3 Kondisi Sholat Jemaah Lebih Baik Diikuti Sedikit Orang

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 16 November 2018 20:00
3 Kondisi Sholat Jemaah Lebih Baik Diikuti Sedikit Orang
Tentu sholat jemaah dengan banyak orang lebih utama.

Dream - Melaksanakan sholat fardlu tentu jauh lebih baik dengan berjemaah. Di dalam sholat jemaah terkandung banyak sekali hikmah.

Beberapa di antaranya seperti jumlah pahala yang jauh lebih banyak. Pahala tersebut mencapai 27 kali dibandingkan dengan sholat sendiri.

Selain itu, sholat jemaah dapat merekatkan kebersamaan dan ukhuwah Islamiyah. Sehingga, tentu lebih baik jika sholat jemaah diikuti banyak orang.

Tetapi, ada kondisi yang menyebabkan sebaliknya yaitu lebih baik sholat jemaah diikuti sedikit orang. Kondisi semacam apa yang menyebabkan demikian?

Dikutip dari Islami, kondisi pertama yaitu apabila kita menjadi pemegang kunci masjid. Atau jika kita tidak ada, sholat jemaah tidak bisa dikerjakan.

Dalam posisi ini, lebih baik ikut sholat jemaah dengan sedikit orang. Hal ini dimaksudkan memberikan kesempatan pada sedikit orang tersebut untuk bisa melaksanakan jemaah.

Kondisi kedua, apabila imam sholat jemaah diketahui sebagai orang yang fasik. Sedangkan kondisi ketiga yaitu apabila imam sholat jemaah berbeda mazhab.

Pada kondisi ketiga, memang dianjurkan bermakmum pada imam meski berbeda mazhab. Tetapi, lebih baik berjemaah dengan orang bermazhab yang sama meski jumlahnya sedikit.

Sumber: Islami.co

 

Beri Komentar