Detik-Detik Haru Gadis Garut Bisa Berjalan Lagi Setelah 4 Tahun Lumpuh

Reporter : Okti Nur Alifia
Senin, 23 Mei 2022 19:00
Detik-Detik Haru Gadis Garut Bisa Berjalan Lagi Setelah 4 Tahun Lumpuh
Namanya Nisa, yang akhirnya bisa berjalan kembali setelah 4 tahun mengalami kelumpuhan.

Dream - Tak semua orang bisa melakukan aktifitas lari pagi, bersepeda, atau hanya sekadar jalan kaki. Sebab, ada sebagian orang yang mengalami kelumpuhan.

Lumpuh adalah kondisi ketika bagian tubuh tidak dapat digerakkan, bisa jadi penyebabnya karena gangguan pada otot, saraf, penyakit tertentu, atau cedera.

Seperti yang dirasakan seorang gadis bernama Nisa. Tak disangka, jatuh tersandung di tikar rumahnya menyebabkan kelumpuhan pada kakinya selama 4 tahun. Selama itu pula ia tak bisa berjalan.

Namun, seperti kata orang-orang, kesedihan tak akan selamanya. Baru-baru ini video mengejutkan datang dari tangisan Nisa karena kebahagiaannya, yang akhirnya bisa berjalan kembali setelah 4 tahun. Begini momen harunya.

1 dari 4 halaman

Lumpuh Selama 4 Tahun

nisa© (Foto: YouTube/Santri Pasundan TV)

Menurut kanal YouTube Santri Pasundan TV, Nisa merupakan warga Malangbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat, yang telah mengalami kelumpuhan selama empat tahun belakangan. 

Kelumpuhannya terjadi saat ia berusia 18 tahun. Karena jatuh saat tersandung tikar itulah, gadis yang kini berusia 22 tahun itu tak bisa berjalan normal seperti biasanya.

Sehari-harinya, untuk beraktivitas Nisa mengandalkan bantuan dari kedua orangtuanya. Nisa tinggal di sebuah rumah kayu bersama dengan kedua orangtua dan ketujuh saudaranya.

2 dari 4 halaman

Mendapatkan Bantuan

nisa© (Foto: YouTube/Santri Pasundan TV)

Nisa sempat melakukan pengobatan, namun tak ada perubahan yang dirasakan. Ditambah lagi karena keterbatasan ekonomi yang dialami keluarganya. Ia tak bisa sering melakukan terapi.

Namun siapa sangka Nisa mendapatkan bantuan dari tim Relawan Sosial Masyarakat Pasundan (Remasha) yang membantunya hingga sembuh.

Rezeki memang tak pernah bisa ditebak, tim Remasha tergerak untuk membantu Nisa diawali dengan laporan warga yang menceritakan kondisi Nisa. Kemudian, anggota Remasha pun langsung memutuskan mendatangi kediaman Nisa.

" Kita denger kelurganya enggak mampu akhirnya kita datengin ke Malangbong, pas lihat begitu miris lah," Dewan Pembina Relawan Masyarakat Pasundan (Remasha) Aceng Ahmad Nasir, saat diwawancarai Merdeka.com.

3 dari 4 halaman

Pertama Kalinya Berjalan Setelah 4 Tahun

nisa© (Foto: YouTube/Santri Pasundan TV)

Nisa dibantu oleh tim Remasha dengan ahli pengobatan alternatif berbasis spiritual. Ia menjalani ruqyah disertai doa. Hingga akhirnya atas izin Allah SWT, Nisa dapat menggerakkan kakinya kembali.

" Pertama kita lakukan ruqyah. Dari proses kita datang 15 menit doa segala macem dia bisa jalan. Pas sudah bisa berdiri jalan baru tim terapis datang. Kalau secara batin sudah beres nah baru secara fisiknya kita tangani juga," kata Nasir.

Dalam video yang dibagikan, Nisa berjalan perlahan di ruang tamu rumahnya serta sempat keluar untuk berjalan di area lantai depan rumah. Gadis yang tadinya tak bisa berdiri, bahkan sudah mampu duduk dan menyilangkan kakinya.

4 dari 4 halaman

Keharuan dari Orangtua

nisa© (Foto: YouTube/Santri Pasundan TV)

Semakin haru, kesembuhan Nisa diiringi dengan tangisan kedua orangtuanya yang menangis bahagia. Terlihat Ibunya tak bisa menahan tangis ketika menyaksikan anaknya berjalan. Begitu pula Nisa yang juga sibuk menyeka air matanya.

Nasir menyebut jika tim-nya secara rutin masih akan melakukan kunjungan ke kediaman Nisa untuk melihat perkembangan gadis berusia 22 tahun tersebut.

" Tim kita mau cek lagi ke sana per 2 minggu lah. Karena target kita 3 bulan sembuh total," ungkapnya.

Sumber: YouTube Santri Pasundan TV

 

Beri Komentar