Kisahnya berawal saat sejumlah warga mengantarkan jenazah yang telah dimasukkan ke dalam keranda.

Meski telah diangkat oleh enam orang pria dewasa. Dengan formasi dua di depan dua di tengah dan dua di belakang. Tapi keranda itu masih terasa sangat berat.

5 dari 7 halaman

Sehingga ditambah dua orang pria untuk membantu menangkat keranda. Akhirnya keranda itu pun bisa dibawa ke Tempat Pemakaman Umum (TPU).

Setelah jenazah sampai di TPU terjadi sedikit masalah saat hujan turun yang membuat tanah menjadi licin. Beberapa warga sempat tergelincir.

Sepanjang proses pemakaman, kuburan dipenuhi isak tangis keluarga dan sanak saudara.

Si penggali kuburan yang sudah melakukan pekerjaan itu selama 20 tahun. Dia sudah sangat berpengalaman dalam menentukan lokasi dan ukuran jenazah yang akan dimasukkan dalam liang lahat.

6 dari 7 halaman

" Allahu Akbar! Allahu Akbar! Allahu Akbar!" kata-kata itu keluar dari mulut hampir semua yang hadir dalam pemakaman tersebut setelah satu kejadian aneh terjadi.

Jenazah wanita sudah 3 kali dimasukkan dalam liang lahat namun tidak muat, padahal si penggali kubur sudah melebarkan dua kali dari ukuran asli.

Setelah gagal dalam hal itu seorang ustaz menyuruh anggota keluarga untuk azan di pengebumian itu. Dan barulah jenazah bisa dimakamkan.

Sejumlah laporan menyebut kejadian itu benar terjadi di sebuah desa di Negeri Jiran pada 2010.

7 dari 7 halaman

Menurut tetangga almarhumah adalah wanita yang suka mengumpat serta memfitnah tanpa bukti. Almarhumah juga tidak pernah menutup auratnya selama hidup. Dia suka memakai pakaian seksi menampilkan bentuk tubuhnya.

Terlepas dari cerita ini tentu dapat dipetik pelajaran bagi kita agar kita tak menjadi umat seperti ini. Wallahu a'lam (Dan Allah Lebih Tahu atau Maha Tahu)

(Ism, Sumber: Beradab.com)

Beri Komentar