Lafalkan Niat Ini Ketika Hendak Memelihara Hewan

Reporter : Ahmad Baiquni
Sabtu, 22 Januari 2022 18:00
Lafalkan Niat Ini Ketika Hendak Memelihara Hewan
Punya hewan peliharaan memberikan banyak manfaat.

Dream - Hewan peliharaan sangat dekat dengan keseharian kita. Mereka ada di lingkungan dan hidup berdampingan dengan manusia.

Ada cukup banyak manfaat yang bisa kita dapat dari memelihara hewan. Salah satunya, kepuasan batin.

Beberapa manfaat yang bisa kita dapat seperti cadangan makanan jika memelihara ternak seperti sapi, kambing, maupun unggas. Manfaat lain, kesenangan terpuaskan dengan memelihara hewan seperti kucing, ikan, atau burung.

Namun demikian, patutlah kita sadari semua hewan peliharaan adalah juga makhluk hidup. Kita perlu memperlakukan mereka dengan layak dan jangan sampai menyiksa.

Agar kita bisa mendapatkan berkah, ucapkan lafal niat ini sebelum memelihara hewan.

 

1 dari 3 halaman

Niat Memelihara Hewan

نَوَيْتُ العَطْفَ وَالشَّفَقَةَ عَلَيْهَا وَاَنَّ اللهَ يَرْحَمُنِيْ بِسَبَبِهَا وَمُرَاعَاةَ حُقُوْقِهَا وَالتَّصَبُّرَ عَلَيْهَا وَاَنْ اَكُوْنَ سَبَبًا فِيْ رِزْقِ الله اِلَيْهَا وَتَعَلُّمَ الرَّحْمَةِ وَالشَّفَقَةِ وَالتَّفَكُّرَ فِيْ مَخْلُوْقَاتِ اللهِ تَعَالَى

Nawaitul 'athfa wasy syafaqata 'alaiha wa annallaha yarhamuni bisababiha wa mura'ata huquqiha wat tashabbura 'alaiha wa an akuna sababan fi rizqillahi ilaiha wa ta'allumar rahmati wasy syafaqati wattafakkura fi makhluatillahi ta'ala.

Artinya,

" Aku berniat (memelihara binatang) untuk menunjukkan rasa kasih sayang padanya, agar Allah merahmatiku dengannya, untuk menjaga hak-haknya, sabar memeliharanya, agar aku menjadi sebab datangnya rizki Allah padanya, untuk belajar belas kasih sayang dan untuk bertafakkur mengenai makhluk-makhluk Allah."

Sumber: Bincang Syariah.

2 dari 3 halaman

Doa Ketika Dilanda Kesedihan dan Kekecewaan Agar Hati Tenang

Dream - Menenangkan hati dengan membaca doa ketika menghadapi kesedihan dan kecewa pasti pernah kita lakukan. Kedua perasaan itu sangat wajar dialami saat kita mengalami peristiwa yang tidak menyenangkan.

Hati kita terasa sesak ketika sedih dan kecewa melanda. Kemudian berpikir untuk menyalahkan orang lain.

Semua orang yang menghadapi kesedihan dan kekecewaan tentu membutuhkan tempat bersandar. Selain menceritakan kepada orang yang bisa dipercaya, membaca doa saat dilanda kesedihan tentu harus dilakukan. Kita berdoa agar Allah SWT memberikan ketenangan menghadapi cobaan tersebut. 

Sebagai seorang muslim, satu-satunya jalan untuk mengadukan kesedihan kita hanyalah Allah. Allah pemilik segala kemampuan.

Untuk Sahabat Dream yang sedang dilanda kesedihan, yuk kita lafalpkan doa menghilangkan kesedihan dan kekecewaan di bawah ini. Semoga Allah SWT mengabulkan dan membawa hati jadi tenang. 

3 dari 3 halaman

Doa Mengangkat Kesedihan dan Kekecewaan

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ

Ya hayyu ya qoyyum bi rahmatika astaghits.

Artinya,

" Wahai Rabb yang Maha Hidup, wahai Rabb yang Berdiri Sendiri, dengan rahmat-Mu aku memohon pertolongan."

Sumber: Bincang Muslimah.

Beri Komentar