Malam Ramadan Pertama, Begini Tata Cara Sholat Tarawih

Reporter : Ahmad Baiquni
Minggu, 5 Mei 2019 12:05
Malam Ramadan Pertama, Begini Tata Cara Sholat Tarawih
Sholat Tarawih adalah salah satu qiyamul lail yang sangat dianjurkan ketika Ramadan.

Dream - Ramadan adalah bulan penuh berkah. Tidak hanya siang, malam harinya juga tersebar rahmat di seluruh penjuru dunia.

Umat Islam biasa melalui siang hari Ramadan dengan berpuasa. Sejak terbit fajar hingga terbenam matahari, Muslim tidak akan makan, minum, berhubungan suami istri, berkata kotor dan lain sebagainya.

Ketika masuk waktu malam, umat Islam akan mengisi dengan ibadah sholat Tarawih. Ini merupakan ibadah sunah yang derajatnya muakad atau sangat dianjurkan.

Tarawih merupakan sholat malam yang berbeda dengan ibadah sunah kebanyakan. Jika sholat sunah lain hanya bisa dijalankan sendiri, Tarawih sangat dianjurkan dengan berjemaah dan hanya selama Ramadan.

Ibadah ini awalnya dijalankan Rasulullah Muhammad SAW secara sendirian. Dalam sebuah riwayat, usai sholat Isya pada Ramadan, Rasulullah melanjukan dengan sholat sunah.

 

1 dari 2 halaman

Sejarah Sholat Tarawih

Mengetahui hal itu, para sahabat mengikuti amalan Rasulullah. Mereka pun sholat Tarawih bersama dengan Rasulullah.

Suatu malam, Rasulullah tiba-tiba pulang setelah melaksanakan sholat Isya. Para sahabat heran dengan hal itu.

Beberapa hari kemudian, Rasulullah ditanya mengapa tidak sholat sunah usai Isya. Ternyata, ada maksud mengapa Rasulullah tidak melaksanakan sholat sunah Tarawih usai Isya karena khawatir sholat tersebut menjadi wajib.

Para sahabat lalu melaksanakan sholat Tarawih masing-masing. Ada yang dengan 8 rakaat, 20 rakaat, bahkan ada yang lebih.

Barulah ketika kepemimpinan Khalifah Umar bin Khattab, Sholat Tarawih dilaksanakan secara berjemaah. Jumlah rakaatnya adalah 20 rakaat lalu ditutup dengan sholat Witir rakaat ganjil.

 

2 dari 2 halaman

Tata Cara dan Niat Sholat Tarawih

Mengenai tata caranya, sama dengan sholat kebanyakan. Tetapi, dianjurkan untuk dilaksanakan dengan dua rakaat salam, dua rakaat salam hingga 20 rakaat.

Sementara niatnya adalah sebagai berikut.

 Niat Sholat TarawihNiat Sholat Tarawih © dream.co.id

Usholli sunnatat tarawihi rak'ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta'ala

Artinya,

" Aku niat Sholat Tarawih dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta'ala."

(ism)

Beri Komentar
Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'