7 Lagu Anak Islam yang Cocok Buat Si Buah Hati, Mulai dari Asmaul Husna sampai Nama-Nama Malaikat

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Rabu, 26 Januari 2022 06:47
7 Lagu Anak Islam yang Cocok Buat Si Buah Hati, Mulai dari Asmaul Husna sampai Nama-Nama Malaikat
Lagu-lagu ini memiliki lirik yang sangat sederhana dan pendek, sehingga mudah untuk dihafal oleh anak.

Dream – Sudah menjadi tanggung jawab setiap orang tua untuk memberikan pendidikan terbaik kepada anak-anaknya. Sebagai anugerah yang dititipkan Allah SWT, ayah dan ibu berkewajiban merawat, menjaga, memberikan kasih sayang kepada buah hatinya. Tentu saja itu semua diberikan lewat pendidikan yang baik.

Kewajiban untuk memberikan pendidikan yang baik kepada anak salah satunya dianjurkan Rasulullah dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Al-Hakim berikut ini:

ما نحل والد ولده أفضل من أدب حسن

Artinya: Tiada suatu pemberian yang lebih utama dari orang tua kepada anaknya selain pendidikan yang baik.” (HR. Al-Hakim.7679).

Kelurga menjadi sekolah pertama bagi anak-anak setelah dilahirkan ke dunia ini. Melalui keluargalah, anak-anak mempelajari banyak hal. Mulai dari berjalan, berbicara, mengenal objek yang ada di sekitarnya, dan juga belajar tentang agama.

Bagi para orang tua, tentu memiliki cara masing-masing dalam mengajarkan pendidikan agama Islam kepada anaknya. Baik itu tentang sholat, membaca Al-Quran, puasa, dan sebagainya. Salah satu cara yang bisa menjadi pilihan untuk mengajarkan agama adalah dengan lagu anak Islam.

Di mana melalui lagu anak Islam, sang anak tidak akan merasa bosan untuk belajar, bahkan akan sangat terhibur dengan lagu-lagunya yang ceria. Tidak hanya itu saja, lagu-lagu tersebut juga sangat sederhana sehingga mudah untuk dihafal.

Nah, berikut adalah kumpulan lagu anak Islam yang bisa diajarkan kepada sang buah hati sebagaimana telah dirangkum Dream melalui ibupedia.com.

1 dari 2 halaman

Lagu Anak Islam

Lagu Anak Islam© Shutterstock.com

Lagu Anak Islam tentang Asmaul Husna

Asmaul husna adalah nama-nama baik Allah SWT yang terdiri dari 99 nama. Biasanya kesemua nama-nama Allah SWT tersebut ada di dalam Al-Quran pada bagian awal serta akhir. Namun karena jumlahnya yang sangat banyak, tentu bukan hal yang mudah bagi anak untuk menghafalnya.

Oleh karena itu, hadirlah lagu anak Islam tentang asmaul husna yang bisa diputar diperdengarkan pada anak setiap waktu. Dengan membiasakan mendengar, lama-kelamaan anak pun akan hafal dengan sendirinya.

Lagu ini bisa sahabat Dream dengarkan di kanal YouTube bernama Kastari Animation (Lagu Kita) yang dinyanyikan oleh seorang anak perempuan bernama Diva. Video ini sangat menarik dengan animasi yang membuat anak akan sangat terhibur.

Lagu Anak Islam tentang Huruf Hijaiyah

Huruf hijaiyah sangat penting untuk dikenalkan kepada anak sejak usia mereka masih kecil. Dengan begitu, nantinya anak bisa cepat menghafal huruf-huruf tersebut dan ini menjadi langkah awalnya agar bisa membaca Al-Quran.

Biasanya anak-anak diajarkan huruf hijaiyah oleh orang tua atau guru mengajinya melalui buku iqra. Namun, para orang tua juga bisa menggunakan media berupa lagu anak Islam dengan nada serta visual yang sangat menarik.

Lagu ini bisa diputar melalui kanal YouTube Riko The Series. Yuk, coba putar sekarang untuk sang buah hati sebagai media belajarnya mengenal huruf hijaiyah.

Lagu Anak Islam tentang Rukun Islam dan Rukun Iman

Rukun Islam dan rukun iman sebaiknya diajarkan kepada anak sejak mereka masih kecil. Hal ini sangat penting karena rukun Islam dan rukun iman adalah landasan beragama bagi seorang Muslim. Saking pentingnya, apa saja yang ada di dalam rukun Islam dan rukun iman pun kerap hadir dalam soal-soal yang diberikan guru di sekolah, terutama jenjang Sekolah Dasar.

Nah, untuk mempermudah mengenalkannya kepada anak-anak, ada baiknya jika para orang tua menggunakan lagu anak Islam. Lagu tentang rukun Islam dan rukun Iman ini bisa didengarkan melalui kanal YouTube Nussa dan Rara. Animasi yang lucu serta menampilkan sosok anak sholeh dan sholehah membuat anak tidak bosan mendengarkannya.

2 dari 2 halaman

Lagu Anak Islam

Lagu Anak Islam© Shutterstock.com

Lagu Anak Islam tentang 25 Nabi dan Rasul

Nabi dan Rasul yang dikenal jumlahnya ada 25. Mulai dari Nabi Adam as hingga Nabi Muhammad saw. Kesemua Nabi tersebut memiliki mukjizat serta kisah hidup masing-masing yang sarat akan suri tauladan. Bagi anak-anak, alangkah lebih baik jika mengenal terlebih dahulu siapa saja nama Nabi dan Rasul tersebut.

Dengan memutarkan lagu anak Islam, hal ini akan mempermudah anak dalam menghafalnya. Di samping itu, nantinya orang tua bisa menceritakan tentang kisah dari masing-masing Nabi dan Rasul tersebut. Lagu anak Islam tentang 25 Nabi dan Rasul bisa didengarkan melalui kanal YouTube Alif dan Sofia dengan judul 25 Rasul.

Lagu Anak Islam tentang Sholat

Sholat adalah tiang agama. Sebagai umat Islam yang taat, sudah seharusnya kita menjalankan sholat wajib lima waktu setiap harinya yang terdiri dari sholat subuh, dhuhur, ashar, maghrib, dan isya. Gerakan dan bacaan sholat seharusnya sudah diajarkan sejak masih kecil. Dengan begitu, anak akan terbiasa menjalankannya hingga tumbuh dewasa.

Selain mengajak anak untuk sholat berjamaah di rumah, para orang tua juga bisa memutarkan video lagu anak Islam tentang sholat yang ada di kanal YouTube Riko The Series yang berjudul Ayo Sholat.

Lagu Anak Islam tentang Puasa

Puasa yang wajib dijalankan oleh seluruh umat Islam adalah puasa Ramadan yang dilakukan selama 30 hari. Meskipun anak-anak belum wajib untuk menjalankannya, namun para orang tua perlu untuk melatih mereka berpuasa. Selain untuk membiasakan, puasa sendiri juga mengajarkan banyak hal pada sang anak.

Misalnya saja pelajaran agar anak peduli dengan orang-orang yang membutuhkan. Karena melalui puasa dengan menahan lapar dan haus, dari situlah anak diajarkan untuk merasakan bagaimana menjadi orang yang sulit dan harus bersabar. Proses latihan puasa pada anak biasanya dengan menjalankan puasa setengah hari saja.

Selain itu, para orang tua juga bisa memutarkan video lagu anak Islam tentang puasa. Video ini bisa disaksikan melalui kanal Youtube Beabeo Lagu Anak Indonesia yang judulnya Puasa Ramadhan.

Lagu Anak Islam tentang 10 Malaikat

Mengenal malaikat Allah SWT yang berjumlah 10 sangatlah penting. Apalagi setiap malaikat tersebut memiliki tugasnya masing-masing. Misalnya saja ada Malaikat Jibril yang bertugas untuk menyampaikan wahyu kepada Nabi dan Rasul. Lalu ada Malaikat Israil yang bertugas untuk mencabut nyawa. Kemudian ada Malaikat Rokit dan Atit yang bertugas untuk mencatat amal baik dan buruk.

Dengan mengenal nama-nama malaikat, hal ini bisa membuat kita selalu taat pada setiap perintah Allah SWT. Karena kita menyadari bahwa ada Malaikat yang selalu siap untuk mecatat apa saja amal baik dan buruk kita.

Nah, untuk mengenalkan anak-anak tentang nama 10 malaikat, hal ini bisa dengan menggunakan lagu anak Islam. Lagu ini bisa didengarkan melalui kanal YouTube Lagu Anak Islami.

Itulah beberapa lagu anak Islam yang bisa disaksikan dan didengarkan oleh anak melalui kanal YouTube. Semoga melalui video-video tersebut, mereka bisa tumbuh menjadi anak-anak yang sholeh dan sholehah sesuai dengan harapan orang tuanya.

Beri Komentar