Makna di Balik 'Lebih Baik dari Seribu Bulan'

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 28 Juni 2016 16:02
Makna di Balik 'Lebih Baik dari Seribu Bulan'
Sebutan 'lebih baik dari seribu bulan' terdapat dalam Alquran Surat Al Qadr ayat 3. Apa maknanya?

Dream - Lailatul qadar merupakan malam yang begitu istimewa dalam bulan Ramadan. Malam ini bahkan disebut malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Sebutan 'lebih baik dari seribu bulan' terdapat dalam Alquran Surat Al Qadr ayat 3. Malam ini juga dikenal sebagai malam diturunkannya Alquran.

Maksud Alquran diturunkan pada Malam Qadar menurut Ibnu Abbas RA dan selainnya yaitu Alquran diturunkan oleh Allah SWT sekaligus (jumlatan wahidah) dari Lauhul Mahfuz ke Baitul Izzah di langit dunia, kemudian diturunkan kepada Rasulullah Muhammad SAW selama kurang lebih 23 tahun secara bertahap.

" Menurut Ibnu Abbas RA dan yang lain, Allah menurunkan Alquran sekaligus dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul ‘Izzah di langit dunia, kemudian Alquran diturunkan kepada Rasulullah SAW secara bertahap sesuai dengan kebutuhan realitas dalam rentang waktu dua puluh tiga tahun." (Ibnu Katsir, Tafsir Alquran Al Azhim).

Lalu, apa makna sebenarnya dari sebutan 'lebih baik dari seribu bulan'?

Dikutip dari nu.or id, para ahli tafsir menerjemahkan sebutan tersebut yaitu amal kebajikan yang dikerjakan dalam Malam Qadar lebih baik daripada amal kebajikan yang dilakukan selama seribu bulan yang tidak ada lailatul qadar. Di dalamnya termasuk puasa, sedekah, dan ibadah-ibadah lainnya.

" Mayoritas ahli tafsir menyatakan bahwa maksud Malam Qadar lebih baik dari seribu bulan adalah bahwa amal kebajikan di dalamnya lebih baik dari amal kebajikan selama seribu bulan yang di dalamnnya tidak ada Malam Qadar." (Al Qurtubi dalam Al Jami' li Ahkamil Quran).

Sumber: nu.or id

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone