Macam-macam Sholat Sunnah untuk Mendapat Rahmat Allah

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Jumat, 28 Juni 2019 16:03
Macam-macam Sholat Sunnah untuk Mendapat Rahmat Allah
Ibadah Sunnah memang tidak diwajibkan, namun baik dilakukan. Untuk mendapat rahmat Allah, macam-macam sholat Sunnah ini bisa dilakukan oleh umat Islam.

Dream - Seperti yang kita tahu, sholat Sunnah memang tidak diwajibkan. Namun juga tidak dilarang untuk dilakukan.

Rasulullah SAW juga tidak pernah melarang umatnya untuk melaksanakan sholat Sunnah, bahkan menganjurkan.

Ada banyak macam-macam sholat Sunnah. Untuk melaksanakannya pun waktunya juga berbeda-beda. Melaksanakan sholat Sunnah bisa membuat kebiasaan kita menjadi lebih baik dan menjadi pribadi yang lebih baik.

Banyak waktu yang disediakan untuk sholat Sunnah, namun ada juga waktu yang dilarang untuk melaksanakan sholat Sunnah, yaitu waktu yang mengganggu sholat wajib dan waktu di mana tidak larangan sholat berlaku, seperti ketika haid pada perempuan.

Dalam pelaksanaan sholat Sunnah, juga ada jumlah rakaat dan rukunnya. Berikut macam-macam sholat Sunnah:

1 dari 6 halaman

Tahajud

Sholat Tahajud merupaka sholat Sunnah yang dilaksanakan di sepertiga malam sebelum subuh.

Allah berfirman dalam Quran surat Al-Isra: 17, ayat 79, yang berbunyi, “ Dan, pada sebagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.”

 Macam-macam Sholat Sunnah


Dari ayat tersebut, Allah SWT berfirman dan menganjurkan umat Islam untuk sholat tahajud. Banyak kajian Islam yang juga menganjurkan untuk melaksanakan sholat ini, dan menyebutnya sebagai sholat Sunnah yang paling baik untuk mendapat rahmat-Nya.

Sholat ini terdiri dari 2 rakaat hingga 8 rakaat. Waktu efektif untuk melakukan sholat tahajud adalah sekitar pukul 1 dini hari hingga pukul 3 dini hari.

2 dari 6 halaman

Istikharah

 Macam-macam Sholat Sunnah

Istikharah berasal dari kata ‘Khair’ yang berarti baik atau terberkati.

Maksudnya sholat ini memang bertujuan untuk mendapatkan ridho dan rahmat Allah ketika manusia hendak melakukan sesuatu. Sholat ini juga kerap disebut sebagai sholat untuk meminta petunjuk.

Sholat ini terdiri dari dua rakaat yang dianjurkan untuk dikerjakan setelah sholat Isya.

Para muslim biasa mengerjakan sholat Istikhara ini ketika dihadapkan pada sebuah pilihan dan masalah, seperti ketika dihadapkan dengan pilihan pernikahan, masalah bisnis, dan masalah manusiawi lainnya.

Dalam hadist riwayat Al Bukhari, Rasulullah juga menganjurkan untuk sholat dua rekaat ketika menghadapi masalah, namun bukan sebuah kewajiban.

3 dari 6 halaman

Dhuha

Apabila sholat tahajud dilaksanakan di malam hari, sholat Dhuha dilaksanakan pada pagi hari ketika matahari sudah menyinari bumi.

Banyak rekaat yang dianjurkan untuk sholat dhuha adalah antara 2 rakaat hingga 12 rakaat, dengan 2 rakaat salam.

 Macam-macam Sholat Sunnah


Rasulullah bersabda, “ Barang siapa yang mengerjakan (sholat) dhuha empat rakaat, maka ia akan membangun rumah di surga.” (HR. Sahih Jami)

Shalat dhuha baik dilakukan sebelum memulai kegiatan dan untuk memohon rahmat Allah, supaya kegiatannya selama satu hari dirahmati Allah SWT.

4 dari 6 halaman

Sholat Taubat

Macam-macam Sholat Sunnah biasa dilaksanakan untuk meminta sesuatu kepada Allah, khususnya ramhat dan ridho-Nya. Seperti sholat taubat yang dilaksanakan untuk memohon ampunan kepada Allah SWT.

Ketika seorang muslim melakukan kesalahan dan ingin bertaubat, dianjurkan untuk melaksanakan sholat ini dua rekaat ini.

Tidak hanya mengakui kesalahan saja, seorang muslim yang sudah melakukan sholat ini harus berkomitmen tidak mengulangi kesalahannya lagi.

 Macam-macam Sholat Sunnah


Dalam Quran surat Ali Imron ayat 135 mengatakan, “ Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya disi sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka, dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain daripada Allah? Dan, mereka tida meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.”

5 dari 6 halaman

Sholat Tasbih

Sholat Sunnah selanjutnya adalah sholat tasbih. Dinamakan demikian karena dalam sholat ini, seorang muslim akan membaca banyak tasbih.

Sholat ini biasa dilakukan untuk memperoleh rahmat Allah, dan untuk memperoleh lailatur qadr saat Ramadan.

 Macam-macam Sholat Sunnah


Sholat ini juga bisa dilaksanakan kapan saja, baik di malam hari maupun siang hari. Namun tata cara sholat tasbih di malam hari dan siang hari akan berbeda. Perbedaan itu terletak pada jumlah rekaatnya.

Tata cara sholat tasbih tidak jauh berbeda dari tata cara sholat lainnya. Yang membedakan adalah tambahan kalimat thayibah dalam jumlah tertentu. Adapun perbedaan tata cara lain yang bisa dibaca selengkapnya di laman NU.

6 dari 6 halaman

Sholat Awwabin

Sholat Sunnah yang satu ini dilaksanakan di antara waktu sholat magrib dan isya. Jeda waktu singkat antara magrib dan isya, biasa diabaikan, sehingga Allah memerintahkan untuk kembali pada-Nya atau dalam Bahasa Arab, “ Awwabiin”.

 Macam-macam Sholat Sunnah


Selain anjuran untuk sholat Sunnah awwabin, Allah juga memerintahkan untuk mengerjakan Sunnah lain, seperti berdzikir, membaca Quran, Tahlil, Tahmid, dan Sunnah baik lainnya.

Selain macam-macam sholat Sunnah yang disebutkan di atas, masih banyak sholat Sunnah lain yang bisa dilaksanakan oleh umat Islam.

Mengerjakan sholat Sunnah memang tidak diwajibkan bagi seluruh muslim. Namun, alangkah baiknya mengerjakan sesuatu yang dianjurkan, terlebih memberi manfaat yang baik.

(ism, Sumber: Quran Reading)

Beri Komentar
Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi