Berziarah ke Makam Diyakini Ibunda Rasulullah di Bukit Terpencil

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Jumat, 25 September 2020 19:00
Berziarah ke Makam Diyakini Ibunda Rasulullah di Bukit Terpencil
Lokasinya sangat sederhana, jauh dari perkampungan, dan hening.

Dream - Arab Saudi merupakan negara yang dipenuhi sejarah-sejarah Islam. Banyak kisah Nabi Muhammad SAW yang diceritakan lewat hadis-hadis shahih maupun nukilan dari ayat-ayat AlQuran.

Perjalanan Islam membuat banyak tempat bersejarah yang bisa dikunjungi muslim saat beranjangsana ke negeri Saudi. Biasanya mereka akan menemukan tempat bersejarah itu di Madinah atau Mekah.

Dari sekian banyak situs bersejarah Islam, mungkin masih sedikit umat Islam yang berziarah ke makam ibunda Nabi Muhammad SAW, Sayyidah Siti Aminah.

Dimana letak makam Siti Aminah dan bagaimana kondisinya? Berikut ulasan keadaan makam ubanda Rasulullah dikutip dari merdeka.com, melansir dari YouTube Alman Mulyana, Jumat 25 September 2020.

1 dari 5 halaman

Penuh Perjuangan

Makam Siti Aminah© YouTube Alman Mulyana

Makam ibunda Rasulullah SAW terletak jauh dari pemukiman warga sekitar. Berada di daerah Al-Abwa Arab Saudi, makam beliau terletak di atas bukit.  

Untuk bisa menuju lokasi makam Siti Aminah, penziarah harus melewati berbagai rintangan. Mulai dari jalanan berpasir serta bebatuan, gurun yang begitu luas, terik matahari yang panas hingga melewati beberapa bukit bebatuan.

“ Sudah mah panas, enggak ada tempat berteduh. Enggak kebayang dulu Rasulullah SAW ya perjuangan dari Mekkah menuju ke Madinah naik unta. Saya ke sini naik mobil saja, pegalnya luar biasa. Dan enggak ada tempat buat bertanya ya, karena ini jauh dari pemukiman. Yang ada hanya pengembala unta, pengembala kambing,” ungkap Alman menceritakan kondisi area tersebut.

“ Kenapa saya yakin di bukit ini karena ada bekas tapak ya. Kayanya bekas orang lewat ke sana,” jelasnya.

2 dari 5 halaman

Jauh dari Pemukiman Warga

Makam Siti Aminah© YouTube Alman Mulyana

Meski berada di permukiman terpencil di daerah Al-Abwa, namun makam ibunda jauh dari area tersebut. Pemandangan di sekitar makam ibunda Nabi Muhammad dilihat berisi hamparan gurun berpasir serta bukit bebatuan.

“ Coba bayangin ya kalau mau ke makam Siti Hawa kita gampang, karena berada di tengah kota. Tetapi, mau ziarah ke Bunda Rasulullah SAW ini luar biasa tantangannya ya. Karena jauh dari pemukiman guys. Jalannya itu sejalur, jalan kecil, jadi kita keluar dari jalan tol itu langsung nemu jalan sejalur,” papar Alman.

Dia menceritakan Abwa adalah daerah perkampungan terpencil di pertengahan antara kota Madinah ke Jeddah ya. Alman menyarankan agar orang yang hendak berziarah ke makam itu minimal tiga orang. 

" Jangan berdua. Karena jauh banget dari permukiman jadi takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tambah Alman Mulyana.

 

3 dari 5 halaman

Cuaca Panas dan Gunung Bebatuan

 

Makam Siti Aminah© YouTube Alman Mulyana

Salah satu rintangan yang cukup sulit dijalani yakni cuaca panas yang begitu menyengat. Bagaimana tidak, saat Alman berziarah ke sana suhu panas bisa mencapai lebih dari 40 derajat celcius.

“ Jadi perjuangan ziarah ke ibunda Rasulullah SAW ini bukan hanya sebatas naik turun gunung bebatuan ini, tetapi cuacanya yang panas,” kata Alman Mulyana.

" Nah saya sekarang Alhamdulillah sudah sampai di atas gunung. Di belakang saya ini adalah makam ibunda Nabi Muhammad SAW, silakan kalian berdoa masing-masing ya,” sambungnya.

4 dari 5 halaman

Sederhana dan sepi

“ Nah ini makamnya, sangat sederhana dan tidak ada perawatan khusus ya. Padahal ini ibunda Rasulullah SAW . Jauh dari perkampungan, berada di atas gunung. Nah makamnya seperti ini (tunjuk makam ibunda). Nah ini makamnya yang dilingkari batu ini,” lanjutnya.

Alman Mulyana mengakui sempat terkejut melihat makam ibunda Rasulullah SAW. Hal ini lantaran, makam beliau terlihat begitu sederhana hanya dilingkari oleh batu. Bahkan, di dekat makam beliau terdapat bekas tumpahan pelumas mesin.

Untuk diketahui, budaya di Arab Saudi memang hanya memberi tanda makam dengan batu saja. Tak ada nisan maupun penanda khusus seperti makam-makam di Indonesia. Bahkan makam para sahabat di Madinah, Baqi, juga tak mendapat tanda-tanda khusus. Hanya batu di atas nisan. 

Dengan kondisi makam relatif sama, tak ada satupun yang yakin jika makam yang didatangi adalah milik sahabat Nabi. Hanya berasal dari obrolan bibir ke bibir masyarakat setempat. 

Makam Siti Aminah© YouTube Alman Mulyana

“ Dulu memang pernah dibongkar,” sambung teman Alman yang ikut dalam ziarah tersebut.

“ Iya, iya. Ya Allah, Ya Karim. Nah jadi ini ya makamnya guys. Kalau saya enggak bersuara, hening banget ya. Yang terdengar gonggongan anjing ya,” jelas Alman.

5 dari 5 halaman

Video Makam Ibunda Rasulullah SAW

Inilah makam ibunda Nabi Muhammad SAW. Terletak di perkampungan terpencil di daerah Al-Abwa, Arab Saudi, makam beliau begitu sederhana dan memprihatinkan.

Sumber: Merdeka.com

Beri Komentar