Ciri-Ciri Orang Tawadhu dan Manfaatnya Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Reporter : Ulyaeni Maulida
Jumat, 7 Agustus 2020 13:45
Ciri-Ciri Orang Tawadhu dan Manfaatnya Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Memiliki sifat tawadhu’ artinya seseorang selalu merasa rendah hati. Namun bukan berarti merendahkan diri sendiri.

Dream – Sebagai seorang muslim, sudah semestinya memiliki sifat tawadhu. Sifat ini membuat seseorang selalu tenang dalam menjalani kehidupannya. Tawadhu merupakan sifat atau watak manusia yang rendah hati dan tidak sombong.

Ibnu Hajar berkata, “ Tawadhu adalah menampakkan diri lebih rendah pada orang yang ingin mengagungkannya. Ada pula yang mengatakan bahwa tawadhu’ adalah memuliakan orang yang lebih mulia darinya.” (Fathul Bari, 11: 341)

Tawadhu mengajarkan kita untuk senantiasa berlaku sopan dan santun terhadap sesama. Memiliki adab dan etika yang baik baik terhadap yang lebih tua maupun yang muda. Sifat ini pula akan membuat seseorang menjadi lebih bijaksana dalam setiap keputusannya.

Meskipun begitu, tak semua orang mampu mempraktekkan sifat tawadhu. Seperti yang dikatakan oleh Syeikh Ibnu Athaillah, “ Orang yang tawadhu itu bukan ia yang ketika merendah menganggap dirinya lebih tinggi dari yang dilakukannya. Namun, orang yang tawadhu itu ia yang ketika merendah menganggap dirinya lebih rendah dari yang dilakukannya."

1 dari 5 halaman

Pengertian Tawadhu

Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Foto: Shutterstock.com)

Tawadhu dalam pengertian yang lebih sederhana adalah bersikap rendah hati. Namun, bukan berarti merendahkan diri sendiri.

Tawadhu dapat diartikan sebagai sebuah tindakan yang percaya diri namun tidak merasa diri kita lebih baik dari orang lain sekalipun memiliki banyak kelebihan.

Allah SWT berfirman, “ Dan hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang ialah orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata (yang mengandung) keselamatan.” (QS. Al-Furqon ayat 63)

Seseorang yang memiliki sifat Tawadhu senantiasa dipenuhi oleh kebajikan dalam hatinya. Sifat ini tak hanya membuat seseorang merasa selalu dicintai oleh sesama, namun juga disukai oleh Allah SWT.

2 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Orang yang Memiliki Sifat Tawadhu

Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Foto: Shutterstock.com)

Tawadhu merupakan salah satu sifat yang dianjurkan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dan sifat ini menjadi kebalikan dari sifat takabur atau sombong.

Menurut Allamah Sayyid Abdullah bin Alawi Al-Haddad dalam kitab Risalatul Muawanah wal Mudhaharah wal Muwazarah tanda-tanda orang yang memiliki sifat tawadhu ialah sebagai berikut:

  1. Seseorang yang memiliki sikap tawadhu ialah mereka yang lebih senang tidak dikenal daripada menjadi orang terkenal
  2. Bersedia menerima kebenaran dari siapapun, baik dari kalangan orang terpandang maupun dari kalangan orang yang rendah kedudukannya
  3. Mencintai fakir miskin dan tidak segan-segan duduk bersama mereka
  4. Selalu bersedia untuk mementingkan kepentingan orang lain dan senang ketika dimintai pertolongan
3 dari 5 halaman

Manfaat Tawadhu Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Menghindarkan dari Sikap Takabur

Takabur adalah salah satu sifat yang sangat dibenci Allah SWT. Takabur merupakan perasaan sombong dan merasa dirinya lebih baik dari orang lain.

Seseorang yang memiliki sifat takabur membuatnya selalu ingin tampil hebat. Serta memandang rendah orang selain dirinya.

Allah SWT pernah berfirman, “ Tidak diragukan lagi bahwa sesungguhnya Allah mengetahui apa yang mereka rahasiakan dan apa yang mereka lahirkan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong.” (QS. An-Nahl: 23)

Rasulullah SAW juga pernah memberikan peringatan untuk menjauhi sifat takabur.

"  Dari Abdullah bin Mas’ud bin Malik dari Rasulullah SAW beliau bersabda: Tidak akan masuk surga orang yang terdapat dalam hatinya sifat takabur (sombong) walaupun hanya seberat atom yang sangat halus sekalipun." (H.R Muslim).

Betapa sifat takabur harus dihindarkan dalam kehidupan. Dan mencoba untuk selalu bersifat Tawadhu.  

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Foto: Shutterstock.com)

Diangkat Derajatnya

Tawadhu merupakan akhlak terpuji yang sangat dicintai oleh Allah. Selain itu, setiap muslim yang memiliki sikap tawadhu maka derajatnya akan diangkat oleh Allah SWT. Sedangkan, orang yang mempunyai sifat sombong akan dihinakan oleh Allah.

Sebagaimana Rasulullah SAW pernah bersabda:

" Tidaklah seorang bertawadhu yang ditunjukkan semata-mata karena Allah SWT, melainkan Allah SWT akan mengangkat derajatnya." (HR Imam Muslim)

5 dari 5 halaman

Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Shutterstock.com)

Lebih di sayangi oleh sesama

Orang yang memiliki sifat Tawadhu atau rendah hati tentunya akan lebih disukai oleh sesama manusia. Karena ia tidak pernah merendahkan kehidupan orang lain. Meskipun memang memiliki kelebihan.

Rasulullah SAW bersabda, “ Dan sesungguhnya Allah mewahyukan padaku untuk memiliki sifat Tawadhu. Janganlah seseorang menyombongkan diri (berbangga diri) dan melampaui batas pada yang lain.” (HR. Muslim)

 

(Diambil dari berbagai sumber)

Beri Komentar