Kumpulan Doa Kesembuhan Orang Sakit yang Pernah Dibaca Rasulullah

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Selasa, 11 Januari 2022 12:23
Kumpulan Doa Kesembuhan Orang Sakit yang Pernah Dibaca Rasulullah
Doa-doa tersebut bisa dibaca saat sedang menjenguk orang sakit agar segera diangkat penyakitnya.

Dream – Datangnya penyakit bisa terjadi kapan saja dan kepada siapa saja tanpa bisa kita ketahui. Oleh karena itu, penting sekali untuk selalu menjaga kesehatan tubuh. Baik itu dengan menjaga pola makan, istirahat, dan juga rutin berolahraga. Namun meski sudah menerapkan pola hidup sehat, jika Allah SWT sudah menghendaki hamba-Nya sakit, maka hal itu pun tetaplah terjadi.

Sakit yang diturunkan oleh Allah SWT bisa berupa sakit yang ringan hingga sakit yang serius. Selain melakukan pengobatan sebagai usaha untuk menyembuhkan penyakit tersebut, sahabat Dream juga jangan lupa untuk memanjatkan doa kesembuhan.

Karena sesungguhnya kesembuhan seseorang yang sedang sakit tetaplah atas kuasa Allah SWT. Meskipun sakit yang diderita ringan, tetaplah untuk memanjatkan doa kesembuhan dan memohon agar Allah SWT segera mengangkat penyakit tersebut.

Doa kesembuhan pun juga dibaca oleh Nabi Muhammad saw ketika ada kerabatnya maupun keluarganya yang sedang sakit. Dan doa tersebut pun masih dibaca hingga sekarang.

Nah, berikut adalah beberapa doa kesembuhan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad saw untuk bisa kamu baca sebagaimana dirangkum oleh Dream melalui islam.nu.or.id.

1 dari 2 halaman

Doa Kesembuhan Orang Sakit

Doa Kesembuhan Orang Sakit© Unsplash.com

Doa Kesembuhan untuk Keluarga

Ketika ada keluarga dari Nabi Muhammad saw yang sedang sakit, beliau pun membacakan doa kesembuhan untuknya. Dan doa ini juga bisa sahabat Dream baca ketika ada dari keluarga yang sedang mengalami sakit agar segera diberikan kesembuhan oleh Allah SWT.

Berikut adalah doa kesembuhan untuk keluarga yang dibaca Nabi Muhammad saw sebagaimana diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari Aisyah ra: 

اللَّهُمَّرَبَّالنَّاسِأَذْهِبِالْبَأْسَاشْفِأَنْتَالشَّافِيلَاشَافِيَإلَّاأَنْتَشِفَاءًلَايُغَادِرُسَقْمًا

Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman.

Artinya: “ Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan  rasa nyeri,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 113).

Doa Kesembuhan yang Dibaca Nabi saw saat Meruqyah Seorang Sahabat

Nabi Muhammad saw adalah sosok yang sempurna. Kebaikan hatinya kepada setiap orang tidak perlu diragukan lagi. Begitu pun ketika ada sahabatnya yang sedang mengalami sakit. Beliau langsung bertindak dengan menjenguknya dan tak lupa untuk mendoakannya agar segera sembuh.

Seperti halnya saat ada seorang sahabat yang sedang sakit, Nabi Muhammad saw pun meruqyah sahabat tersebut dengan bacaan berikut ini:

امْسَحِالْبَأْسَرَبَّالنَّاسِبِيَدِكالشِّفَاءُلَاكَاشِفَلَهُإلَّاأَنْتَ

Imsahil ba’sa rabban nāsi. Bi yadikas syifā’u. Lā kāsyifa lahū illā anta. 

Artinya: “ Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 113).

Doa agar Penyakit Segera Diangkat Allah SWT

Setiap orang tentu tidak ada yang menginginkan sakit. Jika pun mengalami suatu penyakit ingin agar segera sembuh dan bisa beraktivitas lagi seperti biasanya. Sehingga setiap orang biasanya akan melakukan berbagai pengobatan untuk bisa menyembuhkan penyakitnya.

Namun sahabat Dream juga jangan lupa untuk memanjatkan doa kesembuhan. Abu Dawud dan At-Tirmidzi meriwayatkan bahwasanya Nabi saw telah menganjurkan kepada umatnya agar membaca doa kesembuhan ini sebanyak tujuh kali agar penyakitnya segera diangkat oleh Allah SWT.

أَسْأَلُاللهَالعَظِيْمَرَبَالعَرْشِالعَظِيْمِأَنْيَشْفِيَكَ

As’alullāhal azhīma rabbal ‘arsyil ‘azhīmi an yassfiyaka.

Artinya: “ Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 114).

2 dari 2 halaman

Doa Kesembuhan Orang Sakit

Doa Kesembuhan Orang Sakit© Unsplash.com

Doa Kesembuhan dengan Menyebut Nama Orang yang Sakit

Saat menjenguk orang yang sedang sakit, sahabat Dream bisa sekalian mendoakannya dan menyebutkan nama orang yang sakit tersebut di dalam doa. Hal ini jugalah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad saw ketika menjenguk Sa’ad bin Abi Waqqash yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

Berikut adalah bacaan doanya yang bisa sahabat Dream baca dan nama Sa’ad bisa kamu ganti dengan nama orang yang sedang sakit:

اللَّهُمَّاشْفِسَعْدًا،اللَّهُمَّاشْفِسَعْدًا،اللَّهُمَّاشْفِسَعْدًا

Allāhummasyfi Sa‘dan. Allāhummasyfi Sa‘dan. Allāhummasyfi Sa‘dan.

Artinya: “ Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 114).

Doa Kesembuhan untuk Penyakit Apa Saja

Ada banyak sekali jenis penyakit yang diderita oleh setiap orang. Terkadang saat sahabat Dream menjenguk orang sakit, bahkan juga tidak tahu penyakit apa yang sedang diderita oleh orang tersebut. Nah, bacaan doa kesembuhan ini ditujukan untuk penyakit apa saja.

Nabi Muhammad saw juga membaca doa kesembuhan ini saat menjenguk seorang Badui yang sakit demam sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Ibnu Abbas ra.

لَابَأْسَطَهُوْرٌإِنْشَاءَاللهُ

Lā ba’sa thahūrun insyā’allāhu.

Artinya: “ (Semoga) tidak apa-apa (sakit), semoga suci dengan kehendak Allah,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 115).

Doa Mohon Pengampunan dan Perlindungan

Saat menjenguk orang sakit, sahabat Dream tidak hanya membaca doa kesembuhan saja. Tetapi bisa juga dengan membacakan doa untuk memohon pengampunan dan perlindungan agama serta raga orang yang sedang sakit tersebut. Doa ini pun juga dibaca oleh Nabi Muhammad saw saat menjenguk Salman Al-Farisi ra yang diriwayatkan oleh Ibnu Sunni berikut ini:

شَفَىاللهُسَقَمَكَ،وَغَفَرَذَنْبَكَ،وَعَافَاكَفِيدِيْنِكَوَجِسْمِكَإِلَىمُدَّةِأَجَلِكَ

Syafākallāhu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘āfāka fī dīnika wa jismika ilā muddati ajalika.

Artinya: “ Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 115).

Beri Komentar