Kisah Sukses TKW Farida Nurhan, Pernah Jual Rokok Kini Tinggal di Kawasan Elite

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Senin, 22 Maret 2021 14:46
Kisah Sukses TKW Farida Nurhan, Pernah Jual Rokok Kini Tinggal di Kawasan Elite
Tanpa rasa lelah dan tak pernah berpikir untuk menyerah, hasil usaha Rida berbuah manis.

Dream - Siapa yang tak kenal Farida Nurhan? Food vlogger dengan 15 juta subscriber ini ternyata menggapai kesuksesannya dengan daya juang sendiri. Berasal dari kalangan biasa, Farida hanya  memiliki tekad dan motivasi hingga meraih statusnya saat ini yang patut diacungi jempol.

kkehidupan Farida dilalui dengan keras sejak masih muda. Ia harus terus bekerja, menghidupi diri sejak usianya masih remaja. Tanpa rasa lelah dan tak pernah berpikir untuk menyerah, Rida, panggilan akbranya, kini menikmati hasil kerja kerasnya.

Dilansir dari YouTube Ussy Andhika Official, Senin 22 Maret 2021, ibu satu anak asal Lumajang ini mengaku harus menjadi tenaga kerja wanita (TKW) sejak masih berusia 17 tahun.

" Aku dulu waktu umur 17 tahun itu ke luar negeri untuk menjadi TKW," ungkap Farida.

 

1 dari 5 halaman

Sempat Kerja di Singapura dan HongKong

Selama menjalaninya profesi tersebut, Rida pernah bekerja di dua negara yang berbeda. Pengalamannya menjadi TKW pertama kali dirasakan di Singapura dengan masa kerja 11 bulan.

Tak sampai setahun, Rida yang sudah memutuskan bekerja pada majikannya itu diminta untuk berangkat ke Hong Kong. Rupanya Rida diminta untuk bekerja pada adiknya yang menetap di salah satu negara kaya di Asia itu.

Farida Nurhan© YouTube Ussy dan Andhika Official

" Aku sudah niat kerja, habis itu adiknya bosku yang di Singapura tinggal di Hong Kong, aku dikirim ke Hong Kong. Kerja di Hong Kong, ya tetap jadi TKW," jelasnya.

2 dari 5 halaman

Belajar Bahasa Inggris Autodidak

Menjadi seorang TKW mengharuskan wanita satu cucu itu untuk berbicara fasih dalam berbahas Inggris. Meski memiliki keterbatasan berbahasa, Rida tak patah semangat.

Farida Nurhan© YouTube Ussy dan Andhika Official

" Jadi belajarnya waktu di Singapura?" tanya Ussy Andhika.

Sambil bercanda, Rida mengaku terlahir sebagai anak pintar karena sudah pernah belajar bahasa Inggris sewaktu bersekolah di SMP sebayak 2 kali dalam sepekan.

" Terus waktu ada di PT (perusahaan,red), Agensi ya diajarin bahasa Inggris sedikit-sedikit. Setiap hari di Singapura bahasa Inggris akhirnya bisa," jawabnya.

" Dan kebetulan di Hong Kong kerjaaku itu mengharuskan aku kaya harus bahasa Inggris gitu. Bukan bahasa Cantonese," sambungnya.

3 dari 5 halaman

Berjualan Rokok

Perjuangan Rida ternyata tidak berhenti disitu. Ia mengenang momen ketika terpaksa berjualan rokok di Hong Kong untukk menambah penghasilannya.

" Kalau aku hari Minggu di Hong Kong jual rokok," kata Farida.

Sepanjang bekerja di Hong Kong, Rida mengaku tak mendapaat jatah libur. Tiap hari menjadi waktu untuk terus mengais rezeki dari pagi hari hingga malam.

Uang yang diperoleh tidak dihabiskan untuk foya-foya melainkan untuk ditabung. Dia mengakui jika banyak TKW yang menghabiskan waktu di Victoria Park untuk bersenang-senang. Di tempat inilah Rida mencari uang dari rekan-rekan sesama TKW dengan berualan rokok.  

Farida Nurhan© YouTube Ussy dan Andhika Official

" Aku bawa ransel ke Toko Indonesia bawa rokok, tak jual itu dari pagi sampai sore. Dan itu uangnya aku tabung semuanya," papar Farida.

4 dari 5 halaman

Videonya

Otak bisnis Rida kembali berjalan saat melihat banyak gedung-gedung bertingkat yang ada di Hong Kong. 

Rida memutuskan untuk menjadi agen pialang penyewaan gedung-gedung. Dengan keterbatasan pada dunia teknologi, Rida berusaha untuk belajar menjadi agen properti yang menuntutnya mengakses dokumen secara digital. 

" Aku sudah pegag sekitar 180 unit something," ujar Rida. 

Setelah sembilan tahun menjalani karier sebagai TKW yang menyambi sebagai agen properti, akhirnya Rida memutuskan untuk memulai dunia baru sebagai seorang Youtuber. 

Perjuangan Rida kini sudah membuahkan hasil. Dari seorang TKW yang menyambi sebagai broker properti dan kini memutuskan menjadi Youtuber, Rida diketahui sudah memiliki rumah di kawasan elite Kemang, Jakarta. 

5 dari 5 halaman

Berikut video perjuangan Farida Nuhan dari TKW hingga sukses jadi miliader:

Beri Komentar